Selasa, 09 Mei 2023

,

Rekomendasi Drama Korea Underrated Terbaik [Part 3]

Haloo lama tidak menulis referensi drama atau film. Apa kabar? Selamat Tahun baru 2023 dan Selamat Idulfitri ya teman-teman bagi yang merayakannya.πŸ™ 

Apakah kalian sudah membaca bagian pertama dan kedua rekomendasi drama korea yang saya tulis? Sepertinya saya udah lama tidak merangkum drama korea sejak 2020 ya. hehe Kali ini saya akan merekomendasikan drama korea lainnya di bagian ketiga ini. Selamat membaca ya! πŸ’—

29. You Are My Spring 
Judul lain: -
Pemeran:  Seo Hyun-jin, Kim Dong-wook, Yoon Park, dan Nam Gyu-ri
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance, Thriller, Misteri
Network: TvN
Tayang: Netflix
Tahun: 2021

Drama TvN berjudul You Are My Spring tontonan yang ringan, adem, bikin senyum2 sendiri, dan juga lengkap dengan kutipan kata yang bagus2.❤ Drama ini dibintangi oleh dibintangi oleh Seo Hyun-jin, Kim Dong-wook, Yoon Park, dan Nam Gyu-ri. Drama ini tayang perdana di tvN pada 5 Juli 2021 sebanyak 16 episode dan saat ini tersedia di Netflix.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Drama You Are My Spring ini tentang trauma masa kecil yang saling berhubungan. Kang Da Jeon (Seo Hyun-jin) adalah seorang manager hotel yang masih bermasalah dengan kisah asmaranya. Ju Young Do (Kim Dong-wook) adalah seorang psikiater yang banyak membantu menyelamatkan nyawa orang terutama bagi orang-orang yang ingin mengakhiri hidupnya tapi tak mampu menyembuhkan luka batinnya sendiri. Chae Joon (Yoon Park) yang menyukai Da-jeong namun kehadirannya penuh dengan misteri. Ahn Ga-yeong (Nam Gyu-ri) adalah seorang aktris yang pulih dari depresi yang tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam sebuah hubungan baru.

Alur ceritanya memang agak lambat tapi masih bisa dinikmati dengan santai. Drama You Are My Spring hadir sebagai healing drama karena mampu membuat penonton merasa nyaman. Dialog yang dihadirkan dalam drama ini mampu menyentuh hati.

Selain drama healing, You Are My Spring menghadirkan cerita misteri yang membuat penasaran penonton. Romansa drama ini dikategorikan usia 28-35an lah ya. hahaa Gak neko2 tp bikin senyum2 sendiri. 😍 Kim Dong Wook dan Seo Hyun Jin, couple baru di dunia k-drama yang patut diperhitungkan juga. hehe  

Selain dari segi cerita, You Are My Spring menghadirkan para pemain utama dan pendukung yang juga bagus, porsinya pas. Sinematografinya juga ciamik, estetik yang memanjakan mata. Ditambah lagu-lagu (OST) juga enak didengar.  Drama yang tak banyak dibicarakan tapi bermakna. Bagaimana cara mereka menemukan cara untuk menyembuhkan trauma? Silakan menonton ya. 

Beberapa kutipan favorit saya di drama #YouAreMySpring:

"Seseorang tak akan menanyakan keadaanmu jika kau memang terlihat baik-baik saja. Saat bertanya begitu kepada seseorang yang tak terlihat baik dan orang itu berkata baik2 saja, artinya dia berusaha untuk baik2 saja. Jika menjawab "tak apa-apa" artinya dia tak ingin ditanya lagi. Jika menjawab "tak buruk" artinya sesuatu yang buruk terjadi dan tak ingin orang lain mengetahuinya."

"Jika ada seseorang yg mendekatimu dan kau tak nyaman, itu bisa jadi kau takut kelak akan menyukainya. Takut disaat orang itu melihatmu dari dekat & mengenalmu, dia akn kecewa dan meninggalkanmu. Atau kau takut menyukai orang lain lg padahal sudah menderita dahulu."

"Cinta yang datang lebih dulu belum tentu cinta sejatimu. Meski kau memacari seseorang selama sepuluh tahun pun, bisa saja orang yang berikutnya yang kau temui adalah cinta sejatimu."πŸ’•

Memeluk seseorang dengan suhu yang hangat dapat menyampaikan perasaan lebih baik daripada beratus kata 😊 "Apa kabar?" "Aku mengkhawatirkanmu" "Semua baik2 saja?" "sepi tanpamu di sini" "aku merindukanmu" "terima kasih".


sumber gambar: https://www.hancinema.net

30. Sell Your Haunted House

Judul lain: Great Real Estate, Daebak Real Estate
Pemeran: Jang Na-ra, Jung Yong-hwa, Kang Hong-seok, dan Ahn Gil-kang
Episode: 16
Genre: Drama, Thriller, Misteri
Network: KBS2
Tayang: VIU, Vidio
Tahun: 2021

Nah kalau mau nonton drama horor tapi ga terlalu horor bisa nih nonton Sell Your Haunted House. πŸ˜€Drama ini dibintangi oleh Jang Na-ra, Jung Yong-hwa, Kang Hong-seok, dan Ahn Gil-kang. Bercerita tentang agen real estate pengusir setan. Dia melakukan pengusiran setan di real estate di mana hantu muncul, dan bergandengan tangan dengan penipu untuk mengungkap rahasia. Ditayangkan perdana di KBS2 pada 14 April 2021 dan sekarang bisa ditonton di Viu dan Vidio ya.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Drama ini menarik perhatian saya karena jalan cerita yang unik. Berbeda dari drama korea yang rilis di tahun itu. Para pemainnya juga bagus. Drama ini tidak terlalu menakutkan kok. Masih aman kalau ditonton sendirian hehee.

Ji Ah (Jang Na-ra) seorang wanita yang mewarisi kemampuan pengusiran setan dari ibunya. Ia juga pemilik Daebak Realty, sebuah perusahaan yang khusus menjual rumah berhantu. Ji Ah terlihat sempurna dan juga brilian, tetapi temperamennya juga tak terkontrol dan lebih blak-blakan. Suatu hari, Ji Ah bertemu dengan seorang penipu bernama In Beom (Jung Yong-hwa) yang mengakui ahli dalam pengusiran setan. Larut malam saat Daebak Realty beroperasi, In Beom mengunjungi Ji Ah untuk mengajukan penawaran. Dia menyarankan agar mereka bekerja sama untuk secara eksklusif menjual rumah yang dihantui oleh roh pendendam dan hantu yang masih ada. Bisakah keduanya rukun dan berurusan dengan harga rumah, hantu, dan cerita sedih mereka? 

Dijamin seru deh πŸ˜πŸ‘Œ Karakter Jang Na ra di sini beda banget. Aura pengusir rohnya mantep banget. πŸ”₯

sumber gambar: https://www.hancinema.net


31. Discovery of Romance

Judul lain: Discovery of Love
Pemeran: Eric Mun, Jung Yu Mi, Kim Seul Gi, Sung Joon, Yoon Hyung Min
Episode: 16
Genre: Drama, Romance
Network: KBS2
Tayang: Netflix, Youtube KBS
Tahun: 2014

Drama ini tayang di KBS2 dari tanggal 18 Agustus hingga tanggal 7 Oktober 2014 pada hari Senin dan Selasa pada pukul 21:55. Discovery of Love ini dibintangi oleh Jung Yu-mi, Eric Mun, dan Sung Joon. Drama ini bercerita tentang cinta segitiga dan CLBK alias cinta lama belum kelar. Ceritanya sih klise, drama romansa komedi pada umumnya. Menariknya dari drama ini adalah para pemeran utama seperti lagi diwawancara gitu. Jadi mereka bercerita gitu dihadapan kamera dan pewawancara, seperti akting di dalam akting. Iya begitulah kira-kira. Oh iya drama ini lebih membahas tentang percintaan modern dewasa. Jadi yang belum cukup umur jangan nonton ya karena kurang cocok ditonton di bawah 18 tahun.✌ 

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Han Yeo-reum (Jeong Yu-mi) adalah seorang furniture desainer yang sukses, dia tinggal bersama dua sahabat masa kecilnya, dan memiliki pacar bernama Nam Ha-jin (Seong Joon). Nam Ha Jin bekerja sebagai ahli bedah plastik dan dia adalah tipe orang yang ramah. Dia telah menjalin hubungan dengan Yeo Reum selama 3 tahun dan mereka saling mencintai. 

Suatu hari tanpa sengaja dia bertemu dengan mantan pacarnya  yang ia pacari selama 5 tahun, Kang Tae-ha (Eric Moon). Kang Tae Ha sudah jadi pebisnis real-estate dan kontraktor yang sukses dan Yeo Reum yang aktif jadi furniture designer. Nah, mereka harus kerja sama bareng untuk proyek rekonstruksi sebuah kafe.

Saat Han Yeo-reum mulai bekerja sama dengan Kang Tae-ha dalam proyek desain, eh perasaan lama mulai muncul kembali. Jadi, Tae Ha ama Yeo Reum itu masih menyimpan banyak pertanyaan pada satu sama lain karena dulu putusnya gak baik-baik. Tae Ha sendiri masih gak mengerti kenapa Yeo Reum mutusin dia di masa lalu. 

Kalau udah kedatangan cinta pertama begini jadi ribet gak sih urusannya? Apalagi ditambah putusnya gak baik-baik. Kepada siapa hati Yeo Reum akan berlabuh? Tae Ha atau Ha Jin nih? Ketemu tuh bisa jadi karena takdir gak sih? Drama ini bagusnya sih berjudul Cinta Lama Belum Kelar. πŸ˜‚ Sepertinya ceritanya sederhana tapi tidak sesimple itu ternyata. Apalagi soal hati. Kalau penasaran bagaimana kisah mereka silakan menonton aja ya. Banyak yang tidak suka sama akhir ceritanya tapi kok saya suka. 😁

Oh ya selain kisah rumit CLBK, ada cerita cintanya sahabat Yeo Reum yang namanya Do Joon Ho (Yoon Hyung Min) sama Yoon Sol (Kim Seul Gie), yang manis dan lucu. Cukup menghibur dikala rumitnya kisah cinta Yeo Reum. Ada versi Cina ya teman-teman yang rilis tahun 2022 dengan judul yang sama.

Sweet banget kan? 
sumber gambar: https://www.hancinema.net

32. Undercover

Pemeran: Ji Jin-hee, Kim Hyun-joo, Jung Man-sik, Heo Joon-ho
Episode: 16
Genre: Action, Thriller, Misteri, Politik
Network: JTBC
Tayang: K+
Tahun: 2021

Undercover perdana tayang pada 23 April 2021 di JTBC. Undercover tayang setiap Jumat dan Sabtu pukul 23.00 KST, atau 21.00 WIB. Drama ini remake dari serial BBC tahun 2016 dengan judul yang sama. Di serial Undercover BBC hanya 6 episode sedangkan di Korea 16 episode. Drama ini diperankan oleh Ji Jin Hee dan Kim Hyun Joo. Ini kali ke-3 mereka bekerja sama. Sebelumya pernah terlibat dalam proyek drama berjudul Miss Kim's Million Dollar Quest tahun 2004 dan I Have Lover pada 2015 yang tayang di SBS. Ini kali pertama saya melihat chemistry mereka dan langsung jatuh hati.

sumber gambar: https://mydramalist.com/59121-undercover

Han Jung-Hyun (diperankan oleh Ji Jin-Hee) adalah agen National Intelligence Service (NIS) atau Badan Perencanaan Keamanan Nasional atau di Indonesia Badan Intelijen Nasional. Ia dikenal karena kecepatan dan keberaniannya yang luar biasa. Saat dia belajar di universitas polisi, dia dipilih oleh NIS. Dia kemudian bekerja sebagai agen rahasia dan dia bertemu Choi Yeon-Soo (diperankan oleh Kim Hyun-Joo). Menggunakan identitas samaran, dia lalu jatuh cinta pada Yeon-Soo, dan mereka akhirnya menikah. Jung Hyun hidup sebagai suami dan ayah biasa, pria yang baik untuk istri dan dua anaknya. Namun, rahasia masa lalunya terungkap saat istrinya dicalonkan sebagai pejabat tinggi pemerintah yang menumpas korupsi.

Drama ini bergenre politik dan hukum yang menurut saya tidak membosankan. Alur ceritanya tidak cepat dan juga tidak terlalu lambat walau banyak cerita yang flashback. Pas saja. Banyak juga adegan tembak dan berkelahi, tapi masih aman. Undercover ini punya dua tokoh utama, versi muda dan sekarang. Drama ini menampilkan akting ciamik dari Ji Jin Hee dan Kim Hyun Joo. Itu mengapa mereka tetap masih dipasangkan meski sudah tiga kali bertemu di proyek drama. Undercover mengisahkan pertarungan sengit pasangan ini untuk melindungi cinta dan juga keadilan dari kekuatan besar yang mendominasi serta mengguncang negara demi keuntungan semata. 


Setelah belasan tahun menikah kemudian masalah datang ketika istrinya dinobatkan calon tunggal pimpinan sebagai Kepala Satuan Kantor Investigasi Korupsi untuk Pejabat Tinggi (Director of the Corruption Investigation Office; CIO) atau di Indonesia terkenal dengan sebutan KPK. Konflik bertambah membara ketika Choi Yeon-soo akhirnya terpilih menjadi Direktur CIO. Semua yang terlibat kasus korupsi dan HAM ketar-ketir nih saat dia menjabat. Semuanya sepakat untuk menjatuhkan Yeon-soo dan berusaha membuka identitas sang suami, Han Jung-Hyun. Han Jung Hyun harus bersiap menghadapi kenyataan kelak identitas aslinya sebagai Lee Suk Gyu yang seorang mata-mata akan terbongkar dan dapat menghancurkan kehidupan rumah tangganya yang harmonis.

Undercover mengisahkan pertarungan sengit pasangan ini untuk melindungi cinta dan juga keadilan dari kekuatan besar yang mendominasi serta mengguncang negara demi keuntungan semata. Jadi bagaimana kelanjutan kisah Choi Yeon-soo dan Han Jung Hyun? Apakah CIO mampu mengungkap kasus korupsi di Korea dan apakah rumah tangga mereka tetap aman setelah Yeon-soo mengetahui identitas sang suami? Apakah Yeon-soo memaafkan Jung Hyun? Silakan ditonton ya tapi sayang belum ada di platform streaming apapun. πŸ˜₯ Semoga segera ya. Ulasan lengkap tentang drama ini bisa cek di postingan saya sebelumnya ya.. 


sumber gambar: JTBC

33. Dali and the Cocky Prince

Judul lain: Dal Li and Gamjatang , Dalli and Gamjatang 
Pemeran: Kim Min-jae dan Park Gyu-young
Episode: 16
Genre: Drama, Romance, Komedi
Network: KBS2
Tayang: Netflix, VIU
Tahun: 2021

Dali and Cocky Prince adalah drama yang dibintangi oleh Kim Min-jae dan Park Gyu-young yang ditayangkan perdana di KBS2 setiap hari Rabu dan Kamis pukul 21.30 pada 22 September hingga 11 November 2021. Drama ini tipikal drama romantis komedi yang ringan dan buat senyum-senyum sendiri nontonnya. Kisah cinta yang sederhana dan tingkahnya seperti anak muda yang baru jatuh cinta alias bucin (budak cinta)πŸ˜€

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Jin Moo Hak (Kim Min Jae) dulunya adalah seorang anak penjual makanan. Meskipun dia lugu dan tipe laki-laki yang banyak omong tapi dia berkemauan keras dan tahu bagaimana cara menghasilkan uang. Dia sekarang adalah direktur pelaksana Dondon F&B, jaringan restoran global yang dimulai keluarganya sebagai rumah makan gamjatang kecil. Suatu hari tanpa sengaja dia bertemu Kim Da Li (Park Gyu Young), putri dan anak satu-satunya dari keluarga kelas atas yang menjalankan galeri seni. Dia memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai hal, anggun, cantik, ramah, ya mendekati sempurnalah. 

Suatu hari Da Li menghadapi kebangkrutan karena kematian ayahnya yang mendadak dan memulai kehidupan yang sulit. Moo Hak dan Da Li memulai hubungan sebagai kreditur dan debitur atas galeri seni. Di sanalah mulai terjadi benih-benih cinta. Awalnya Da Li sedikit ilfil kali ya sama Moo Hak ini tapi lama-lama jatuh hati juga. hahaa 

Drama ini juga menghadirkan cerita lain dengan kehadiran Jang Tae Jin (Kwon Yool) yang mencoba menghasut Da Li dan keluarganya. Jang Tae Jin juga mantan tunangan dari Da Li. Mantan yang tak tahu diri. Kenapa? Nonton aja ya lah. 

Konflik ceritanya dimulai saat Da Li mengetahui identitas aslinya dan Tae Jin datang untuk merebut galeri yang dikelola Da Li. Ada sedikit misterinya gitu tapi hanya bumbu-bumbu supaya greget aja. Walau drama ini sudah ketebak jalan cerita dan endingnya di bawa ke mana. Tetap seru dinikmati sambil rebahan. Mau lihat pasangan bucin? Nonton ini deh hehehe 

sumber gambar: https://www.hancinema.net

34. Bossam: Steal the Fate

Judul lain: Bossam: Stealing Destiny, Bossam: Stealing Fate
Pemeran: Jung Il-woo, Kwon Yu-ri, Shin Hyun-soo, dan Kim Tae-woo
Episode: 20
Genre: Drama, Romansa, Sejarah
Network: MBN
Tayang: VIKI, WAVVE
Tahun: 2021

Drama Korea Sageuk tahun 2021 ini menampilkan Jung Il-woo, Kwon Yu-ri, Shin Hyun-soo, dan Kim Tae-woo. Drama ini bertepatan dengan peringatan 10 tahun MBN yang ditayangkan perdana di MBN setiap Sabtu dan Minggu pukul 21:40 mulai 1 Mei hingga 4 Juli 2021. Bossam: Steal the Fate juga tersedia melalui media penyiaran WAVVE. Sayangnya, drama ini belum ada di aplikasi streaming berbayar yang lainnya. Bossam: Steal the Fate berakhir dengan mencatat rating pemirsa rata-rata 9,8% secara nasional di episode terakhirnya sehingga menjadi drama dengan rating tertinggi dalam sejarah MBN.

sumber gambar: https://www.asianwiki.com

Bossam: Steal the Fate menceritakan tentang Ba Woo adalah seorang pria yang kerap melakukan berbagai kegiatan ilegal, seperti mencuri, merampok, berjudi, berkelahi, serta bossam untuk mendapatkan uang dan bertahan hidup. Bossam adalah kebiasaan pada periode Joseon, di mana seorang bujangan menculik seorang janda dengan selimut di malam hari dan menjadikannya istrinya atau untuk dinikahi lagi oleh seorang pria lajang

Ba-woo (Jung Il-woo) secara tidak sengaja menculik Yi Su-kyeong (Kwon Yu-ri), putri raja yang menjanda yang merupakan anak dari Pangeran Gwanghae dan menantu Lee Yi Cheom, musuh dan saingan dari Ba Woo. Kejadian salah culik ini malah justru mengubah takdir Ba Woo dan Soo Kyung selanjutnya. Ba Woo sendiri dijebak dalam sebuah konspirasi saat usianya masih muda. Ia pun harus menyembunyikan identitas asli dirinya dan jadi orang miskin sejak kasus tersebut. Ba Woo sendiri adalah seorang duda dan memiliki satu anak laki-laki bernama Cha Dol. Soo Kyung memiliki saudara ipar laki-laki, yaitu Dae Yeop yang sebenarnya menaruh hati pada Soo Kyung. Aduh kalau udah kayak gini suka buat gemes gak sih? Makin panas karena ada unsur Ba Woo dan Su-kyeong jatuh cinta. 

Ini kali kedua saya menonton drama korea sageuk, sebelumnya saya pernah menonton 100 days my prince yang dibintangi oleh Nam Ji Hyun, D.O EXO, Kim Seon Ho, dan Kang Ha Na. Kalau cerita Sageuk sebenernya tidak jauh-jauh dari permasalahan keluarga, perebutan tahta kerjaan, dan juga politik. Banyak juga yang saya skip-skip karena gak ngerti masalah kerajaan Joseon. haha. 

Saya jadi ngefans sama Jung Il-woo dan Kwon Yu-ri gara-gara chemistry mereka dibangun dengan sangat baik di sini. Katanya kebawa sampai ke dunia nyata.✌😁 Saya sih setuju banget. Apalagi nih gak lama dari drama ini dipasangkan lagi di drama lain, Good Job. Nah, nmun sayang, katanya mereka pasangan ya, ada romansanya tapi ya beneran pasangan halal haha. Tatapan aja udah buat baper apalagi ditambah ya itulah.... haha. Konon, banyak yang kecewa sama endingnya. Iya sih, sedikit kecewa. Pemain pendukungnya juga bagus-bagus. Anaknya Ba Woo, Cha Dol gemesin juga.πŸ’— Intinya, drama ini menarik untuk ditonton kalau yang suka genre politik dan kerajaan. Apalagi yang penasaran sama kisah cinta segitiga di masa kerajaan Joseon. 

Serius, Kwon Yuri (SNSD) di drama ini cantik banget apalagi pakai hanbook. Jung Il Woo juga makin cakep. πŸ’“


sumber gambar: https://www.asianwiki.com

35. Matrimonial Chaos

Judul lain: The Best Divorce, The Greatest Divorce
Pemeran: Cha Tae-hyun, Bae Doona, Lee El, dan Son Seok-koo
Episode: 16
Genre: Drama, Romansa, Komedi
Network: KBS2
Tayang: Viki, VIU
Tahun: 2018

Matrimonial Chaos drama korea tahun 2018 yang dibintangi oleh Cha Tae-hyun, Bae Doona, Lee El, dan Son Seok-koo. Drama ini merupakan daur ulang dari drama Jepang tahun 2013 yang bernama sama, disiarkan oleh Fuji TV. Drama ini ditayangkan di KBS2 setiap hari Senin dan Selasa pada pukul 22:00 pada 28 Oktober hingga 27 November 2018. Drama komedi romantis ini mengangkat cerita tentang pemikiran yang berbeda antara pria dan wanita di usia tiga puluhan mengenai cinta, pernikahan, dan keluarga pada zaman modern ketika perceraian lebih sering terjadi.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Jo Seok-Moo (Cha Tae-Hyun) lulus dari universitas bergengsi, tetapi dia mengejar mimpinya menjadi seorang musisi daripada mencari pekerjaan tradisional. Jo Seok-Moo tidak menjadi musisi dan karena usianya yang sudah lanjut, dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Dia kemudian mulai bekerja di sebuah perusahaan jasa keamanan. Di sana, dia bertemu Kang Whee-Roo (Bae Doo-Na) untuk pertama kalinya sebagai pelanggannya. Mereka telah menikah selama 3 tahun, tetapi Jo Seok-Moo meminta cerai karena meraka tidak memiliki banyak kesamaan. Jo Seok-Moo memiliki kepribadian yang keras kepala dan senang menghabiskan waktu sendirian, sedangkan Kang Whee-Roo santai dan memiliki kepribadian yang positif. [1]

Ada juga pasangan suami istri Jin Yoo-Young (Lee El) dan Lee Jang-Hyun (Son Suk-Ku) yang tak kalah menarik. Jin Yoo Young Cinta pertama dan mantan pacar Jo Seok Moo saat masih di perguruan tinggi. Seorang wanita yang terlihat menawan dan protektif. Lee Jang Hyun seorang laki-laki yang memiliki parasnya yang menawan dan berkarisma berhasil membuat banyak wanita menoleh padanya. Suatu ketika Jo Seok-Moo dan Kang Whee-Roo bertemu dengan Jin Yoo Young. Setelah pertemuan itu, maka dimulailah kisah dalam drama ini. 

Mengapa drama ini tidak banyak dibicarakan? apakah karena para pemainnya? Saya justru jatuh cinta dan tahu Son Suk-Ku dari drama ini.πŸ’— Dia tuh red flag banget tapi istrinya cinta banget. aahh. Mereka berempat memiliki pengalaman yang sangat baik di industri film. Chemistry yang dibangun juga sangat baik. Walau terkesan menghadirkan topik yang agak berat tapi menurut saya banyak yang bisa dipetik dari drama ini apalagi soal prespektif pernikahan dan cinta dalam pernikahan. Apa-apa saja yang harus dilakukan saat akan menikah dan saat menjalani pernikahan. πŸ˜‡ Bagaimana menghadapi pasangan yang berbeda karakter, misalnya sang suami tipikal yang berantakan tapi istri tidak? Semudah itukah memilih jalan perceraian atau berpisah di saat mulai tumbuh cinta atau bahkan terlalu cinta? 

sumber gambar: https://www.hancinema.net

36. Just Between Lovers

Judul lain: Rain or Shine
Pemeran: Lee Jun-ho, Won Jin-ah, Lee Ki-woo, dan Kang Han-na
Episode: 16
Genre: Melodrama, Romansa
Network: JTBC
Tayang: Netflix, WeTv
Tahun: 2017

Drama Rain or Shine atau Just Between Lovers yang dibintangi oleh Lee Jun-ho dan Won Jin-ah, Lee Ki-woo dan Kang Han-na adalah drama tentang cinta, harapan, dan impian orang-orang meskipun masa lalu mereka menyakitkan. Drama ini rilis di JTBC pada hari Senin dan Selasa pukul 23:00 dari 11 Desember 2017 hingga 30 Januari 2018. Ini adalah drama pertama yang dimainkan oleh Woo Jin A dan langsung mendapatkan pemeran utama.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Lee Kang-doo (Lee Jun-ho), mantan atlet yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional namun Ketika dia berusia 15 tahun tiba-tiba kehilangan ayahnya karena kecelakaan dan harus menjalani rehabilitasi selama tiga tahun karena cedera di kakinya. Di tahun-tahun berikutnya, Gang Doo menghabiskan hari-harinya berjuang melalui rasa sakit fisik dan emosional, saat dia berjuang untuk mendukung saudara perempuannya membayar hutang yang besar dan hidup hemat. Ha Moon-soo (Won Jin-ah), seorang wanita muda yang kehilangan adik perempuannya karena kecelakaan tetapi menjalani hidup dengan keras dan tetap kuat sambil merawat ibunya. Ketika dia berusia 15 tahun, Ha Moon Soo mengalami kecelakaan itu tetapi masih diganggu oleh mimpi buruk bertahun-tahun kemudian. Dia tinggal di atas pemandian wanita yang dikelola ibunya. Dia bekerja membuat model arsitektur yang merupakan elemen keselamatan utama dalam setiap proses perencanaan bangunan utama.

Beberapa tahun kemudian sebuah proyek konstruksi akan dimulai di lokasi kecelakaan. Ini membawa kembali kenangan yang menyakitkan bagi Kang Doo, Moon Soo, dan semua yang terkait dengan kecelakaan itu. Kang Doo dan Moon Soo, mereka saling membantu untuk menghadapi trauma dan mengatasi rasa sakit mereka. Keduanya mencoba untuk melanjutkan hidup dan seiring waktu perlahan saling mencintai.. [2]


sumber gambar: https://www.hancinema.net

Drama ini tuh memberi efek sedih yang berkepanjangan dari episode awal sampai akhir, sesuai dengan genrenya melodrama. Bawaannya melow terus. Jadi sempat mikir, apakah drama ini punya akhir yang bahagia ya? Soalnya beneran sedih. Walau ceritanya memiliki alur maju dan mundur tapi masih bisa dinikmati. Ditambah kisah cinta Kang Doo dan Moon Soo yang juga menarik. Bagaimana dua sejoli ini sama-sama bangkit dari tragedi yang menimpa keduanya di usia remaja. Kang Doo di sini cowok yang kayak kanebo kering tapi so sweet juga. hehhe

37. Special Labor Inspector 

Judul lain: Special Labor Inspector 
Pemeran: Kim Dong-wook, Park Se-young, Ryu Deok-hwan dan Kim Kyung-nam
Episode: 16
Genre: Drama, Action, Komedi, Politik
Network: MBC TV
Tayang: VIU, Viki
Tahun: 2019

Special Labor Inspector dibintangi oleh Kim Dong-wook, Park Se-young, Ryu Deok-hwan dan Kim Kyung-nam. Drama ini ditayangkan dari 8 April hingga 28 Mei 2019 di MBC TV.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Drama ini mengisahkan mengenai seorang pria bernama Jo Jin Gab (Kim Dong Wook) yang menjalani kehidupan yang sangat berbeda dari yang pernah dijalani sebelumnya. Jo Jin Gap, seorang pria yang pernah menjadi anggota tim judo nasional, dan impiannya menjadi guru pendidikan jasmani pupus ketika dia dikeluarkan karena emosinya. Dia dikeluarkan dari timnas karena protes akan kecurangan saat pertandingan. Dia kemudian mencoba untuk berkarir sebagai pelatih judo namun sepertinya pekerjaan tersebut tidak cocok untuknya karena temperamennya yang sulit untuk dikendalikan. Dia menikah dengan Jo Mi Ran (Park Se-young) yang juga mantan atlet judo namun beralih profesi menjadi detektif. Ia memilih berpisah karena perilaku Jo Jin Gap yang temperamen dan paling tidak suka ketidak adilan.

Setelah itu, dia mencoba untuk belajar agar bisa lolos ujian sebagai pegawai sipil di Korea Selatan. Tanpa disangka dia berhasil lolos dan malah diterima sebagai PNS di Kementerian Ketenagakerjaan. Namun, setelah dia masuk ke dalam lingkungan tersebut, dia justru menemukan banyak keanehan yang terjadi. Dia lalu mencoba untuk mengungkap setiap kebusukan yang ada dalam kementerian tersebut. Menghadapi banyak orang yang menggunakan kekuasaan mereka secara tidak adil, Jo Jin-Gab kembali ke dirinya yang dulu, tempramen dan selalu menindak tegas korupsi dan kecurangan.

Drama Special Labor Inspector mengangkat tema sosial tentang bagaimana menghukum orang-orang kaya, namun dikemas dengan seru dan lucu tentunya. Jadi, drama ini terkesan ringan dan menyenangkan. Pemain pendukungnya juga banyak dan tak kalah heboh. 


sumber gambar: https://www.hancinema.net

38. If You Wish Upon Me

Judul lain: If You Say Your Wish , Tell Me Your Wish
Pemeran: Ji Chang-wook, Sung Dong-il, dan Choi Soo-young
Episode: 16
Genre: Drama, Romansa, Medical, Life
Network: KBS2
Tayang: VIU, Viki
Tahun: 2022

If You Wish Upon Me adalah drama yang dibintangi oleh Ji Chang-wook, Sung Dong-il, dan Choi Soo-young. Itu ditayangkan di KBS2 dari 10 Agustus hingga 29 September 2022, ditayangkan setiap hari Rabu dan Kamis pukul 21:50 dengan 16 episode. Alur cerita If You Wish Upon Me ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata Make-a-Wish Foundation di Belanda. [3]

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Ceritanya tentang pada seorang pemuda Yoon Gyeo-ree (Ji Chang-wook) yang juga mantan narapidana muda yang menjadi sukarelawan di rumah sakit setelah melewati panti asuhan, pusat penahanan remaja, dan penjara, dengan masa lalu bermasalah yang berjuang sepanjang hidupnya. 

Di sana, ia bertemu Kang Tae-shik (Sung Dong-il), pria paruh baya yang memimpin tim sukarelawan di fasilitas tersebut. Ia adalah seorang mantan tunawisma yang pernah mengabdikan hidupnya untuk rumah sakit hospice. Hospice adalah perawatan klien terminal (stadium akhir) dimana pengobatan terhadap penyakitnya tidak diperlukan lagi (dokter sudah angkat tangan). Perawatan ini bertujuan meringankan penderitaan dan rasa tidak nyaman dari klien, berlandaskan pada aspek bio- psiko-spiritual. Kang Tae-shik menciptakan sebuah unit bernama Team Genie yang didedikasikan untuk mengabulkan permintaan terakhir pasien sekarat. Tak peduli apapun itu, Team Genie bekerja keras untuk mewujudkannya. Yoon Gyeo-ree bergabung dengan Tim Genie, dia belajar merawat orang lain untuk pertama kalinya. Dia bersama Tim Genie mendengarkan dan melaksanakan keinginan terakhir orang-orang di akhir hidup mereka melalui berbagai episode. [4]

Selain Kang Tae-shik, Gyeo-re juga bertemu Seo Yeon-joo (Choi Soo-young) perawat rumah sakit yang selalu memberikan harapan hidup kepada pasien. Ia juga mampu membuat kehidupan di rumah sakit tersebut lebih ceria dan menarik. Yeon Joo juga termasuk bagian dari Tim Genie. Kesan pertama Seo Yeon-joo kepada Yoon Gyeo-ree tuh seperti hater yang nggak benci sama kelakuan Yoon Gyeo Rye tapi ya itu lah gak boleh terlalu benci karena lama-lama pasti suka. haha.

Drama ini setiap episodenya mengandung banyak bawang alias sedih. Bagaimana tidak? Di sini digambarkan bagaimana Tim Genie berusaha mengabulkan permintaan terakhir para pengidap terminal akhir ini. Bagi mereka setiap napas itu bermakna. 

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Yoon Gyeo Ree di sini digambarkan sebagai sosok preman dengan badan penuh tato namun sebenarnya memiliki hati yang lembut dan baik. Drama ini sebenarnya menghadirkan s isi lain kehidupan dari tim Genie. Selain tentang kemanusiaan, drama ini mengandung unsur misteri terkait kehidupan masa lalu Yoon Gyeo Rye. Romansa tipis-tipis juga menjadi daya tarik dari drama ini. Selain, Ji Chang Wook, Choi Soo Young SNSD, Sung Dong Il, ada Won Ji An sebagai Ha Joon Kyung, dan masih banyak lainnya. Penasaran sama keunikan cerita ini? Silakan menonton ya, masih tayang di VIU.

sumber gambar: https://twitter.com


39. May It Please the Court

Judul lain: Let's Start the Defense, Let's Start the Argument
Pemeran: Jung Ryeo-won, Lee Kyu-hyung, Jung Jin-young, dan Kim Hye-eun
Episode: 12
Genre: Drama, Hukum, Misteri
Network: Disney+
Tayang: Disney+
Tahun: 2022

May It Please the Court adalah drama misteri hukum yang dibintangi oleh Jung Ryeo-won, Lee Kyu-hyung, Jung Jin-young, dan Kim Hye-eun. Drama ini dirilis di semua layanan Streaming Disney pada 21 September 2022. May It Please the Court ini merupakan adaptasi dari buku "Let Me Start the Argument" oleh Jeong Hye-jin, seorang pengacara yang berspesialisasi dalam pembela umum dan telah membela orang-orang yang kurang beruntung secara sosial, dan akan menampilkan kisah nyata dari kasus kehidupan nyata dari buku tersebut. [5]

sumber gambar: https://www.hancinema.net

No Chak Hee (Jung Ryeo Won) yang bekerja di sebuah firma hukum besar Korea Selatan. Ia bersedia mengambil risiko apa pun untuk memenangkan kasus dan siap untuk menerima promosi posisi mitra. No Chak Hee dikenal sebagai pengacara andalan di firma hukum tempatnya bekerja. Akhirnya, Chak Hee mendapatkan kesempatan promosi. Namun, tiba-tiba masalah terjadi pada kasus yang sedang ia atasi. Karena kasus itu, dia diskors selama satu tahun. Dia kemudian mulai bekerja sebagai pembela umum tetapi berharap untuk kembali ke posisinya di firma hukum tempat dia bekerja sebelumnya.

Sebagai pembela umum, dirinya berbagi kantor dengan sesama pembela publik, Jwa Shi Baek (Lee Kyu Hyung), lulusan terbaik dari Lembaga Penelitian dan Pelatihan Yudisial. Alih-alih menjadi hakim, jaksa, atau pengacara di firma hukum besar, ia memilih bekerja sebagai pembela umum. Jwa Shi Baek ini justru memiliki sisi yang misterius dan kehidupannya yang tidak diketahui siapa pun.

No Chak Hee dan Jwa Shi Baek tidak akur, tetapi kasus pembunuhan berantai menyatukan mereka dan ketika mereka mencoba menyelesaikan kasus ini bersama-sama, lebih banyak rahasia terungkap dan mereka akhirnya tumbuh sebagai rekan untuk saling percaya satu sama lain.

Drama May It Please the Court ini drama yang menarik untuk ditonton. Tidak terlalu berat untuk dinikmati. Selain karena cerita hukumnya, seperti ada banyak misteri di antara mereka, termasuk sosok si Shi Baek ini. Walaupun tidak akur tapi  Jwa Shi Baek selalu ada untuk No Chak Hee. Romansa tipis-tipis gini kadang buat gemas gak sih? Apalagi para pengacara yang sifatnya ambisius, dingin, tapi sweet juga. Duh, semoga pasangan salah genre ini bisa berlayar. Chemistry Jung Ryeo-won dan Lee Kyu-hyung juga terjalin baik. Ayo, main romcom. hehe Sepertinya ada musim kedua. Saya tidak sabar menonton kelanjutannya. Penasaran? Nonton sekarang di Disney+.

Yakin gak salah genre? Mbak? Mas? 😁
sumber gambar: https://www.hancinema.net

40. Summer Strike

Judul lain: I Don't Want To Do Anything, I Don't Feel like Doing Anything
Pemeran: Kim Seol-hyun dan Im Si-wan
Episode: 12
Genre: Melodrama, Life, Romansa
Network: ENA Channel
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2022

Drama Summer Strike tahun 2022 ini dibintangi oleh Kim Seol-hyun dan Im Si-wan. Cerita ini diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama oleh penulis Joo Young-hyun. Drama ini ditayangkan pada hari Senin dan Selasa ENA pada slot waktu 21:20, dari 21 November hingga 27 Desember 2022.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Lee Yeo Reum (Kim Seol-hyun) adalah wanita muda yang karir dan hidupnya berjalan dengan sangat baik: Dia baru saja mendapatkan status kontrak tetap di tempat kerja, dan dia memiliki pacar yang sangat dia sukai. Tetapi pekerjaan mulai membuat stres, dan kemudian dia dilanda kemalangan ganda. Ibunya meninggal dalam kecelakaan tragis beberapa saat setelah dia dicampakkan oleh pacarnya. Merasa benar-benar sedih dan kelelahan, dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, pergi ke pantai, dan tidak melakukan apa pun untuk sementara waktu; setidaknya sampai dia dapat mengisi ulang baterainya dan pulih secara mental.πŸ˜₯

Dia pindah ke desa tepi laut kecil bernama Angok. Dan di sinilah dia bertemu An Dae Beom (Im Si-wan), seorang pustakawan. Bertahun-tahun yang lalu, dia adalah seorang ahli matematika dengan masa depan akademis yang cerah di depannya. Tetapi keadaan telah memaksanya menjauh dari kota besar dan kehidupan skolastik.  

Awalnya nonton drama korea Summer Strike tanpa ekspektasi apapun. Ternyata sehangat itu. Penat dengan hiruk pikuk kota Seoul, merasa dikhianati orang-orang, depresi karena kehilangan orang-orang tersayang, memiliki trauma di masa lalu, dan berbagai hal lainnya diceritakan di drama healing ini. Pindah dari kota ke desa tidaklah semudah yang dibayangkan. Berinteraksi dengan orang yang baru juga mengejutkan terutama bagi orang-orang yang introvert. Walau ada berbagai masalah-masalah tapi drama ini menyejukkan hati. Drama juga ini memperlihatkan setiap karakternya tumbuh di setiap episodenya. 

Gambaran suasana pedesaan yang khas terasa di drama Summer Strike ini. Drama ini seolah mengajak penonton untuk healing sejenak dan rehat dari hiruk-pikuk kehidupan yang menjenuhkan.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Menariknya lagi dari drama ini adalah komunikasi dan interaksi canggung dua sejoli yang introvert juga bikin penonton senyum-senyum sendiri dan menggemaskan. Ini juga yang membuat hubungan An Dae Bum dan Lee Yeo Reom terasa lebih realistis. Ketika drama-drama lain penuh dengan suguhan konflik yang berat, Summer Strike menampilkan kisah yang sederhana dan apa adanya. Kalau istilah anak sekarang An Dae Beom tuh cowok green flag banget. 😍 

Pemain pendukungnyapun hadir menambah keseruan ceritanya. Jangan lupa juga untuk siapkan tisu. Drama Summer Strike bisa ditonton di Viu ya.

sumber gambar: https://www.hancinema.net

Sekian dulu beberapa referensi drama korea yang jarang dibicarakan tapi menarik untuk ditonton. Saya suka beberapa drama ini karena punya banyak kesan dan sebagai penonton kita disuguhkan dengan pesan-pesan yang bermakna. Kita bersambung lagi di lain waktu ya! Semoga segera. haha

Kalau mau cari tau referensi film-film India juga bisa langsung komen lho, saya spesialisnya hahaa. *sedikit promosi

Sampai Jumpa! λ‹€μŒμ— 또 λ΅™κ² μŠ΅λ‹ˆλ‹€ ❤

0 coment�rios:

Posting Komentar

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)