Belajar Tentang Kehidupan dan Cinta dari Drama Korea Once Again || Review DraKor

By Deph - September 20, 2020

Hai. Kali ini saya akan bahas tentang drama korea bergenre keluarga 'Once Again(I Have Been There Once (literal title) RR: Han Bun Danyeowasseubmida; Hangul: 한 번 다녀왔습니다). Ini pertama kalinya saya menonton drama korea yang berdurasi panjang. Awalnya ragu untuk menonton ini karena episodenya yang banyak tapi ternyata dari awal episode sudah membuat saya jatuh cinta. Saya menonton ini karena ada aktris favorit saya Lee Min-Jung 💚

Drama Korea 'Once Again' ini berhasil meraih rating tinggi di setiap episode. Perolehan rating tertinggi hingga akhir penanyangannya lebih dari 30%. Drama ini tidak begitu banyak dibicarakan di Indonesia mungkin karena jumlah episodenya yang banyak, yaitu 100 episode. Once Again tayang setiap Sabtu dan Minggu, mulai 28 Maret-13 September 2020, pukul 19.55 KST atau jam 21.55 WIB. Drama keluarga saluran TV KBS2 memang menjadi langganan drama keluarga favorit karena tayang di akhir pekan. Ceritanya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari juga menjadi daya tarik drama ini untuk ditonton setiap episodenya. 

Once Again bertabur para aktor dan aktris yang berbakat dan terkenal seperti, Lee Min-Jung, Lee Sang-Yeob, Cheon Ho-Jin, Cha Hwa-Yeon, Oh Yoon-Ah, Oh Dae-Hwan, dan Lee Cho-Hee. 



SINOPSIS ONCE AGAIN

Song Young-Dal (Cheon Ho-Jin) dan Jang Ok-Boon (Cha Hwa-Yeon) telah menikah selama puluhan tahun dan mereka memiliki 4 anak: Song Joon-Sun (Oh Dae-Hwan), Song Ga-Hee (Oh Yoon- Ah), Song Na-Hee (Lee Min-Jung) dan Song Da-Hee (Lee Cho-Hee).

Anak pertama Joon-Sun (Oh Dae-Hwan) dan anak kedua Ga-Hee (Oh Yoon-Ah) keduanya memutuskan bercerai dan akhirnya memilih tinggal bersama orang tua mereka. Anak bungsu Da-Hee berkerja sebagai pegawai magang di sebuah perusahaan dan memutuskan untuk membatalkan pernikahan karena sang pacar memanfaatkannya dan merendahkannya. Anak ketiganya, Na-Hee adalah seorang dokter dan dia bekerja dengan suaminya Gyu-Jin (Lee Sang-Yeob) di rumah sakit yang sama. Tapi kehidupan pernikahan merekapun tidak berjalan baik. Na Hee harus kembali ke rumah orangtuanya pascabercerai dari Gyu Jin.

Bagaimana ya perasaan orangtuanya ketika melihat keempat anaknya bercerai dan tinggal lagi bersama mereka setelah dewasa? Setiap episodenya menjadi semakin menarik karena dibanjiri dengan konflik keluarga Song, ditambah juga romansa yang buat kita gregetan dan ikut senyum-senyum sendiri. 


KARAKTER PEMAIN DRAMA ONCE AGAIN

Dalam drama ini penulis skenario dan sutradara mampu mengarahkan setiap karakter tiap-tiap pemain sehingga tampak natural dan memukai penonton dengan chemistry antarpemain utama bahkan pemain pendukung. Saya akan bahas sedikit karakter pemeran utama dalam drama ini supaya lebih menarik untuk menontonnya.

Song Young-Dal karakter yang sangat kebapakan. Seperti Ayah pada umumnya Bapak Song mampu menjadi sosok Ayah yang hangat sehingga disegani dan dikagumi oleh anak-anaknya. Dia juga pandai mengelola keluarganya walaupun kondisi keluarganya sedang terpuruk. Ayah yang sangat baik dan penyayang, Family Man!  Dia dan istrinya membuka kedai ayam goreng di pasar tempat tinggalnya dan menjadi Ketua Asosiasi Pedagang Pasar.

Jang Ok Boon mampu mendampingi karakter Bapak Song yang hangat. Ok Boon juga menggambarkan sosok Ibu kita sehari-hari. Ibu yang humoris, senang memasak, cerewet, dan sensitif. Terkadang kasih sayang tidak hanya sering diucapkan tapi dengan tindakan para orangtua. Walaupun sering berantem dengan Bapak Song dan anak-anaknya, Ok Boon adalah pribadi yang sangat penyayang dan baik. Dia selalu berharap bahwa kehidupan keempat berjalan baik.


Song Joon Sun adalah seorang kakak laki-laki tertua dari tiga orang adik perempuan. Dengan usianya menginjak kepala 4 seharusnya ia mampan dalam pekerjaan maupun keluarga. Dia memiliki seorang istri lalu bercerai dan memiliki 2 orang putri. Pekerjaan sebagai pemeran pengganti atau stuntman menjadi masalah bagi rumah tangga Joon Sun karena merupakan hal yang tidak menjanjikan dan juga membahayakan. Sementara, mantan istrinya Sung Hyun Kyung (Im Jung Eun) bekerja sebagai guru demi menambah kebutuhan anak-anaknya. Tapi Joon Sun masih tetap menafkahi anak-anaknya walau dalam kondisi terbatas. Selain sebagai suami, ia juga kakak yang baik dan bertanggung jawab untuk adik-adiknya walau tidak terlihat secara nyata.

Song Ga Hee anak ke-2 dari keluarga Song, mantan Pramugari yang bercerai dengan suaminya yang juga Pilot karena berselingkuh. Ga Hee memiliki seorang putra tampan berusia sekitar 11 tahun yang pascabercerai tinggal bersamanya. Tinggal bersama orangtuanya tidaklah keputusan mudah, mengingat dia juga harus menghidup putranya. Memiliki paras yang cantik, ia kemudian melamar sebagai pramuniaga di toko busana walau turun "derajat" tapi dia harus bangkit. Lalu ia bekeinginan membuka usahanya sendiri di bidang fashion.

Song Ha Nee seorang dokter anak yang cantik dan pintar. Di antara semua saudaranya, Na Hee anak yang paling stabil dalam pekerjaanya. Dia menikah dengan rekan sesama dokter anak Yoon Gyu-Jin (Lee Sang-Yeob) dan bekerja di rumah sakit yang sama dengannya. Karakternya yang keras kepala, tegas dan dingin juga membuat warna dalam keluarga Song. Kehidupan rumah tangganya dengan Gyu Jin juga tidak berjalan mulus. Mereka memutuskan untuk bercerai setelah menyerah pada kondisi rumah tangga yang selalu dipenuhi pertengkaran dan konflik Nahee dengan mertuanya.


Song Da Hee putri bungsu keluarga Song adalah orang yang ceria, bersemangat, dan juga easy going. Da Hee menjadi karyawan magang/kontrak di perusahaan yang sudah bertahun-tahun ia jalani. Ia berusaha untuk segera diterima di perusahaan saat ini sebagai pegawai tetap. Namun, ia selalu gagal. Da Hee memiliki pacar dan kemudian memilih untuk segera menikahinya karena sang Ibu khawatir Cha Young Hoon (Ji Il Joo) akan berubah pikiran. Baru sehari menikah Da Hee memutuskan untuk membatalkan pernikahan dengan Young Hoon karena berselingkuh dan merasa direndahkan. Dia kemudian bertekat untuk memiliki masa depan yang baik.


Keluarga Song 
gambar; twitter.com


Yoon Gyu-Jin menantu kesayangan keluarga Song yang juga mantan suami Na Hee. Dia berkarakter hangat dan menyenangkan berbeda dengan Song Na Hee. Dia memiliki seorang adik yang juga dokter gigi Yoon Jae-Sok (Lee Sang-yi) di rumah sakit yang sama. Gyu Jin walaupun terlihat hangat namun di rumah dia adalah karakter yang cerewet dan juga sensitif. Hal itu yang membuat Na Hee merasa tidak nyaman selama berada di rumah. Ibunya Choi Yoon Jung (Kim Bo Yun) yang juga dingin dan sentimen terhadap Na Hee menjadi konflik yang berkepanjangan di rumah tangga Gyu Jin dan Na Hee.

Keluarga Yoon 
gambar; twitter.com

ULASAN DRAMA ONCE AGAIN

Sutradara Once Again, Lee Jae-sang sudah beberapa kali menyutradarai drama Korea bertema keluarga. Beberapa di antaranya menuai popularitas yang tinggi, seperti drama My Love, My Family (2011) dan My Father is Strange (2017). Penulis skenario, Yang Hee Seung berhasil menuai pujian berkat naskahnya dan mendapat rating yang baik seperti drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo dan Familiar Wife.

Drama Once Again ini lebih membahas tentang kisah kehidupan keluarga Song dan keempat anaknya, Once Again banyak menceritakan tentang pernikahan dan perceraian dari masing-masing karakter, baik dari sudut pandangan seorang anak, orangtua, atau bahkan pasangan. Drama keluarga yang sederhana dan menyenangkan memiliki banyak peminat karena lebih dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Pada episode awal kita akan mendengar prolog dari Ok Boon tentang pandangan orang terhadap orangtua yang memiliki banyak anak pada masa sekarang. Jawabannya? akan ada di akhir episode. 😁

Tak hanya soal tema keluarga saja, drama ini tidak membosankan dan lebih fresh karena dipenuhi oleh berbagai peran/karakter pemain pendukung yang juga solid dan berkarakter. Setiap pemain mampu menjiwai karakternya dengan sangat baik. Chemistry antarpemain juga sangat bagus hingga membuat penonton merasa ikut tinggal bersama keluarga Song. Begitupun saya 😍 Setiap karakter para pemain juga terus tumbuh dan berkembang setiap episodenya. Itu yang membuat drama ini menjadi menarik.



Pada awal penayangannya drama ini ternyata tembus 19% dan terus meningkat hingga 37% di akhir penanyangan, yang artinya semakin ke sini ceritanya semakin bagus dan menarik. Iya, itu terbukti. Setiap pemain mendapat porsinya masing-masing. 

Once Again ini menggambarkan bagaimana sosok Bapak Song Young Dal yang mendampingi anak-anaknya ketika permasalahan menimpa rumah tangga anak-anaknya. Mereka merasa kecewa tapi lambat laun sangat memahami kondisi tersebut. Sebagai orangtua mereka menempatkan diri dan memberikan saran menurut prespektif orangtua. Bahwa menikah itu memang mudah awalnya tapi tidak untuk selanjutnya. Bagaimana pasangan harus saling memahami dan melindungi. Perselisihan pasti akan ada tapi akhirnya harus ada yang saling mengalah dan memafkan.

Bagaimana akhirnya perceraian juga berdampak pada kehidupan orangtua dan anak mereka. Perceraian juga menjadi titik balik seseorang untuk intropeksi diri. Bagaimana mereka melanjutkan hidup setelah berpisah. Terkadang dalam masa sulit, justru kita bahkan lebih mendapatkan banyak cinta dan perhatian dari orang-orang terdekat tanpa disadari. Drama. ini juga mengisyaratkan bahwa orangtua masih punya peranan untuk mereka berdiskusi dalam urusan kehidupan rumah tangga. Masalah keputusannya bagaimana itu kembali lagi pada yang menjalankan pernikahan. 


Song Young Dal dan Jang Ok Boon juga menyalahkan diri mereka sendiri. Mengapa keadaan ini terjadi kepada anak-anaknya. Apakah yang mereka perbuat dulu sehingga seperti ini. Apakah karma atau hanya sebuah takdir?. Emosi berbalut kesedihan juga terlihat pada setiap episode drama ini. Selain kisah tentang keempat anaknya, nyatanya Song Young Dal memiliki masalah yang lebih pelik, puluhan tahun ia berusaha menemukan adik kandungnya yang hilang. 

Tak hanya menghadirkan kesedihan, drama ini juga paket lengkap, ada komedinya dan bertabur kebahagian. Drama ini jadi bertambah segar ketika menampilkan romansa dari setiap pemainnya membuat kita gemas. Hubungan antara mantan suami dan istri yang selalu berantem tapi cemburuan, jaim tapi cinta. Hubungan cinta sesama ipar yang tidak diprediksi tapi sweet banget. Hubungan cinta dengan gap usia wanita yang jauh lebih tua, dan ada juga romansa pasangan yang lagi kasmaran usia 50 tahunan. hahaaha (ini sih yang nambah bumbu-bumbu manis). 

Tidak melulu kisah cinta lawan jenis, drama ini memperlihatkan kisah cinta orangtua dan anak, kakak dan adik, antar keluarga, atau bahkan sesama tetangga. Pelajaran kehidupan di setiap episodenya juga membuat kita menganggukkan kepala sembari bergumam dalam hati.. "aduh iya banget.."





Once Again berhasil mengajak penonton merasakan emosi yang bercampur aduk, seperti naik roller coaster. Ada tangis dan bahagia dalam waktu bersamaan. Banyak pesan yang bisa diambil dari drama ini, mulai dari bagaimana bersikap kepada orangtua dan keluarga, menjalani kehidupan pernikahan, berkomunikasi yang baik, kejujuran, menghadapi omongan para tetangga, berhubungan baik dengan orang, kepercayaan, keterbukaan, intropeksi diri, belajar memahami orang lain, memaafkan, dan banyak lagi.

Pelajaran yang paling melekat untuk saya, "keluarga adalah tempatmu kembali" jadi mau bagaimanapun, sebesar apapun masalah kita, keluarga adalah yang paling setia menerima keadaan dan kekurangan kita. Tanpa sadar dengan adanya masalah justru kita semakin erat dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga yang mungkin sebelumnya tidak bisa kita lakukan.❤️


Oh ya, Once Again memiliki official soundtrack (OST) yang mewakili setiap pemainnya dan enak untuk didengarkan. Lagu versi ballad saya suka "Let's Never Meet Again" (두 번 다시 우리) dan The Day We Broke Up" (우리 이별하는 날) kalau untuk versi beat "Love Is Danger". Eh tapi saya suka semua OST. hehee

Ternyata judulnya "once again" memiliki arti mendalam dari drama ini. Setelah selesai menonton baru deh tahu artinya. Apakah drama Once Again berakhir dengan cerita yang bahagia atau malah meyedihkan? Apakah keluarga Song hidup dengan kebahagiaan? Akankah keempat anaknya menemukan kembali cintanya dan menjalani kehidupannya dengan baik? Walaupun banyak adegan klise setiap episodenya tapi masih bisa dinikmati kok menemani kalian selama work from home. hehe Selamat menonton ya!

Nah, jadi tertarik untuk menonton drama keluarga ini kan. Dijamin tak akan bosan untuk menontonnya. Once Again juga sudah tayang di VIU Indonesia. Semoga Once Again dan para pemainnya bisa mendapatkan banyak penghargaan drama Korea Selatan ya 😍  Saya sih masih belum bisa move on walau sudah ditinggalin satu minggu ini. Masih rindu dengan kehangatan keluarga dari Once Again. 

Jadi buat kalian yang sudah menonton, apa nih adegan favorit kalian? Kalau saya sih yang ada di bawah ini. 💝 Rating untuk drama ini 🌟9.5/10


gambar: twitter.com/#onceagain



Gamsahamnida. 
Sampai Jumpa! 다음에 또 뵙겠습니다 ❤

gambar: instagram/216jung

  • Share:

You Might Also Like

4 coment�rios

  1. Once Again ini termasuk dalam daftar drama yang pengen saya tonton, cuman nunggu tamat dulu baru binge-watching. Awal pengen nonton ini gegara liat trailernya yang ada penampakan Lee Sung-kyung. Drama terpanjang yang pernah saya tonton itu My Father is Strange, sangat worth it soalnya bagus banget ceritanya. Eh gak taunya ini sutradaranya juga sama ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nonton mbak. seru banget jadi betah nontonnya. chemistry semua pemain juga keren... iya sutradaranya sama. saya malah belum nonton itu hehehe

      Hapus
  2. Aaaaa ulasan yg sangat sangat oanjang, memang benar drama ini salah satu bakal yg aku rewatch suatu saat nanti, emang bagus banget, aku juga belom mupom 😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa.... panjang ya ini blum semua hahha...
      akupun masih suka muterin youtubenya :D iya susah mopeon yaaa.

      Hapus

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)

Adv

Hosting Unlimited Indonesia