Terkuaknya Identitas Samaran Agen NIS di Drama Undercover (2021) || Review Drakor

By Deph - Juni 16, 2021

Annyeong! Kali ini saya akan mengulas drama korea Undercover (2021) yang tayang di K+ dan belum tayang di platform digital manapun. hehe Semoga segera ya! Drama ini remake dari serial BBC tahun 2016 dengan judul yang sama.

Undercover perdana tayang pada 23 April 2021 di JTBC. Undercover tayang setiap Jumat dan Sabtu pukul 23.00 KST, atau 21.00 WIB. Sepertinya JTBC sedang naik daun dengan genre sejenis ini.  Di serial Undercover BBC hanya 6 episode sedangkan di Korea 16 episode. Rata-rata selama penanyangan drama ini meraih rating 3,5%. Namun, di akhir penanyang berhasil mencapai rating tertinggi, yaitu 5,2-6%.  Rating ini cukup baik untuk drama yang rilis di TV kabel. 


Undercover ini disutradarai oleh Song Hyun Wook, sutradara yang juga sukses di balik drama Graceful Friends (2020), The Beauty Inside (2018), hingga Another Miss Oh (2016). Ia bekerja sama dengan 3 penulis naskah sekaligus, Baek Cheol-hyeon, Jung Hye-eun, dan Song Ja-hoon. 

Drama ini diperankan oleh Ji Jin Hee dan Kim Hyun Joo. Ini kali ke-3 mereka bekerja sama. Sebelumya pernah terlibat dalam proyek drama berjudul Miss Kim's Million Dollar Quest tahun 2004 dan I Have Lover pada 2015 yang tayang di SBS. Ini kali pertama saya melihat chemistry mereka dan langsung jatuh hati. Selain mereka ada Yeon Woo-jin dan Han Sun-hwa yang juga dipasangkan kembali setelah drama Marriage, Not Dating tahun 2014 di tvN.



SINOPSIS DRAMA UNDERCOVER

Han Jung-Hyun (diperankan oleh Ji Jin-Hee) adalah agen National Intelligence Service (NIS) atau Badan Perencanaan Keamanan Nasional atau di Indonesia Badan Intelijen Nasional. Ia dikenal karena kecepatan dan keberaniannya yang luar biasa. Saat dia belajar di universitas polisi, dia dipilih oleh NIS. Dia kemudian bekerja sebagai agen rahasia dan dia bertemu Choi Yeon-Soo (diperankan oleh Kim Hyun-Joo). Menggunakan identitas samaran, dia lalu jatuh cinta pada Yeon-Soo, dan mereka akhirnya menikah. Jung Hyun hidup sebagai suami dan ayah biasa, pria yang baik untuk istri dan dua anaknya. Namun, rahasia masa lalunya terungkap saat istrinya dicalonkan sebagai pejabat tinggi pemerintah yang menumpas korupsi. 

Choi Yeon Soo (Kim Hyun Joo) adalah seorang pengacara hak asasi manusia yang telah hidup untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran, mewakili mereka yang lemah yang diperlakukan tidak adil. Yeon Soo seorang aktivis kampus dan unggul di universitas serta lulus ujian pengacara pada usia 20. Dia dicalonkan sebagai Kepala Satuan Kantor Investigasi Korupsi untuk Pejabat Tinggi (Director of the Corruption Investigation Office; CIO). Karena pencalonannya, identitas asli suaminya terkuak dan menjadi permasalahan yang genting. Pertempuran sengit dimulai dengan Han Jung Hyun yang putus asa untuk melindungi keluarganya seperti halnya Choi Yeon Soo yang mengejar keadilan dari kekuatan besar yang mendominasi dan mengguncang negara demi sebuah keuntungan semata. [1]



ULASAN DRAMA UNDERCOVER

Drama ini bergenre politik dan hukum yang menurut saya tidak membosankan. Alur ceritanya tidak cepat dan juga tidak terlalu lambat walau banyak cerita yang flashback. Pas saja. Banyak juga adegan tembak dan berkelahi, tapi masih aman. Undercover ini punya dua tokoh utama, versi muda dan sekarang. Drama ini menampilkan akting ciamik dari Ji Jin Hee dan Kim Hyun Joo. Itu mengapa mereka tetap masih dipasangkan meski sudah tiga kali bertemu di proyek drama. 

Han Jung Hyun (Ji Jin Hee) dan Choi Yeon Soo (Kim Hyun Joo) merupakan pasangan suami istri yang terlihat sempurna. Mereka berdua pertama kali bertemu dalam demonstrasi pada tahun 1991 dan kemudian saling jatuh cinta. Han Jung Hyun muda diperankan oleh Yeon Woo-jin dan Choi Yeon-soo  muda diperankan oleh Han Sun-hwa. Saya cukup takjub ketika karakter dan wajah pemeran versi muda begitu mirip dan setipe dengan versi yang sekarang. hehehe  




Mereka kini hidup  harmonis dan bahagia dengan dua anak, Han Seung-goo (Yoo Seon Ho) dan Han Seung Mi (Lee Jae In). Han Seung-goo merupakan anak tertua yang berkebutuhan khusus menderita Autism spectrum disorder. Sementara Han Seung Mi merupakan anak perempuan cerdas yang sangat mirip dengan ibunya. 

Han Jung Hyun menutup identitas aslinya sebagai Lee Suk Gyu dan kini sebagai sosok suami dan ayah yang hangat. Dia bersama anaknya mengelola bengkel sepeda dan membantu istrinya mengurus rumah tangga. Choi Yeon Soo merupakan seorang ibu yang bekerja sebagai pengacara. Ia merupakan pengacara yang sangat peduli membela kaum yang lemah dan sosok ibu yang penyanyang. Cocok nih mereka berdua. Anak-anaknya juga mirip. 💕




Setelah belasan tahun menikah kemudian masalah datang ketika istrinya dinobatkan calon tunggal pimpinan sebagai Kepala Satuan Kantor Investigasi Korupsi untuk Pejabat Tinggi (Director of the Corruption Investigation Office; CIO) atau di Indonesia terkenal dengan sebutan KPK.

Saat kekisruhan pada tahun 1991, Jung Hyun mendapat tugas sebagai agen NIS untuk menangkap Kim Tae-Yeol (Kim Young-Dae) yang juga teman Choi Yeon-soo. Kim Tae-Yeol  merupakan aktivis yang sangat berpengaruh saat itu. Jung-hyun sengaja mendekati Yeon-soo demi bisa menangkap Kim Tae-Yeol. Tapi siapa sangka ia jatuh cinta pada Yeon-Soo dan menyembunyikan identitasnya sebagai Lee Suk-Gyu. Ia pun rela meninggalkan ayah kandungnya sendiri dengan alasan mendapat misi ke Amerika, padahal demi menikah dengan Choi Yeon-soo. 


Pada episode awal-awal Han Jung-hyun bertemu dengan teman sesama agen NIS, Do Yeong-Geol.  Do Yeong-Geol diberikan misi oleh pimpinan NIS untuk menghentikan Choi Yeon-seo menjadi Direktur CIO. Han Jung-hyun sempat panik tidak menyangka sang istri akan menjadi pejabat pemerintah. Penuh ancaman dari NIS, Jung-hyun harus memberhentikan istrinya menjadi Direktur CIO demi keselamatannya keluarganya. Han Jung Hyun harus bersiap menghadapi kenyataan kelak identitas aslinya sebagai Lee Suk Gyu yang seorang mata-mata akan terbongkar dan dapat menghancurkan kehidupan rumah tangganya yang harmonis.


Bersama dengan para agen NIS

Dalam episode pertama, ada cuplikan saat Choi Yeon Soo mengarahkan pistolnya pada Han Jung Hyun. Dia berkata, “Siapa kamu? Kamu bukan Han Jung Hyun.” Ini menjadi daya tarik penonton yang ingin terus menyaksikan drama ini. Hidup sebagai Han Jung Hyun resah ya, takut ketahuan identitas aslinya. 

Konflik kian panas setelah para agen lama NIS muncul dihadapan Jung-Hyun. Jung Hyun sudah lama keluar dari NIS setelah menikah dengan Yeon-Soo. NIS terus mendesak istrinya untuk tidak menerima tawaran CIO, tapi Jung-Hyun tetap mendukung apapun yang dipilih Yeon-soo. Ini membuat pimpinan NIS, Im Hyung Rak (Heo Joon Ho) kebakaran jenggot. Im Hyung Rak mengutus semua anak buahnya untuk menghentikan Yeon-Soo bahkan sampai menginstrusikan untuk membunuh keluarga Jung-Hyun. Mengapa Im Hyung-rak begitu tidak suka kalau Yeon-soo terpilih? Nonton atau dikasih tahu nih? hehehe 😁


Konflik bertambah membara ketika Choi Yeon-soo akhirnya terpilih menjadi Direktur CIO. Semua yang terlibat kasus korupsi dan HAM ketar-ketir nih saat dia menjabat. Semuanya sepakat untuk menjatuhkan Yeon-soo dan berusaha membuka identitas sang suami, Han Jung-Hyun. Setelah terpilih dia juga membentuk dan memiliki tim yang solid. Ada jaksa, polisi, dan tim ahli informan yang keren banget. Saya suka banget sama mereka walau terkadang seperti tom and jerry. Tapi ketika bekerja, serius banget. 👏

bersama TIM CIO


Drama Undercover ini digambarkan dengan baik tentang polemik jabatan politik, korupsi, dan juga kasus HAM. Bagaimana para petinggi hukum menjatuhi hukuman kepada orang yang salah demi menutupi kasus lain atau bagaimana para pejabat/petinggi lembaga pemerintahan menyalahgunakan kekuasaan, dan menjual posisi pejabat pemerintah. 

Setelah menonton setengah jalan, drama ini semakin menarik dengan cerita yang menengangkan dan penuh teka-teki. Bagaimana aksi Han Jung-hyun tetap menjaga Choi Yeon-soo dan keluarganya dari buruan para agen NIS. Gentleman, begitulah kira-kira. 😍 Meskipun memakai latar dua waktu yang berbeda pada tahun 1990an dan sekarang tapi drama undercover ini memiliki alur maju mundur yang rapi dan mudah dipahami kok. Saya sih emosi melihat kelakuan Im Hyung Rak di sini. hahaha Kok ada sih orang kayak begitu. 😡

Im Hyung-rak


Tidak seperti di drama sebelumnya yang bertema romansa, adegan Ji Jin Hee dan Kim Hyun Joo kali ini minim skinship tapi mampu menampilkan chemistry yang sangat baik sebagai pasangan suami istri.  💓 Nah, mereka ini punya satu tempat jadi kalau saling curhat pasti datang ke tempat yang indah itu. Romantis ya. Oh ya, Ji Jin Hee ini karakter ahjussi yang memesona banget. 😍

 

Lalu saya kagum sama Yoo Seon Ho yang memerankan tokoh Han Seung-goo yang bisa menjiwai anak yang berkebutuhan khusus. Itu cukup sulit sebagai aktor pendatang baru di Korea. Latihannya berapa lama ya? 

Untuk ost drama ini juga enak-enak. Mereka merilis 7 buah lagu untuk ost-nya. Saya suka semua tapi paling suka bagian ke-2 yang Sondia, Kim Junhwi – On A Secluded Road.


Jadi bagaimana kelanjutan kisah Choi Yeon-soo dan Han Jung Hyun? Apakah CIO mampu mengungkap kasus korupsi di Korea dan apakah rumah tangga mereka tetap aman setelah Yeon-soo mengetahui identitas sang suami? Apakah Yeon-soo memaafkan Jung Hyun?

Undercover mengisahkan pertarungan sengit pasangan ini untuk melindungi cinta dan juga keadilan dari kekuatan besar yang mendominasi serta mengguncang negara demi keuntungan semata. 

Ayo nonton ya.. 😊 Sayangnya belum rilis di platform digital manapun padahal vibes-nya drama netflix banget. kira-kira ada musim kedua gak ya?

🌟9.0/10



  • Share:

You Might Also Like

0 coment�rios

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)

Adv

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia