Jarang Dibicarakan, Rekomendasi Drama Korea Underrated Terbaik [Part 2]

By Deph - Juli 18, 2020

Hai apa kabar? bagaimana? apakah kalian sudah membaca bagian pertama rekomendasi drama korea yang saya tulis. Nah, berikut ini adalah bagian kedua tentang drama korea yang saya rekomendasikan. Semoga rekomendasi ini bisa menambah perdrakoran kalian ❤ Nah, bagi kalian yang sudah nonton boleh juga lho nambahin referensi drama korea lainnya! Selamat membaca ya! 

18. FAMILIAR WIFE

Wife That I Know; Wife I Know; Knowing Wife
Pemeran: Ji Sung, Han Ji-Min
Episode: 16
Genre:  Drama, Family, Romance, Fantasy
Network: TvN
Tayang: Viu
Tahun: 2018

Drama TvN berjudul Familiar Wife juga termasuk yang bisa menjadi tontonan yang menarik. Jika senang dengan drama yang mengangkat tema pernikahan dan romansa ini salah satu pilihannya. Drama ini dibintangi oleh Ji sung dan Han Ji Min dan memperoleh rating yang cukup baik di akhir penanyangan.

img src: Soompi

Cha Joo-Hyuk (Ji Sung) telah menikah dengan Woo-Jin (Han Ji-Min) selama 5 tahun. Joo-Hyuk bekerja di bank dan Woo-Jin bekerja sebagai terapis pijat dan mereka telah memiliki dua anak. Seo Woo Jin seorang istri yang kurang bisa mengontrol emosinya sehingga Cha Joo Hyuk tidak betah bersamanya dan memutuskan untuk bercerai. Namun, suatu saat Cha Joo Hyuk mendapat kesempatan bisa kembali ke masa lalu dan memilih takdirnya pada masa depan yang baru. Di masa depan Joo Hyuk dan Woo Jin adalah orang asing yang tak pernah bertemu walaupun Cha Joo Hyuk mengenali istrinya tersebut.

Drama ini menggambarkan bagaimana jika seandainya kita dapat memutar waktu dan memilih hidup yang lain bukan yang sekarang. Apakah akan bahagia? Ketika lelah menjalani kehidupan yang ada. Ataukah tidak sesuai harapan kita? Dari sini juga kita belajar bahwa pernikahan merupakan kehidupan baru yang harus dijalani dengan kerja sama dan saling memahami. Lalu, bagaimana kisah selanjutnya antara Seo Woo-Jin dan Cha Joo-Hyuk?

img src: TvN

19. HEART SURGEONS

Pemeran: Ko Soo, Uhm Ki-Joon, Seo Ji-Hye
Episode: 32
Genre:  Drama, Medical
Network: SBS
Tayang: Viu
Tahun: 2018

Bagi yang ingin nonton drama medis tapi ada romansa cintanya, drama ini bukan jadi pilihan. Drama ini bercerita lebih pada aktivitas di Departemen Bedah Kardiotoraks sebuah rumah sakit. 

Park Tae-Soo (Ko Soo) seorang ahli bedah toraks selama empat tahun. Ibunya sedang  menunggu transplantasi jantung dan dia sangat ingin menyelamatkannya. Sementara itu, Choi Suk Han (Uhm Ki-Joon) adalah Profesor ahli bedah toraks yang terkenal karena keahliannya tetapi tidak diperlakukan adil karena memiliki latar belakang universitas yang tidak terkenal.  Lalu, hadirnya seorang wanita (Seo Ji-Hye) yang selalu selamat dari kematian karena memiliki penyakit bawaan, kini ia memilih untuk menjadi residen bedah toraks di rumah sakit yang sama. [1

Menurut kabar di Korea drama ini menimbulkan polemik karena beberapa adegan yang tidak logis dilakukan oleh dokter. Tapi menurut saya ini drama yang bagus apalagi menceritakan tentang bagaimana keadaan di rumah sakit dan ketegangan di ruang operasi. Kita akan disuguhkan beberapa adegan flashback mengenai masa lalu mereka yang kemudian membuka jalan cerita mengapa semua itu terjadi. Akting para pemainnya di sini saya acungkan jempol. Keren sekali. Daebak! 👌


20. CUNNING SINGLE LADY

Pemeran: Lee Min-Jung, Joo Sang-Wook, Kim Gyu-Ri, Seo Kang-Joon
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: MBC
Tayang: Netflix
Tahun: 2014

Cunning Single Lady adalah drama romantis komedi tahun 2014. Diperankan oleh Lee Min Jung dan Joo Sang Wook yang mendapat rating baik selama penayangannya. Na Ae-Ra (Lee Min-Jung) wanita yang fokus pada penampilannya karena dia percaya itu akan membawanya ke kehidupan yang lebih baik. Dia kemudian bertemu Cha Jung-Woo (Joo Sang-Wook) seorang sarjana teknik/komputer. Mereka akhirnya menikah. Ae Ra menerima Jung Woo karena seorang PNS dan berpikir bahwa kehidupannya akan lebih baik. Tapi, baru menjadi PNS Jung Woo memilih untuk berhenti dan ingin membuka perusahaan sendiri. Namun, setelah 4 tahun bisnisnya gagal dan mencoba bertahan, akhirnya Ae Ra memutuskan untuk bercerai. Setelah perceraian mereka, Ae-Ra melewati masa-masa sulit. Tidak seperti Ae-Ra, Jung-Woo malah menjadi CEO IT yang sukses dan sangat kaya. Setelah bertahun-tahun akhirnya Ae-Ra dan Jung-Woo bertemu kembali. Namun, hubungan mereka tidak baik karena banyak kesalahpahaman antara mereka. 

Iya, lagi-lagi ya dalam hubungan suami-istri atau pernikahan butuh kesabaran. menerima apa adanya, dan juga saling pengertian. Saling terbuka dan percaya. Masa depan kita tidak pernah tahu. 😎 Chemistry mereka berdua juga ok dan mereka bertemu kembali tahun 2018 di drama Fates and Furies yang berbeda genre. Sayang keduanya sudah sama-sama menikah sehingga tidak bisa ngeShip :p

Saya jadi fans Lee Min Jung sejak drama ini. Lalu, selama saya menonton ini fokus saya pada sang aktor Sang Wook yang saya pikir-pikir ternyata mirip Kris Hatta dan juga Teuku Ryan. Coba deh perhatikan 😁


21. GO BACK COUPLE

Pemeran: Jang Na-Ra, Son Ho-Jun
Episode: 12
Genre:  Drama, Romance, Fantasy
Network: KBS2
Tayang: VIU
Tahun: 2017

Time travel juga menjadi genre yang sering di drama korea. Alasanya, karena kita diajak untuk merenungkan dan memetik pelajaran ketika kita diberikan kesempatan untuk bisa kembali ke masa lalu. Seperti drama Go Back Couple ini. Ini seperti drama Familiar Wife yang tayang 2018 lalu. Konon drama tersebut mirip Go Back Couple. Namun, setelah saya menonton keduanya, genrenya sama tapi beda kisah dan akhirnya. 

Choi Ban-Do (Son Ho-Jun) dan Ma Jin-Joo (Jang Na-Ra) keduanya berusia 38 tahun dan pasangan yang sudah menikah. Choi Ban-Do telah dibebani dengan menjadi pencari nafkah dan Ma Jin-Joo adalah seorang ibu rumah tangga yang mengurus anak. Meskipun mereka saling mencintai ketika menikah, mereka kini saling membenci. Mereka berdua menyesal menikah di usia yang begitu muda, 24 tahun. Pasangan ini melakukan perjalanan waktu dan menemukan diri mereka sebagai mahasiswa berusia 20 tahun, ketika mereka bertemu untuk pertama kalinya. [2]


Walaupun kembali ke masa lalu, mereka sudah belasan tahun menikah tak heran kalau keduanya tetap saling mencintai dan cemburu saat pasangan mereka dengan orang lain. Intinya, bersyukur atas apa yang kita miliki saja sekarang. Terkadang mengubah takdir juga belum tentu terbaik untuk kita. Pasti pasangan kita sekarang jodoh terbaik yang hadir dalam hidup kita.🙏Belajarlah untuk saling menghargai dan melempar pujian yang terkadang terlupakan oleh setiap pasangan.  

Selain itu, menariknya ketika Jin-Joo kembali bertemu kembali dengan Ibunya yang di masa depan sudah meninggal. Dia tidak sempat menghabiskan banyak waktu bersama, pada perjalanan waktunya ia menebus segala kesalahannya dan melakukan banyak hal bersama Ibunya.❤ Drama ini juga menceritakan kisah bersama para sahabat. Berbeda dengan Familiar Wife, mereka berdua saling mengenal sejak kembali ke masa lalu. Saya ngefans sama Son Ho Jun 😍

img src: Asian Wiki

22. WHEN MY LOVE BLOOMS

Pemeran: Yoo Ji-Tae, Lee Bo-Young, Jin Young, Jeon So-Nee
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: TvN
Tayang: VIU
Tahun: 2020

Bagaimana rasanya ketika bertemu kembali dengan cinta pertama di usia 40 tahun-an? Dan ternyata masih menyimpan perasaan yang sama. When My Love Blooms bisa menjadi salah satu drama korea terbaru yang bisa ditonton, bagi yang menyukai drama dengan genre romantis dan melodrama.  Drama ini diperankan oleh Yoo Ji Tae dan Lee Bo Young sebagai pemeran utama. When My Love Blooms akan banyak menampilkan flashback kisah mereka berdua. Pemeran utama saat berusia 20 tahun diperankan oleh Jin Young dan Jeon So-Nee.

Han Jae-Hyun (Yoo Ji-Tae) adalah pria berusia 40-an. Ia tampan, ambisius, dan pengusaha sukses. Dia mengejar kekayaan dan kehormatan. Ketika dia mahasiswa (Jin Young) di usia 20-an, dia adalah aktivis mahasiswa yang juga berpengaruh. Cinta pertamanya adalah Yoon Ji Soo (Jeon So Nee). Dua puluh tahun berlalu, Jae Hyun bertemu kembali dengan Ji Soo dewasa (Lee Bo Young). Ji Soo, adalah seorang ibu dan juga seorang pekerja kontrak. Hidup Ji Soo sekarang tidaklah mudah, ia melewatkan berbagai kesulitan setelah bercerai. Pertemuannya kembali dengan Jae Hyun membuat Ji Soo memiliki momen-momen terindah untuk yang kedua kalinya. [3] Apakah perasaan yang sama tetap ada? 


Kalau yang tidak terlalu suka dengan genre melodrama dan flashback mungkin akan terasa bosan. Tapi saya termasuk yang suka genre melodrama dan sudah lama menantikan chemistry antara Ji Tae dan Bo Young. Jin Young dan So Nee juga menampilkan akting yang bagus saat berperan di usia 20-an. Beda dengan kisah cinta usia 20-30an, chemistry yang dibangun Ji Tae dan Bo Young sangatlah romantis, jadi buat baper. 😍 Seromantis itu mereka. Jadi yang penasaran silakan menonton ya..


23. It's Ok, This is Love

Pemeran: Jo In-Sung, Gong Hyo-Jin, Sung Dong-Il, Lee Kwang-Soo, Jin Kyung, Do Kyung-Soo
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance, Psikologi
Network: SBS
Tahun: 2014

Drama It's Ok, This is Love ceritanya cukup unik karena mengangkat tema seputar kesehatan jiwa atau mental. Jo In Sung dan Gong Hyo Jin juga menjadi daya tarik drama ini tersendiri. 

Jang Jae Yeol (Jo In Sung) adalah novelis misteri terkenal dan DJ radio populer. Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) adalah seorang Psikiater. Mereka bertemu di acara talk show dan saling melempar pertanyaan. Singkat cerita, Jae Yeol pindah ke rumah yang ia miliki yang disewa oleh Hae Soo, Jo Dong Min (Sung Dong-Il) yang juga Psikiater, senior Hae Soo, dan Park Soo Kwang, pria muda yang menderita sindrom Tourette. 




Menariknya drama ini adalah tiap-tiap pemain memiliki masalah psikologis tersendiri. Jang Jae Yeol walau berparas tampan ternyata memiliki gangguan hanya bisa tidur di kamar mandi, mengidap skizofrenia, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD) karena trauma saat kecil. Ji Hae Soo sekalipun seorang Psikiater tapi memiliki trauma menjalin hubungan akibat mengetahui ibunya selingkuh. Ia memiliki trauma mengenai komitmen dalam pernikahan serta phobia pada seks.. Park Soo Kwang, (Lee Kwang-Soo) seorang yang menderita sindrom Tourette dan selalu gagal dalam percintaan.  

Drama ini menceritakan bahwa setiap orang memiliki trauma dan masa lalu yang diperlukan adalah terapi dan juga perhatian untuk sembuh. Mereka saling membantu untuk saling menyembuhkan. It's Ok, This is Love ini juga membuka perspektif penonton terhadap pasien dengan gangguan atau penyakit mental. Jo In Sung dan Gong Hyo Jin mampu membangun chemistry yang kuat sebagai pasangan kekasih dalam drama ini. Malah setelah drama ini mereka sempat diisukan berpacaran. 😁

img src: Asian Wiki

24. The Time We Were Not In Love

Pemeran: Ha Ji-Won, Lee Jin-Wook
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: SBS
Tahun: 2015

The Time We Were Not In Love adalah remake dari drama Taiwan "In Time with You". Drama In Time with You ini ternyata banyak di remake oleh beberapa negara termasuk Jepang. Jalan ceritanya sebenarnya sederhana tentang kisah persahabatan laki-laki dan perempuan.  

Oh Ha-Na (Ha Ji-Won) dan Choi Won (Lee Jin-Wook) mereka sama-sama berusia 34 tahun dan belum menikah. Mereka telah bersahabat selama 17 tahun dan juga bertetangga. Oh Ha-Na saat ini adalah wanita karir bidang fashion yang cantik dan percaya diri. Choi Won pemuda tampan yang bekerja sebagai Pramugara di maskapai penerbangan. Sebagai sahabat Choi Won selalu ada untuk membantu Oh Ha-Na setiap kali dia mendapat masalah. Mereka meyakini bahwa tidak akan saling jatuh cinta dan hanya bersahabat. Mereka bersepakat untuk menikah sebelum usia 35 tahun. Hubungan percintaan mereka tidak berjalan baik. Oh Ha-Na pernah gagal menikah dan Choi Won yang juga selalu gagal menemukan pendamping hidup. Tapi mereka kini menyadari satu hal bahwa mereka saling melengkapi. 


Saya pernah menonton beberapa drama Ha Ji Won sebelumnya tapi saya sangat suka tampilan dia di drama ini, berbeda dan cantik mungkin karena berperan sebagai wanita karir ya. Lee Jin Wook juga tipikal cowok korea yang saya sukai, babang tampan. 😍 Tapi menurut beberapa sumber drama ini kurang diminati netizen korea karena ceritanya sudah ketebak dan remake versi Jepang konon katanya lebih menarik, tapi saya belum nonton. hehehe

img src: Asianwiki

25. Something in the Rain

Pretty Sister Who Buys Me Food (literal title)
Pemeran: Son Ye-Jin, Jung Hae-In
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: JTBC
Tayang: Netflix
Tahun: 2018

Siapa yang tidak kenal Son Ye Jin, Ratu melodrama Korea. Drama Something in the Rain adalah dramanya setelah lima tahun hiatus dari dunia drama. Terakhir, dia main bersama Kim Nam Gil, Don’t Look Back: The Legend of Orpheus yang tayang pada 2013 lalu. Ini juga menjadi debut drama pertamanya Jung Hae-in sebagai pemeran utama. Saya menonton ini juga karena Son Ye Jin yang sudah saya kenal di dunia perfilman.

Drama Something in the Rain bertema tema noona romance atau dongsaeng-noona yang lama hilang di drama Korea Yoon Jin Ah (Son Ye Jin) adalah wanita berusia 35 tahun dan gagal selalu berkencan dengan pria. Dia sering dicampakkan oleh seorang pria yang dia ingin nikahi karena alasan terburuk: dia sama sekali tidak menarik sebagai seorang wanita. [3] Saat itu, Joon Hee (Jung Hae-In) muncul di hadapannya. Joon Hee adalah teman masa kecil adik Jin Ah, yang dulu tinggal bertetangga dan juga adik sahabatnya. Jin Ah selalu mengingatnya sebagai anak kecil, tetapi suatu hari, dia kembali sebagai pria yang sudah dewasa. 

img src: MyDramaList

Kejadian wanita berusia matang 30 tahunan  belum menikah juga menjadi polemik di Korea. Walau terlihat santai tapi ternyata itu butuh perjuangan untuk ikhlas dan sabar ya. Belum lagi ditambah gosip-gosip orang yang mulutnya panas saat berpacaran dengan laki-laki yang jauh lebih muda.😪 Menurut saya ceritanya memang realitis apalagi yang nonton para wanita yang berada dalam fase yang sama. Banyak yang menyukai genre seperti ini tapi saya kurang suka sama beberapa adegan yang menampilkan romansanya, terlalu intim gitu kayaknya. hahha cemburu kali ya :p Trus kata semua aktor Korea kalau Son Ye Jin emang cantik banget, sampai-sampai Hae-In susah kedip. haha


26. On the Way to the Airport

Pemeran: Kim Ha-Neul, Lee Sang-Yoon, Shin Sung-Rok, Choi Yeo-Jin, Jang Hee-Jin
Episode: 16
Genre:  Melodrama, Romance
Network: KBS2
Tahun: 2016

On the Way to the Airport ini bergenre romantis dan melodrama. Diperankan oleh Kim Ha-Neul dan Lee Sang Yoon. Choi Soo Ah (Kim Ha-Neul) bekerja sebagai Pramugari di sebuah maskapai penerbangan. Dia telah bekerja di sana selama 12 tahun. Suaminya adalah seorang pilot dan mereka memiliki seorang putri berusia 12 tahun. Choi Soo Ah berpikir dia puas dengan hidupnya, tapi suatu ketika dia bertemu dengan Seo Do Woo (Lee Sang-Yoon). Seo Do Woo bekerja sebagai arsitektur yang juga sudah menikah. Keduanya dipertemukan oleh takdir dan menjadi saling terlibat dalam kehidupan masing-masing. [4]


Chemistry antara Ha-Neul dan Sang Yoon terjalin sangat baik. Mereka berdua pernah mendapat penghargaan berkat perannya masing-masing. Kim Ha-Neul di sini sangat cocok berperan sebagai pramugari. Menonton drama ini saya tidak emosi malah memaklumi. Tapi ya lagi-lagi ya bahwa selingkuh itu tidak benar apalagi sudah menikah 🙅 Dalam cerita mereka sama-sama menemukan kebahagiaan dan kenyamanan "lain" yang selama ini mereka tidak dapatkan. Selama menikah mereka merasa hubungan dengan pasangannya terasa datar. Perselingkuhan ini bukan hanya semata-mata kesalahan Soo Ah dan Do Woo saja. On the Way to the Airport menyajikan cerita tokoh lain yang membuat gereget. 

Jadi, menurut beberapa sumber yang saya baca bahwa perselingkuhan itu terjadi karena keduanya menginginkan itu. Ntah berujung indah atau sedih, tokoh utama yang harus mengakhirnya sendiri.  Beberapa drama korea pernah mengangkat tema perselingkuhan baik yang sudah menikah atau yang masih berpacaran. Walau drama ini mengangkat tema perselingkuhan, namun kisah perselingkuhan ini dibungkus dengan sangat apik dan indah hingga membuat para penonton terlena dan ikut terlarut ke dalam suasana yang dihadirkan.


27. Find Me in Your Your Memory

Pemeran: Kim Dong-Wook, Moon Ka-Young
Episode: 32
Genre:  Drama, Romance
Network: MBC
Tayang: VIU
Tahun: 2020

"Find Me in Your Your Memory" menggambarkan kisah cinta antara Lee Jung-Hoon (Kim Dong-Wook) dan Yeo Ha-Jin (Mun Ka-Young). Lee Jung-Hoon memiliki seorang pria dengan hyperthymesia, suatu kondisi memiliki daya ingat super, bahkan dapat mengingat secara detail semua pengalaman hidup yang sudah pernah dilalui. Jeong Hoon adalah pembawa acara berita yang populer. Karena hiperimesia, ia mengingat setiap hal yang terjadi dalam 365 hari setahun sejak masa kecilnya. Dia tidak bisa melupakan ingatan wanita yang dicintainya, Seo Yeon, yang menghilang 8 tahun yang lalu. 

Yeo Ha-Jin, artis yang sedang naik daun yang menarik perhatian semua orang, Ha Jin, muncul di depan Jeong Hoon pada saat itu. Namun, dia memiliki rahasia bahwa ingatannya memudar karena suatu kecelakaan. Dua orang dengan bekas luka yang sama secara takdir berpapasan satu hari. Akankah mereka dapat mengatasi kesulitan mereka, saling memahami, dan jatuh cinta pada akhirnya? [5]

img src: Asianwiki

Drama ini tidak hanya menampilkan genre romantis tapi juga membuat penonton sedikit berpikir tentang masa lalu keduanya. Bagaimana ya rasanya merasa bersalah atas kejadian di masa lalu yang menimpa orang dicintai? Find Me in Your Your Memory walau tidak mendapatkan rating yang cukup baik tapi mendapat pusat perhatian penggemar drama korea. Chemistry antara keduanya terjalin baik dan membuat romansa yang tak canggung. Saya pun dibuat bucin karena keduanya. Walau terpaut usia yang cukup jauh ternyata mereka berhasil membuat rindu para penggemarnya. Chukae Anchornim dan Ha Jin❤


28. Dinner Mate

Shall We Eat Dinner Together? 
PemeranSong Seung-Heon, Seo Ji-Hye, Lee Ji-Hoon, Son Na-Eun
Episode: 32
Genre:  Drama, Romance
Network: MBC
Tayang: iQIYI
Tahun: 2020

Dinner Mate drama yang masih hangat dibicarakan karena baru saya berakhir minggu lalu. Jaid drama ini diadaptasi dari webtoon "Jeonyeok Kati Deusilraeyo?" karya Park Shi In. Jadi drama ini juga sangat dinanti saat Song Seung Heon menerima tawaran drama ini. Dia sudah lama tidak bermain genre drama romantis komedi. Nah, apalagi ada Seo Ji Hye yang juga menjadi pemeran utama. Karakter dia di drama Crash Landing on You masih melekat dibenak pemirsa. Jadi penasaran bagaimana dia bermain di drama romantis komedi ini. 

Dinner Mate dari judulnya saja sudah ketebak ya, teman makan malam. Kim Hae-kyung (Song Seung-heon) dan Woo Do-hee (Seo Ji-hye) tidak saling mengenal. Suatu hari, keduanya bertemu di maskapa penerbangan menuju Pulau Jeju. Do-hee datang untuk menemui kekasihnya di Pulau Jeju. Namun, ternyata sang kekasih memiliki kekasih yang lain. Do-hee patah hati. Sementara itu, Hae-kyung seorang Psikiater yang menemui pasiennya di sana. Dokter Hae-Kyung melihat kejadian yang dialami Do-Hee dan mencoba menemaninya selama di Jeju. Mereka akhirnya sepakat untuk makan malam bersama. Uniknya, mereka tak disaling mengenal nama selama beberapa kali makan malam bersama. Jadi, akhirnya mereka saling mengetahui nama di situasi yang mengejutkan. Ceritanya bertambah seru saat kehadiran dan konflik dengan para mantan/cinta pertama mereka yang nyebelin.

img src: mydramalist

Duh, saya takjub melihat kemesraan dan romansa cinta antara Hae-Kyung dan Do-Hee. Ternyata karakter Seo Ji Hye berbeda banget dari penampilannya, mampu memerankan Do-Hee yang ceria dan lucu. Song Seung-heon jangan ditanya, saya sudah ngefans sejak main drama di Autumn in My Heart tahun 2000an, tampannya tidak bisa dikompromi. hahhaa Chemistry yang dibangun oleh Song Seung-heon dan Seo Ji Hye juga sangat uwowo alias bucin. Jadi, setelah drama ini ternyata banyak juga yang nge-ship mereka berdua nih semoga bisa berlayar di dunia nyata ya. Udah cocok banget lho.❤ Nah, buat yang suka drama romcom, ringan, menghibur, dan menggemaskan, nonton deh Dinner Mate. Jadi pengen punya Dinner Mate kayak Song Seung Heon hahahahha



Sekian dulu beberapa referensi drama korea yang jarang dibicarakan tapi menarik untuk ditonton. Saya masih sedikit sekali nih punya kamus drama korea hehe jadi yang mau menambahkan silakan tulis di kolom komentar ya. Saya suka beberapa drama ini karena punya banyak kesan dan sebagai penonton kita disuguhkan dengan pesan-pesan yang bermakna. Semoga bisa bersambung lagi dilain waktu ya! WFH membuat saya bernostalgia bersama drama korea hahha

Kalau mau cari tau referensi film-film India juga bisa langsung komen lho, saya spesialisnya hahaa. *sedikit promosi

Sampai Jumpa! 다음에 또 뵙겠습니다 

  • Share:

You Might Also Like

0 coment�rios

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)

Adv

Hosting Unlimited Indonesia