Menemani Liburan Awal Tahun, Ini Rekomendasi Drama Korea Tahun 2020

By Deph - Januari 04, 2021

Hai, berikut ini daftar rekomendasi drama korea terbaik dan menarik versi yang sudah saya tonton tahun 2020. Drama lainnya masih dalam daftar tunggu.😁Kalau drama yang hits mungkin sudah banyak ulasannya ya. Nah, beberapa yang saya rekomendasikan di antaranya mungkin tidak terlalu banyak dibicarakan tapi jalan ceritanya yang cukup menarik. Ada pula drama yang menjadi perbincangan panas di kalangan penggemar drama korea. Selamat membaca ya! ^^ Semoga ada drama favorit kalian kalian di sini.

1. 365 Repeat The Year 

Pemeran: Lee Joon Hyuk, Nam Ji Hyun, Kim Ji Soo
Episode: 24
Genre: Drama, Fantasy, Thriller
Network: MBC 
Tahun: 2020

Drama 365 Repeat the Year ini underrated padahal ceritanya keren banget. Cerita time travel, dikasih kesempatan untuk kembali ke masa satu tahun lalu. Kita bisa gunakan untuk menyelamatkan hidup kita atau orang lain dan kayak menebus dosa juga bisa. Tergantung orangnya mau jadi lebih baik atau bahkan lebih buruk. Drama 365 Repeat The Year ini mengungkap teka-teki pembunuhan orang-orang yang kita kenal, yaitu orang yang ikut mengulang perjalanan masa lalu. Ini terjadi ketika sudah kembali ke masa satu tahun lalu. Detektif Ji Hyung Joo (Lee Joon Hyuk) dan Penulis buku thriller Shin Ga Hyun (Nam Ji Hyun) berusaha mencari tahu siapa yang menjadi pembunuh berantai ini. Orang terdekatpun bisa jadi salah satu yang dicurigai. 😌 Menonton ini selain berpikir juga menguras sedikit emosi haha Jadi serba takut sih karena pembunuhnya ada di sekitar kita.


Drama ini soal takdir. Ada takdir yg bisa kita ubah dan ada yang tidak, sekalipun ada orang yang mampu meramal soal masa depan kita. Tapi waktu tetap berjalan dan pilihan ada di tiap-tiap orang. Menonton drama ini seperti bermain game, siapa orang terakhir yang tetap hidup. Banyak plot twist juga sehingga menebak-nebak siapa sih sebenarnya pembunuh berantai itu.

Sayangnya, tak seperti drama thriller yang menghadirkan kisah percintaan atau cinta lokasi, 365 Repeat The Year tidak ada kisah cintanya nih. Tapi jangan khawatir chemistry antara Detektif Ji Hyung Joo dan Penulis buku thriller Shin Ga Hyun juga keren banget, bisa buat senyum-senyum juga. 🤜🤛 Ada penumpang kapal ini?⚘ Selain itu, cara mereka mengungkap teka-tekinya juga menarik. 👏Mereka baru saja mendapatkan penghargaan aktor dan aktris terbaik di MBC Drama Awards 2020. Selamat Mas dan Mbak 365!💕


2. Once Again 

Pemeran: Lee Min-Jung, Lee Sang-Yeob, Cheon Ho-Jin, Cha Hwa-Yeon, Oh Yoon-Ah, Oh Dae-Hwan, Lee Cho-Hee
Episode: 100
Genre: Drama, Romance, Family
Network: KBS2
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2020

Song Young-Dal (Cheon Ho-Jin) dan Jang Ok-Boon (Cha Hwa-Yeon) telah menikah selama bertahun-tahun dan mereka memiliki 4 anak: Joon-Sun (Oh Dae-Hwan), Ga-Hee (Oh Yoon- Ah), Na-Hee (Lee Min-Jung) dan Da-Hee (Lee Cho-Hee). Anak pertama Joon-Sun (Oh Dae-Hwan) dan anak kedua Ga-Hee (Oh Yoon-Ah) keduanya bercerai dan tinggal bersama orang tua mereka. Anak bungsu Da-Hee berjuang sebagai magang di sebuah perusahaan dan memutuskan untuk membatalkan pernikahan karena sang pacar memanfaatkannya dan berselingkuh. Anak ketiganya, Na-Hee adalah seorang dokter dan dia bekerja dengan suaminya Dokter Gyu-Jin (Lee Sang-Yeob) di rumah sakit yang sama. Tapi kehidupan pernikahan merekapun tidak berjalan baik. Na Hee harus kembali ke rumah orangtuanya pascabercerai dari Gyu Jin.


Drama ini mendapatkan perolehan rating yang baik dan tinggi (37%) hingga tayang perdana. Once Again disukai penonton karena drama ini ringan dan bercerita tentang kehidupan yang ada disekitar kita. Saya awalnya ragu menonton ini tapi jatuh cinta sejak episode awal. Bagaimana ya perasaan orangtuanya ketika meilihat keempat anaknya bercerai dan tinggal bersama mereka setelah dewasa. Drama ini masih terus berlanjut dengan konflik keluarga dan romansa yang buat kita greget dan ikut senyum-senyum sendiri. Akankah keempat anaknya menemukan kembali cintanya? Saya ngefans sama Mbak Lee Min Jung, di drama ini cantik walau karakternya dingin. 

Pada acara KBS Drama Awards 2020 (31/12), tim once again berhasil membawa 15 piala penghargaan diberbagai sektor termasuk pasangan terbaik, aktris, dan aktor terbaik. ❤



3. Hospital Playlist (2020)

Pemeran: : Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, Jeon Mi Do
Episode: 12
Genre:  Drama, Romance, Medical
Network: TvN, Netflix
Tahun: 2020

Hospital Playlist menceritakan kisah para dokter, perawat, dan pasien di rumah sakit. Lima dokter sudah bersahabat sejak masuk universitas (1999) hingga saat ini bekerja di rumah sakit yang sama. Lee Ik-Joon adalah Dokter Bedah, Ahn Jeong-Won adalah Dokter Bedah Anak, Kim Jun-Wan dalah Dokter Bedah Thoraks, Yang Seok-Hyeong adalah Dokter Kandungan, dan Chae Song-Hwa adalah Dokter Bedah Saraf.

Drama ini memiliki rating terbaik di akhir episode season ke-1. Jeon Mi Do adalah aktris pendatang baru di drama korea sebagai pemeran utama. Dia pemain lama di dunia teater. Aktingnya juga menjanjikan memerankan Song Hwa. Terbukti, dia mendapat beberapa pengharaan sebagai aktris pendatang baru terbaik. ❤


Drama ini tidak sekadar menghadirkan persahabatan di lingkungan rumah sakit, ketegangan saat operasi, atau hubungan hangat antara dokter dan pasien, tapi juga komedi yang ditawarkan menarik perhatian penonton. Kehidupan antara pasien dan dokter-dokternya. Lebih menarik karena mereka juga anak band sejak masih kuliah. Setiap akhir pekan mereka menyempatkan untuk latihan bersama. Drama ini memiliki romansa yang sayang untuk dilewatkan.  Dua kapal berlayar Kim Jun-Wan & Lee Ik-Soon dan Jang Gyeo-Wool & Ahn Jeong-Won. Hospital Playlist ini akan ada season ke-2 yang diperkirakan tayang awal tahun 2021. 


4WHEN MY LOVE BLOOMS

Pemeran: Yoo Ji-Tae, Lee Bo-Young, Jin Young, Jeon So-Nee
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: TvN
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2020

Bagaimana rasanya ketika bertemu kembali dengan cinta pertama di usia 40 tahun-an? Dan ternyata masih menyimpan perasaan yang sama. When My Love Blooms bisa menjadi salah satu drama korea terbaru yang bisa ditonton, bagi yang menyukai drama dengan genre romantis dan melodrama.  Drama ini diperankan oleh Yoo Ji Tae dan Lee Bo Young sebagai pemeran utama. When My Love Blooms akan banyak menampilkan flashback kisah mereka berdua. Pemeran utama saat berusia 20 tahun diperankan oleh Jin Young dan Jeon So-Nee.


Han Jae-Hyun (Yoo Ji-Tae) adalah pria berusia 40-an. Ia tampan, ambisius, dan pengusaha sukses. Dia mengejar kekayaan dan kehormatan. Ketika dia mahasiswa (Jin Young) di usia 20-an, dia adalah aktivis mahasiswa yang juga berpengaruh. Cinta pertamanya adalah Yoon Ji Soo (Jeon So Nee). Dua puluh tahun berlalu, Jae Hyun bertemu kembali dengan Ji Soo dewasa (Lee Bo Young). Ji Soo, adalah seorang ibu dan juga seorang pekerja kontrak. Hidup Ji Soo sekarang tidaklah mudah, ia melewatkan berbagai kesulitan setelah bercerai. Pertemuannya kembali dengan Jae Hyun membuat Ji Soo memiliki momen-momen terindah untuk yang kedua kalinya. Apakah perasaan yang sama tetap ada? 

Kalau yang tidak terlalu suka dengan genre melodrama dan flashback mungkin akan terasa bosan. Tapi saya termasuk yang suka genre melodrama dan sudah lama menantikan chemistry antara Ji Tae dan Bo Young. Jin Young dan So Nee juga menampilkan akting yang bagus saat berperan di usia 20-an. Beda dengan kisah cinta usia 20-30an, chemistry yang dibangun Ji Tae dan Bo Young sangatlah romantis, jadi buat baper. 😍 Seromantis itu mereka. Jadi yang penasaran silakan menonton ya..


5. Dinner Mate

Shall We Eat Dinner Together? 
PemeranSong Seung-Heon, Seo Ji-Hye, Lee Ji-Hoon, Son Na-Eun
Episode: 32
Genre:  Drama, Romance
Network: MBC
Tayang: iQIYI
Tahun: 2020

Dinner Mate drama yang masih hangat dibicarakan karena baru saya berakhir minggu lalu. Jaid drama ini diadaptasi dari webtoon "Jeonyeok Kati Deusilraeyo?" karya Park Shi In. Jadi drama ini juga sangat dinanti saat Song Seung Heon menerima tawaran drama ini. Dia sudah lama tidak bermain genre drama romantis komedi. Nah, apalagi ada Seo Ji Hye yang juga menjadi pemeran utama. Karakter dia di drama Crash Landing on You masih melekat dibenak pemirsa. Jadi penasaran bagaimana dia bermain di drama romantis komedi ini. 


Dinner Mate dari judulnya saja sudah ketebak ya, teman makan malam. Kim Hae-kyung (Song Seung-heon) dan Woo Do-hee (Seo Ji-hye) tidak saling mengenal. Suatu hari, keduanya bertemu di maskapa penerbangan menuju Pulau Jeju. Do-hee datang untuk menemui kekasihnya di Pulau Jeju. Namun, ternyata sang kekasih memiliki kekasih yang lain. Do-hee patah hati. Sementara itu, Hae-kyung seorang Psikiater yang menemui pasiennya di sana. Dokter Hae-Kyung melihat kejadian yang dialami Do-Hee dan mencoba menemaninya selama di Jeju. Mereka akhirnya sepakat untuk makan malam bersama. Uniknya, mereka tak disaling mengenal nama selama beberapa kali makan malam bersama. Jadi, akhirnya mereka saling mengetahui nama di situasi yang mengejutkan. Ceritanya bertambah seru saat kehadiran dan konflik dengan para mantan/cinta pertama mereka yang nyebelin.


Duh, saya takjub melihat kemesraan dan romansa cinta antara Hae-Kyung dan Do-Hee. Ternyata karakter Seo Ji Hye berbeda banget dari penampilannya, mampu memerankan Do-Hee yang ceria dan lucu. Song Seung-heon jangan ditanya, saya sudah ngefans sejak main drama di Autumn in My Heart tahun 2000an, tampannya tidak bisa dikompromi. hahhaa Chemistry yang dibangun oleh Song Seung-heon dan Seo Ji Hye juga sangat uwowo alias bucin. Jadi, setelah drama ini ternyata banyak juga yang nge-ship mereka berdua nih semoga bisa berlayar di dunia nyata ya. Udah cocok banget lho.❤Nah, buat yang suka drama romcom, ringan, menghibur, dan menggemaskan, nonton deh Dinner Mate. Jadi pengen punya Dinner Mate kayak Song Seung Heon hahahahha


6. Find Me in Your Your Memory

Pemeran: Kim Dong-Wook, Moon Ka-Young
Episode: 32
Genre:  Drama, Romance
Network: MBC
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2020

"Find Me in Your Your Memory" menggambarkan kisah cinta antara Lee Jung-Hoon (Kim Dong-Wook) dan Yeo Ha-Jin (Mun Ka-Young). Lee Jung-Hoon memiliki seorang pria dengan hyperthymesia, suatu kondisi memiliki daya ingat super, bahkan dapat mengingat secara detail semua pengalaman hidup yang sudah pernah dilalui. Jeong Hoon adalah pembawa acara berita yang populer. Karena hiperimesia, ia mengingat setiap hal yang terjadi dalam 365 hari setahun sejak masa kecilnya. Dia tidak bisa melupakan ingatan wanita yang dicintainya, Seo Yeon, yang menghilang 8 tahun yang lalu. 

Yeo Ha-Jin, artis yang sedang naik daun yang menarik perhatian semua orang, Ha Jin, muncul di depan Jeong Hoon pada saat itu. Namun, dia memiliki rahasia bahwa ingatannya memudar karena suatu kecelakaan. Dua orang dengan bekas luka yang sama secara takdir berpapasan satu hari. Akankah mereka dapat mengatasi kesulitan mereka, saling memahami, dan jatuh cinta pada akhirnya?


Drama ini tidak hanya menampilkan genre romantis tapi juga membuat penonton sedikit berpikir tentang masa lalu keduanya. Bagaimana ya rasanya merasa bersalah atas kejadian di masa lalu yang menimpa orang dicintai? Find Me in Your Your Memory walau tidak mendapatkan rating yang cukup baik tapi mendapat pusat perhatian penggemar drama korea. Chemistry antara keduanya terjalin baik dan membuat romansa yang tak canggung. Saya pun dibuat bucin karena keduanya. Walau terpaut usia yang cukup jauh ternyata mereka berhasil membuat rindu para penggemarnya. Chukae Anchornim dan Ha Jin❤ Mereka juga mendapat penghargaan Pasangan Terbaik pilihan penonton di MBC Drama Awards 2020 (30/12).

7. Oh My Baby (2020)

Pemeran: Jang Na-Ra, Go Joon, Park Byung-Eun, Jung Gun-Joo
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: TvN
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2020

Oh My Baby baru saja berakhir dengan rating yang di bawah rata-rata (2%) dibanding dengan drama Jang Na-Ra yang lain. Saya berpikir bahwa pasangan dalam drama juga bisa memengaruhi rating tv tersebut. Tapi, menurut saya ini drama bagus banget. :)

Jang Ha-Ri (Jang Na-Ra) adalah seorang wanita lajang dan berusia 39 tahun. Dia bekerja sebagai wakil manajer di perusahaan majalah parenting "The Baby." Dia memiliki penampilan yang cantik, tetapi dia belum berkencan dalam 10 tahun terakhir. Ini karena Jang Ha-Ri adalah pecandu kerja. Dia sudah menyerah menemukan cinta atau menikah, tetapi dia masih ingin punya bayi. Jang Ha-Ri segera terlibat dengan 3 pria; Han Yi-Sang (Go Joon); Yoon Jae-Young (Park Byung-Eun); Choi Kang Eu Ddeum (Jung Gun-Joo). [1]


Jang Ha-Ri harus menghadapi permasalahan antara memiliki bayi atau mencintai laki-laki yang juga mencintai dirinya. Sebelumnya, ia hanya berpikir memiliki bayi tanpa harus menikah karena penyakit yang dia derita. Kesempatannya hanya beberapa bulan. Kenyataan berubah ketika bertemu Yi Sang yang mencintainya dan ia cintai juga memiliki permasalahan yang sama dengannya karena subfertil. Tahu kan rasanya, bagaimana? Sayapun ikut terhanyut seolah-olah menjadi Jang Ha-Ri. Dilema dalam kehidupan. Drama ini juga mengahadapi permasalahan sosial karena ia berani memutuskan untuk memiliki bayi tanpa menikah atau menjadi surrogate mother.

Tapi suatu hari ia pernah berkata jika harus memilih antara mencintai atau memiliki bayi dia akan memilih mencintai dan dicintai. Karena baginya dicintai juga merupakan keajaiban baginya setelah bertahun-tahun lajang. 💚 Go Joon pada drama ini menujukkan kharismanya sebagai pria cool tapi romantis.  


8. 18 Again

Pemeran: Kim Ha-Neul, Yoon Sang-Hyun, Lee Do-Hyun, Roh Jeong-Eui, Ryeo Un, Han So-Eun
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance, Fantasy, Family
Network: JTBC
Tayang: VIU
Tahun: 2020

Drama 18 again juga merupakan adapatasi dari film 17 again versi Amerika. Drama ini bercerita tentang Jung Da-Jung (Kim Ha-Neul) yang sudah lama menikah dengan Hong Dae-Young (Yoon Sang-Hyun) yang berusia 37 tahun. Mereka memiliki putra dan putri berusia 18 tahun. Jung Da-Jung bekerja keras sebagai penyiar televisi. Dia merasa lelah dengan suaminya dan tidak sanggup menghadapinya lagi. Hong Dae-Young dipecat dari pekerjaannya dan dia dipandang rendah oleh keluarganya. Jung Da-Jung akhirnya menuntut cerai.

Sementara itu, Hong Dae-Young memandang dirinya sebagai pria paruh baya yang pengangguran. Dia menyesali hidupnya. Dia berpikir suatu saat ingin kembali ke masa lalu. Lalu tiba-tiba, dia kembali berusia 18 tahun, sedangkan pikirannya masih seperti dirinya di usia 37 tahun. Kembali ke masa remajanya, Hong Dae-Young (Lee Do-Hyun) adalah pemain bola basket yang sangat baik dan juga populer. Sekarang, dengan tubuhnya yang berusia 18 tahun, dia mengubah namanya menjadi Ko Woo-Young dan mulai menjalani kehidupan baru. [1]



Saat kembali berusia 18 tahun Hong Dae-Young menikmati masa-masa mudanya dulu. Dia berusaha mengubah takdirnya dan menjadi teman yang baik untuk anak-anaknya. Dia merasa belum menjadi Ayah yang baik untuk anak kembarnya. Namun, dia sendiri tidak lantas merasa senang ada perasaan bersalah juga. Pascabercerai dengan Hong Dae-Young, Jung Da-Jung merasa suaminya meninggalkan dia begitu saja berserta anak-anaknya. Ia tidak tahu apa yang terjadi dengan Dae Young. Da Jung pun mulai kehidupan baru dengan bertemu Ye Ji-Hoon (Wi Ha-Joon). Singkat cerita, Da Jung merasa bahwa seharusnya pernikahan mereka bisa dipertahankan bahwa ada hal-hal yang sebenarnya mereka tidak tahu dan tidak terbuka.

Banyak adegan-adegan yang juga membuat air mata mengalir dengan sendirinya. Jadi, siapkan tisu ya.. Drama 18 again juga mengajarkan kita banyak hal tentang pernikahan dan kehidupan.

Bagaimana kehidupan mereka selanjutnya? ❤


9. Hi Bye Mama (2020)

Pemeran: Kim Tae-Hee, Lee Kyu-Hyung, Go Bo-Gyeol, Seo Woo-Jin
Episode: 16
Genre: Drama, Family
Network: TvN, Netflix
Tahun: 2020

Setelah lama tidak  bermain drama sejak 5 tahun lalu, Kim Tae-Hee istri dari Rain ini akhirnya muncul dengan drama yang menarik.  Cha Yu-Ri (Kim Tae-Hee) meninggal saat hamil 5 tahun lalu. Dia meninggalkan suaminya Jo Kang-Hwa dan anak mereka. Tapi ternyata ia tetap hadir dan menjadi arwah selama 5 tahun itu. Dia merasa bersalah terhadap keluarganya karena mendadak harus pergi. Lalu ia mendapatkan kesempatan berinkarnasi selama 49 hari. Jo Seo-woo sang anak ternyata selama ini selalu melihat arwah ibunya disekitarnya.


Sementara itu, Jo Kang-Hwa (Lee Kyu-Hyung) bekerja sebagai dokter ahli bedah. Memiliki trauma masuk ke ruang operasi karena tidak berhasil menyelamatkan istrinya. Dia kemudian menikah lagi dengan Oh Min-jung. Setelah 5 tahun, istrinya Cha Yu-Ri muncul kembali di depannya.

Drama ini layak ditonton bersama keluarga. Bagaimana kehangatan keluarga Cha Yu Ri dan persahabatan Cha Yu Ri bersama Go Hyun-jung. Dan, bagaimana perasaan Cha Yu Ri ketika Jo Seo-woo sendiri mengira bahwa Oh Min Jung adalah ibu kandungnya bukan dirinya. 


10. Into The Ring

Pemeran: Nana, Park Sung-Hoon, Yoo Da-In, Han Joon-Woo
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance, Comedy, Politik
Network: KBS2
Tayang: Viu
Tahun: 2020

Go Se-Ra (Nana) berasal dari latar belakang yang buruk, tapi dia masih bisa memiliki kepribadian yang cerah. Dia menghidupi dirinya sendiri dengan mengambil pekerjaan paruh waktu. Koo Se-Ra terkenal di kantor lingkungan lokalnya karena terus-menerus merekam keluhan masyarakat.

Seo Kong-Myung (Park Sung-Hoon) bekerja sebagai petugas publik kelas lima. Dia berpegang teguh pada prinsipnya apa pun yang terjadi dan dia melakukan pekerjaannya dengan baik. Orang lain tidak menyukainya karena kepribadiannya yang tidak ramah. Dia terlibat dengan Go Se-Ra. [2]

Drama #IntoTheRing drama politik tapi dikemas romantic comedy. Drama ini tidak banyak dibicarakan tapi buat kita gemas sama kelakuan Go Sera dan Gong Myung. Duh, mereka tuh best couple. ❤❤Mbak Nana pas akting romcom bagus juga. 😍

Trus, visual atau angle dari setiap potrer dramanya juga bagus, artistik. Pada acara KBS Drama Awards 2020 Nana dan Park Sung Hoon berhasil membawa piala sebagai pasangan terbaik, aktris, dan aktor terbaik. Chukkae 👏


11. Soul Mechanic

Judul lain: Fix You
Pemeran: Shin Ha-Kyun, Jung So-Min
Episode: 32
Genre:  Drama, Medical Drama
Network: KBS2
Tayang: Viu
Tahun: 2020

Soul Mechanic adalah sebuah drama yang membahas makna kebahagiaan dan menceritakan tentang kisah para psikiater dan pasien mereka. Drama ini menggambarkan bagaimana psikiater mencoba menyembuhkan orang dari luka emosional mereka. Lee Shi-Joon (Shin Ha-Kyun) adalah seorang psikiater di rumah sakit ternama. Dia selalu bersemangat tentang pekerjaannya dan membantu pasiennya. Dia selalu punya metode lain dalam mengobati pasiennya.

Han Woo Joo (Jung So Min), seorang aktris musikal yang sedang naik daun. Namun, Woo Joo tidak bisa mengendalikan amarahnya..[3Emosi Woo Joo bisa sewaktu-waktu meledak-ledak. Akibatnya, kariernya pun dipertaruhkan. Woo Joo adalah sosok yang jujur dan memiliki integritas yang baik. Ia sangat mencintai pekerjaannya sebagai seorang aktris musikal. Luka masa lalu juga bisa menjadi masalah seseorang dalam mengendalikan emosi.

Soul Mechanic menceritakan tentang kesehatan mental, di mana seorang psikiater yang percaya pada penyembuhan atau healing, dibandingkan sekedar mengobati. Drama ini bertujuan untuk menjelaskan masalah kesehatan mental yang umum terjadi, seperti kecemasan, depresi, gangguan panik, trauma, skizofrenia, alkoholisme, dan banyak lagi, tanpa penilaian yang negatif. [4]

Drama ini walau berjalan dengan alur yang cukup lambat namun dapat dinikmati sembari sedikit berpikir apakah kita juga menderita hal yang sama ketika dilanda kecemasan dan amarah? Apakah kita sudah cukup baik atau belum ya dalam mengontrol emosi.


12. Start-up

Pemeran: Bae Suzy, Nam Joo-Hyuk, Kim Sun-Ho, Kang Han-Na
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: TvN
Tayang: Netflix
Tahun: 2020

Ceritanya tentang seputar IT dan bisnisnya. Bagaimana prospek perkembangan teknologi di era sekarang. Start up tidak hanya bicara soal dunia IT tapi bagaimana kita belajar berbisnis mulai dari nol. Apa saja kebutuhan dan kemampuan saat membangun perusahaan rintisan.

Drama ini dibumbui dengan cerita cinta para pemain utama. Iya tidak seru kalau tidak ada kisah cintanya ya kan. 😆 Apalagi kalau ada sindrom second lead. Walau kita akan tahu endingnya akan sama siapa. 

Dari sini kita belajar bahwa kalau mau sukses ya harus mau berjuang dari nol. Belajar bahwa sekeras apapun kita berjuang dalam cinta kalau tidak jodoh ya tidak bisa dipaksa. Belajar ikhlas dan mengesampingkan keegoisan diri. Seburuk apapun kita, keluarga adalah tempatmu kembali dan menerimamu dengan tulus.

Adegan yang selalu bikin nangis itu. saat interaksi antara Ji pyeong dan Neneknya Dalmi. Sebentar tapi menusuk kalbu. No debat.

Walaupun tidak banyak mengekspos soal ITnya tapi lebih bagaimana berbisnis, drama ini berhasil buat emosi penonton naik turun. Lalu, dikasih kesempatan untuk berada di tim yang mana. 😄 Sayang, peran In Jae nya di sinj kurang banyak jadi kayak bukan 2nd lead hahhaa Padahal karakternya juga cukup kuat. 
Terima kasih tim #StartUp. Semua bahagia menurut versinya masing-masing ☺


13. Stranger 2

Pemeran: Cho Seung-Woo, Bae Doo-Na, Lee Joon-Hyuk, Jeon Hye-Jin, Choi Moo-Sung, Yoon Se-Ah
Episode: 16
Genre:  Drama, Action
Network: TvN
Tayang: Netflix
Tahun: 2020

Stranger 2 masih kelanjutan dari yang pertama. Jadi, kalau mau nonton drama ini harus memenyelesaikan yang pertamaya. Stranger 2 kali ini mengungkap misteri kasus dari pihak Kejaksaan. Kejaksaan dan polisi berada di pihak yang berlawanan. Jaksa penuntut, termasuk jaksa penuntut elit Woo Tae-Ha (Choi Moo-Sung), menginginkan kekuasaan diskresioner atas penyelidikan. Sementara itu, polisi, termasuk Choi Bit (Jeon Hye-Ji), mencoba mendapatkan kewenangan investigasi lengkap yang tidak bergantung pada kantor kejaksaan.

Di bawah situasi tegang ini, Jaksa Hwang Si-Mok (Cho Seung-Woo) dan Detektif Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) tetap berusaha bekerja sama dan mengejar kebenaran dalam kasus tersembunyi. [5] Chemistry antara Bae Donna dan Seung Woo di sini juga sangat bagus walau seperti biasa tidak ada kisah cintanya. 😀 Padahal udah terlihat tanda-tanda naskir tuh. haha




14. Mr. Queen

Pemeran: Shin Hye-Sun, Kim Jung-Hyun
Episode: 16 (Masih Tayang)
Genre:  Drama, Romance, Sejarah, Fantasy
Network: TvN
Tayang: Viu
Tahun: 2020

Mr. Queen menjadi salah satu drama Korea yang menarik perhatian penonton beberapa minggu terakhir ini. Mr. Queen berhasil mendapatkan rating dua digit, lebih dari 12% dalam terakhir penanyangannya. Drama ini menceritakan bagaimana jiwa seorang laki-laki di zaman modern yang tiba-tiba masuk ke dalam tubuh seorang putri petinggi dinasti Joseon.

Jang Bong-Hwan (Choi Jin-hyuk) bekerja sebagai koki Kepresidenan Korea. Dia terkenal playboy dan sombong. Suatu ketika jiwanya masuk ke tubuh Ratu Kim So-Yong (Shin Hye-Sun) pada periode Joseon.

Raja Cheoljong (Kim Jung-Hyun) memiliki rahasia. Dia tampak seperti boneka, yang lembut dan santai. Faktanya, dia menyembunyikan kekuatanya dan cukup misterius. Ratu Sunwon (Bae Jong-Ok) adalah istri Raja Sunjo. Dia memegang kekuatan sejati di negara dan memanfaatkan Raja Cheoljong hanya sebagai bonekanya. Kim Jwa-Geun (Kim Tae-Woo) adalah adik dari Ratu Sunwon. Dia juga sangat ambisius. [6]

Walau sempat terjadi kontroversi dengan jalan ceritanya karena merasa tidak sesuai dengan zaman itu, namun Mr Queen tetap dicintai penggemarnya karena sangat menghibur. Kombinasi genre fantasi, kerajaan, dan romantis komedi juga pas. Akting Shin Hye Sun juga patut diacungi jempol karena sangat bagus. Kim Jung-Hyun juga menjadi sosok yang berbeda setelah bermain di drama Crash Landing on You tahun lalu. Drama Korea Mr. Queen tayang setiap Sabtu dan Minggu di tvN dan Viu. Ayo siapa penumpang kapal ini? 😁



15. Birthcare Center

Pemeran: Uhm Ji-Won, Park Ha-Sun, Choi Ri
Episode: 8
Genre:  Drama, Family
Network: TvN
Tayang: Viu
Tahun: 2020

Birthcare Center drama yang related dengan keseharian wanita karena dapat menggambarkan suka-duka seorang ibu setelah melahirkan dan bagaimana mereka berusaha berteman dengan ibu-ibu lainnya. Oh Hyun-Jin (Uhm Ji-Won) adalah eksekutif termuda di perusahaannya. Dia melahirkan bayi dan tinggal di pusat perawatan pascakelahiran. Dia adalah wanita yang tertua di pusat ibu dan bayi. Saat tinggal di sana, dia bertemu wanita lain, termasuk Jo Eun-Jung (Park Ha-Sun), dan mereka tumbuh bersama, berjuang untuk bayi mereka.

Birthcare Center juga menampilkan kasta di kalangan ibu-ibu yang menjadikan drama ini menjadi lebih menarik. Drama Birthcare Center sangat cocok ditonton oleh wanita karena tentang kehidupan para ibu baru. Menurut saya, para pria juga harus menonton ini supaya lebih memahami karakter para wanita yang baru melahirkan. Drama ini hanya memiliki delapan episode saja. Menariknya, drama ini ditulis dan disutradarai oleh seorang wanita. Jadi, terasa dong hebohnya drama ini. hehe 


Sekian beberapa drama korea yang mungkin menarik buat kalian tonton menemani liburan awal tahun selama masa pandemi ini. Mudah-mudahan bisa bersambung di edisi kedua ya. 

Gamsahamnida. 
Sampai Jumpa! 다음에 또 뵙겠습니다 ❤

*sumber gambar: Hancinema

  • Share:

You Might Also Like

4 coment�rios

  1. 365 RTY bikin kesel karena gak ada percintaannya sedikit pun 😭😭😭
    Padahal chemistry si pak polisi dan bu penulis udah top banget apalagi pas akhir2 sampe nangis liat perjuangan mereka berdua buat mempertahanin satu sama lain agar tetep hidup....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sayang banget ya 😭 saya juga menunggu, eh adanya di akhir tapi itu juga miris. huhuhu bener keren banget mereka, hebat lagi cara pikir mencari pembunuhnya. 🌟👏🤜🤛 semoga mereka ketemu di drama yg lain yg lebih romantis. 💕🤩 apalagi ini Nam Ji Hyun kayaknya suka main yg bikin bucin haha

      Hapus
  2. Makasih kak rekomendasi film korea nya, nonton film memang sangat cocok buat liburan apa lagi liburan sekarang gak bebas jdi ya simplenya di rumah aja sambil nonton film

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas. Ini drama ya. hehe film coming soon. 😊 iya mengisi kekosongan waktu biar gak bosen, boleh juga menonton film atau drama genre favoritnya

      Hapus

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)

Adv

Hosting Unlimited Indonesia