Selasa, 21 November 2023

, ,

Cari Makan Halal di Singapura? Intip Rekomendasi Restoran dan Cafe Halal di Singapura

Hai Hai ketemu lagi ya ^^ Kali ini saya akan merekomendasi resto atau tempat makan halal di Singapura. Jadi, bagi teman-teman muslim yang akan dan atau lagi di Singapura tidak perlu khawatir untuk makan di negara ini. Ada apa aja? Yuk mari kita bahas.

1. Rumah Makan Hj. Maimunah

Restoran ini buka sekitar tahun 90-an. Makanan di sini 100% halal ya dan sudah dapat sertifikat halal dari pemerintah Singapura. Menu makanan di sini adalah masakan rumahan Melayu Indonesia yang juga masih cocok di lidah orang Indonesia. Ada banyak macam sayuran, ikan, ayam, rendang, bahkan gulai. Resto ini juga menjual beberapa macam jajanan seperti pisang goreng, kue talam ubi, onde onde, bakwan, risoles, dsb. Makanan favorit di resto ini adalah Ayam Bakar Sunda, Ikan Bakar, Rendang, Sambal Goreng, Tahu Telur, serta Sup Buntut. Restoran ini menjual mencapai 40 jenis masakan.

Restoran Hj. Maimunah ini memiliki dua cabang, yakni di Jl. Pisang, Kampong Glam, Singapura dan di Joo Chiat, Bedok, Bencoolen. Untuk cabang di jalan pisang letaknya tidak jauh dari Masjid Sultan jadi setelah salat kita bisa langsung menikmati makanan di restoran ini. Tidak heran banyak turis Indonesia sering berkunjung ke restoran ini saat sedang berjalan-jalan ke Singapura.

Harga makan di sini bervariasi mulai dari 1.8 SGD. Untuk satu porsi nasi rames/campur itu sekitar 5-10  SGD bergantung lauk yang dipilih ya.

Buka:  Selasa-Minggu; 11.00 hingga jam 18.00 waktu Singapura.
Alamat: Jalan Pisang, Kampong Glam, Singapura dan di Joo Chiat, Bedok, Bencoolen


2. Kantin Staf Bandara Changi Singapura

Konon, tempat ini termasuk hidden gem di Bandara Changi dan memang iya. haha Untuk menuju ke kantin bandara kita harus ke Terminal 1 bandara Changi. Untuk yang muslim kalian bisa memilih masakan India atau Melayu ya karena sisanya adalah hidangan non halal. Kami makan di gerai bernama Nasi Penyet. Penjualnya menggunakan hijab dan katanya berasal dari Indonesia. Harga makanan di sini berkisar 1-6 dolar singapura atau sekitar Rp11.000-Rp100.000an saja ya. Harga makanannya juga dibedakan antara karyawan dan umum. Nah untuk alat makan dan tray (nampan) di sana disediakan terpisah antara halal dan yang non halal ya. Jadi pastikan tidak salah menaruh tray. Makanan di sini masih enak untuk lidah indonesia ya. Selain menu tersebut ada juga makanan lain, seperti lontong, soto, atau mie soto, mie rebus, dan banyak lagi.


3. Taliwang Restaurant

Taliwang Restaurant ini berlokasi Jalan Kandahar yang juga tak jauh dari Resto Hj. Maimunah. Seperti namanya resto ini memang menjual berbagai makanan Indonesia lho. Menunya juga lengkap, mulai dari ayam, bebek, ikan, sop, seafood, gado-gado, cah kangkung dan sejenisnya, ada dessert, hingga menjual teh botol sosro! *ini juga penting gak sih. hehe Nah, bagaimana dengan porsinya? Satu porsi ayam bakar taliwang, di sini cukup besar ya bisa untuk 2, 3, atau sampai 4 orang. Harganya pun relatif ya, sekitar 15 SGD tapi untuk standar Singapura sih masih rata rata apalagi dibagi beberapa orang. Kalau nasi tuh masih standar yaitu 0,01 SGD jadi sekitar 9 ribuan lah ya. Untuk menu sayuran, seperti cah kangkung itu seharga 8 SGD ya cukup mahal sih dibanding di Indonesia haha. Untuk minuman, resto ini menjual es teh manis, aneka jus, kopi, dan lainnya. Saran, sebaiknya memilih teh botol ukuran 450 mL aja, walaupun harganya hampir 10 kali lipat yang ada di Indonesia. Kalau di Indonesia bisa dijual dengan harga Rp4.500 atau Rp5.000, di sana dijual dengan harga 3.5 SGD. Namun, minum teh botol di negeri orang berbeda deh. Enak! hehee

Buka: Senin-Minggu; 12.00-22.00
Alamat: 26 Kandahar St, Singapore 198888



4. Singapore Zam Zam

Restoran Singapore Zam Zam didirikan pada tahun 1908 dan merupakan salah satu restoran India-Muslim paling populer di Singapura. Menu favorit di resto ini adalah menu nasi biryani dan murtabaknya. Nasi biryaninya mulai dari rasa ayam, sapi, ikan, kambing, rusa, Murtabaknya atau yang sering kita sebut dengan martabak juga memeiliki banyak varian, seperti rasa ayam, kambing, sapi, dan deer (rusa). Kalau untuk rasa, seperti restoran India pada umumnya ya kaya akan rempah-rempah. Namun, masih bisa dinikmati oleh orang Indonesia. Tidak hanya itu, resto ini juga menyediakan makan lainnya, seperi mie goreng, kwetiaw, nasi goreng, ada juga steak, masala, parata, dan banyak lagi. Jika makan di sini sebaiknya tidak memesan satu orang satu menu karena porsinya besar. Kalau habis gak masalah. hehe. Harga makanan di Zam Zam Singapore berkisar 8 SGD hingga 16-18 SGD ya. Minuman khas di sini adalah teh tarik. Cobain deh, enak. Tak hanya teh tarik, ada juga es teh manis, es limau, kopi, dan banyak lagi.

Buka dari Senin sampai Minggu jam 07.00 hingga 23.00. 
Alamat: 697/699 North Bridge Road, Singapore, 198675. 


sumber gambar: https://www.trip.com/review/singapore-zam-zam-17029810-119774778

5. CAPPAdocia TURKISH & MEDITERRANEAN RESTAURANT

Resto ini juga sempat viral di berbagai media sosial dan situs ulasan makanan. Cappadocia Turkish Restaurant ini berada di Kampong Glam, di Arab Street yang menyajikan hidangan otentik khas Turki, Mediterania, dan Timur Tengah. Dilansir dari website mereka, CAPPADOCIA Turkish Restaurant - atau singkatnya CAPPA, adalah penyedia hidangan Turki & Mediterania terbaik yang disiapkan oleh koki Turki yang paling berpengalaman. Untuk menu bisa cek juga di website ya. Resto ini menyediakan menu makanan daging, seperti ayam, kambing, dan sapi. Ada juga menu khas Turki seperti tebbule, saksuka, cacik. pizza, kebab, nasi mandi, dan banyak lagi. Nah, makanan tradisional Turki seperti Karides güveç bisa lho menjadi alternatif makanan. Karides güveç adalah hidangan udang dalam masakan Turki. Hidangan ini juga mengandung tomat, pasta tomat, bawang putih, bawang merah, cabai, dan jamur. Kalau udah sampai ke restoran Turki jangan lupa minum teh khas turki dengan gelas kecil yang unik, seperti yang kita lihat di film/drama Turki.

Harga menu makanan di sini mulai dari 9 SGD sampai 38 SGD. Makanan di sini juga bisa berbagi ya untuk beberapa orang karena rata-rata menu makanan di Singapura itu porsi besar. untuk tahu ada makanan apa saja di sini silakan cek di website-nya ya. 

Buka dari Senin sampai Minggu jam 11.00 hingga 23.30 
Alamat: Kampong Glam, 69 Bussorah Street, Singapore 199482 Singapore

6. IndoChili - Halal Indonesian Restaurant

Restoran IndoChili menyediakan menu makanan khas Indonesia seperti, sate ayam, sayur asem, nasi goreng, gado-gado, soto ayam, ikan bakar, ayam panggang, nasi timbel, dan lain sebagainya. Menu makanan di resto ini kebanyakan berasal dari daerah Jawa, Padang, dan juga Bali. Dilansir dari situs IndoChilli bahwa resto ini pemenang Food Republic Hawker King Challenge dan salah satu dari sedikit restoran yang mendapat nilai 4,5 dari 5 dari 8 Days Magazine. Resto ini juga menjual minuman khas Indonesia seperti es cendol, es kacang merah hingga es teler. Harga makannya bervariasi mulai dari 4 SGD hingga 68 SGD bergantung makanan yang dipesan ya. 

Buka: 
Senin - Jumat: 11.30 - 21.30 (Pesanan terakhir: 9.00 malam; tutup mulai pukul 15.00 - 17.00)
Sabtu - Minggu: 11.30 - 22.00 (Pesanan terakhir: 21.30). 
Alamat: 54 Zion Road. Singapura 247779 (Di seberang Great World Mall). 


7. Encik Tan

Encik Tan adalah salah satu restoran halal yang menyajikan hidangan khas Tiongkok yang populer dengan bahan-bahan halal dan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh MUIS, dengan tetap mempertahankan cita rasa asli. Encik Tan menjual makanan seperti Mie Bakso Ikan, Laksa dan Nasi Ayam, Nasi Kari Hainan, Wanton Noodles, Laksa, Ban Mian, dan Claypot Rice, Fishball Noodles, masih banyak lagi. Resto ini memiliki banyak cabang di Singapura ada di Changi Airport Terminal 3, VivoCity, 313@Somerset, Junction 10, dan banyak lagi. 

Buka: Setiap hari mulai dari jam 9.00 hingga 22.00 bergantung lokasi ya.



8. Pondok Makan Indonesia

Pondok Makan Indonesia ini berlokasi di Lokasi Pondok Makan Indonesia Stall , #01123 Albert Centre Food Centre, Singapore. 270 Queen St, Singapore. Resto ini menjual aneka makanan khas Indoneisa seperti dari gado-gado, soto, mee rebus, hingga sate. Katanya menu favorit di sini adalah Yang paling mee rebus-nya. Wajib dicoba ya kalau mampir ke sini. Harganya mulai dari 3 SGD ya. 

Buka setiap hari dari jam 07.00 hingga 20.00
Alamat: 01123 Albert Centre Food Centre, Singapore. 270 Queen St, Singapore


9. McDonald's Bugis Junction

McDonald's Bugis Junction adalah salah satu restoran fast food yang telah mendapat sertifikat halal dari pemerintah Singapura. Jangan heran ketika kita berada di sini akan ramai orang. Untuk memesan menu makanan di sini sudah menggunakan mesin pesan otomatis ya. Tak perlu antre panjang di kasir. Kasir hanya melayani yang tunai saja tapi sudah dipesan hanya tinggal bayar. Selanjutnya, kita hanya perlu antre untuk menunggu hingga makanan selesai disajikan. McDonald's di Singapura ini tidak menyediakan menu nasi atau paket nasi ya. Hanya ada kentang sebagai pengganti nasi. Hanya ada paket ayam atau burger saja. 

Buka setiap hari dari jam 07.00-23.00 waktu Singapura.
Alamat: Bugis Junction; 200 Victoria Street #01-66 Bugis Junction, Singapore

10. The Bravery

The Bravery adalah salah satu cafe halal di daerah China Town Singapura. Menu makanan sarapan hingga makan malam yang disajikan seperti cafe pada umumnya, ada steak, toast, burger, teriyaki beef rice, pasta, aneka kue dan pastri, dan juga berbagai minuman seperti teh, kopi, bahkan ada Kopi Bandung,  matcha, jus, coklat, dan lainnya. Bahan-bahan The Bravery dipilih dengan cermat, dengan rempah-rempah yang dipetik langsung setiap hari dari kebun The Bravery. Cafe ini cocok untuk sekadar foto-foto estetik atau instagramable dan juga cukup nyaman untuk sekedar melepas penat sehabis berjalan mengelilingi Singapura.

Buka: Minggu hingga Kamis 09:00-18:00 (Pesanan terakhir pukul 17:00) 
Jumat & Sabtu 9.00 -21.30 malam (Pesanan Terakhir 8:45 malam)
Alamat: di 50 Amoy St, Singapore 069876. 

11. The Great Mischief

Berlokasi di National Gallery Singapore, The Great Mischief merupakan tempat untuk bersantai dan menikmati hidangan lezat setelah seharian menikmati karya seni. Ini adalah kafe halal pertama yang memadukan modernisme dan warisan budaya. Dari interior pastel yang indah, dengan meja marmer, tanaman, sofa yang nyaman, dan banyak cahaya alami. menambah pengalaman bersantap ala Spanyol. [1]

Hidangan favorit The Great Mischief di antara para pengunjung yaitu Pescado Sando ($23++) mereka menyajikan ikan kakap dengan saus tartar, serta paprika manis dan pedas yang diselipkan di antara roti brioche. Menu andalan lainnya termasuk tapas seperti Pear In A Blanket, krep manis dengan buah pir yang tersembunyi di dalamnya, serta Patatas Brava, kroket, makanan utama seperti paella yang berbeda, Gurita Panggang. Tersedia menu makanan ringan lainnya seperti churros, cheesecake, dan sebagainya yang menarik untuk dicoba. Menu di The Great Mischief sekitar 7 SGD hinga 30 SGD. 

Buka setiap hari dari jam 10.00-21.30. 
Alamat: 1 Saint Andrew’s Road, #01-17, National Gallery Singapore, Singapore 178957.


12. The Fabulous Baker Boy

The Fabulous Baker Boy memiliki konsep restoran roti dan dapat menemukan makanan yang dipanggang secara artisanal serta terdapat menu brunch sepanjang hari. Kafe ini menawarkan berbagai macam kue dan pastri di bagian depan toko mereka, dengan banyak tempat duduk di ruangan yang terang dan terbuka yang dihiasi dengan tanaman dalam pot dan lampu-lampu. Menu favoritnya adalah BBQ Beef Grilled Cheese Sandwich ($22.88).

Buka: 
SELASA - JUMAT: 11.00 hingga 21.30
SABTU : 09:30 hingga 21:30 
MINGGU: 09:30 hingga 18:30 
Alamat: Aliwal Arts Center; 28 Aliwal St, #01-01, Singapore 199918.


13. Ichikokudo Ramen

Ichikokudo Ramen adalah Restoran Ramen & Donburi Hokkaido halal pertama di Singapura. Resto ini menjual aneka macam ramen dan menu Jepang lainnya. Seafood Ramen Hokkaido juga merupakan menu otentik bagi para pelanggannya. Hokkaido ini terkenal, baik di dalam maupun di luar Jepang akan hasil lautnya yang segar dan melimpah. Menu favoritnya adalah ICHIKOKUDO's original authentic soy sauce ramen, ICHI-BEEF RAMEN, ICHI-SMOKED DUCK RAMEN, dan banyak lagi. Di sini juga tersedia menu sehat ala vegetarian ya.

Buka setiap hari: 11.00 hingga 22.00 (Pesanan terakhir pukul 21.30)
Alamat: (cabang lainnya bisa cek di websitenya)
  • BUSSORAH STREET;  45 Bussorah Street, Singapura 199463 (Kampong Glam)
  • BANDARA CHANGI TERMINAL 3
  • KOTA SUNTEC #B1-135; 3 Temasek Boulevard, Singapura 038983


14. ANDES by ASTONS

Restoran ANDES ini sudah mendapatkan sertifikasi Halal dari MUIS. Menu utama ANDES terdiri dari berbagai pilihan potongan steak, ayam, dan hidangan laut dengan sebagian besar hidangan utama yang disajikan dengan dua lauk pilihan, bisa dingin atau panas. Harga steak di sini bervariasi mulai dari 11.9 SGD. Selain steak, resto ini menyediakan makanan ala barat lainnya seperti pasta, burger, dan beberapa camilan yang juga dapat menggugah selera para tim kuliner. Resto Andes ini memiliki banyak cabang ya, termasuk di beberapa terminal Bandara Changi. Lokasi lengkapnya bisa cek langsung di websitenya.

Buka: Senin-Minggu, 11:30- 22.00
Alamat: 
  • Bukit Panjang Plaza, #03-10 1 Jelebu Road, Singapore 677743
  • Changi Airport Terminal 1 dan 4
  • Downtown East, #02-325 E!Avenue Market Square @ Downtown East

sumber gambar: https://andes.sg

15. D’Authentic Nasi Lemak

Resto D'Authentic Nasi Lemak ini ternyata sudah beroperasi 30 tahun di Pasar dan Pusat Makanan Marine Parade Central. Resto ini menjual nasi lemak dengan lauk pauk yang lengkap ala Melayu. Menurut berbagai ulasan, resto ini memiliki rasa yang enak dan masih kental dengan rasa "Melayu". Bagi warga Indonesia mungkin sudah tidak asing ya dengan nasi lemak, ya mirip nasi uduk, nasi yang bersantan. Sajian nasi lemak ini menjadi istimewa dengan tambahan Ikan bilis dan kacang tanah serta sambal tentunya. Lauk tambahannya juga bermacam-macam seperti, telur, tempe, perkedel, rendang, juga ada chicken wings. Harga per porsi rata-rata sekitar 2 SGD ya. Bagi penggemar nasi lemak atau nasi uduk, wajib dicoba nih. 

Buka: Setiap hari dari 07.00-14.00
Alamat: 84 Marine Parade Central, #01-36, Singapore 440084


16. Rumah Makan Minang

Kalau lagi kangen nasi padang di Singapura bisa juga mampir ke Rumah Makan Minang di daerah Kampung Glam sebrang dari Masjid Sultan. Resto ini tentunya dipenuhi oleh orang-orang Indonesia. Rasa rindu tanah air mungkin jadi pilihan untuk makanan enak selama Singapura. Selain menunya yang bervarian karena sudah pasti cocok di lidah orang Indonesia. Rumah Makan Minang ini didirikan pada tahun 1954, yang merupakan restoran multi-generasi yang mengkhususkan diri pada masakan khas Minangkabau di Sumatera Barat, Indonesia, yaitu Nasi Padang dan Rendang Daging Sapi. Resep mereka sudah ada sejak tahun 1940-an. [2] Menu spesialnya ada rendang daging, ikan bakar, dan tahu telur. Harga makanannya mulai dari 3 SGD ya. Ingat ya karena sedang berada di Singapura, jangan semua menu diambil. Takut kantong jebol.. hehee

Buka Setiap hari 11:30 - 15:00
Alamat: 
18 & 18A Kandahar Street, Singapore 198884
1 Tampines Ave 4, Our Tampines Hub, B1-47A, Singapore, 528523
Website: https://minangdelivery.oddle.me/en_SG/



Semoga bermanfaat ya! 😊

Nonton juga short youtube saya ya! Thank you! 💗



0 coment�rios:

Posting Komentar

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)