Rabu, 29 Mei 2024

,

Bayar MRT, LRT, dan Bus di Singapura Menggunakan Kartu Debit Bank Jago

Hai. Lama tak berjumpa.😁 Setelah kembali pulang mengecas energi di Malaysia dan Singapura 5 hari bulan Mei ini, saya mau kasih informasi menarik mengenai pembayaran MRT dan Bus di Singapura menggunakan kartu debit Bank Jago dan Jenius. Beberapa kali datang ke Singapura itu saya selalu membeli kartu EZ link untuk menggunakan transportasi di Singapura. Namun, seiring perkembangan zaman rasanya diberikan banyak kemudahaan ya teman-teman salah satunya menggunakan kartu debit yang nirsentuh atau biasa dikenal dengan contactless. Berikut saya berikan informasi kartu yang bisa kalian gunakan di transportasi umum di Singapura ya.

EZ Link

Kartu EZ-Link ini harganya $10 dan memiliki deposit sebesar $5. Untuk kartu EZ-Link dapat dibeli di minimarket seperti 7-Eleven, Buzz, dan Cheers. Bisa juga dibeli di Pusat Layanan Penumpang di stasiun kereta (MRT), Kantor Tiket SimplyGo bisa cek di laman https://www.transitlink.com.sg/simplygo-ticket-offices/?ty=art&Id=107. Masa berlaku kartu EZ Link adalah 5 tahun ya. Jadi kalian bisa digunakan kembali kartunya saat berlibur ke Singapura. Kartu yang saya gunakan adalah kartu SimplyGo EZ-Link. Untuk mengisi ulang atau top-up saldo bisa dilakukan di beberapa convenience store atau kios otomatis yang tersedia di stasiun-stasiun MRT. Cara Top-up kartu EZ link bisa cek di sini. Untuk cek saldo dan histori perjalanan bisa unduh aplikasi Simply-Go dari gawai kalian ya. 

NETS FlashPay

NETS FlashPay memiliki masa berlaku hingga 7 tahun. Kita juga dapat mengecek masa berlaku Kartu NETS FlashPay dengan menggunakan Aplikasi NETS atau Simply-Go yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kartu ini bisa dibeli di minimarket & Pom Bensin seperti 7-Eleven, Buzz Pods, Cheers, FairPrice Xpress, dan Shell Petrol Stations. NETS FlashPay ini harganya $12 (termasuk biaya kartu yang tidak dapat dikembalikan sebesar $5 dan nilai perjalanan sebesar $7). Untuk top-up atau isi saldo, kita bisa melakukannya di NETS Customer Service Centre, NETS Top Up Machines, Add Value Machine Plus (AVM+), General Ticketing Machines (GTM), ATM bank lokal (DBS/POSB, OCBC and UOB), TransitLink Ticket Office, dan di beberapa minimarket.

Sumber gambar: nets.com

Singapore Tourist Pass (STP)

Singapore Tourist Pass adalah kartu EZ-Link khusus yang menawarkan perjalanan transportasi umum tanpa batas bagi wisatawan untuk menggunakan layanan bus, MRT, dan kereta LRT di Singapura selama masa berlakunya.

Dilansir dari laman resmi The Singapore Tourist Pass, saat ini ada empat jenis kartu yang bisa kalian beli dengan harga dan benefit yang berbeda, antara lain: [1]

  1. Singapore Tourist Pass (kartu berwarna putih)
  2. SG Tourist Pass (kartu berwarna biru dan bergambar kartun Merlion)
  3. SG Tourist Pass (kartu berwarna merah) 
  4. Singapore Tourist Pass Plus (kartu berwarna biru muda)

Kalian bisa cek selengkapnya di laman https://thesingaporetouristpass.com.sg. Kartu Singapore Tourist Pass dapat dibeli di Automated STP Kiosk 24 jam yang ada di Stasiun MRT Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Internasional Changi, atau ada juga di Stasiun Orchard.


Sumber Gambar: thesingaporetouristpass.com.sg

Kartu Debit Bank Jago

Jujur, dengan adanya fasilitas nirsentuh jadi lebih mudah untuk berbelanja atau menggunakan transportasi umum seperti di luar negeri. Perdana mencoba bayar tarif transportasi umum di Singapura menggunakan kartu debit Bank Jago. Bisa dan lancar!. Selain Bank Jago kita juga bisa menggunakan debit bank Jenius atau BCA yang sudah Contactless ya. Untuk menggunakan kartu debit Jago di Singapura, kita perlu mengaktifkan fitur “International Payment”. Jika sudah diaktifkan, maka kita sudah dapat bertransaksi transportasi umum di Singapura menggunakan kartu debit bank Jago.

Sumber gambar: jago.com

Jika kita pakai debit bank Jago, total pengeluarannya akan diakumulasikan per hari ya. Nah, selama dua hari di Singapura itu saya menghabiskan pengeluaran untuk MRT dan Bus sekitar Rp133.000. Jika kurs SGD pada hari itu sekitar 11.900 maka hari pertama sekitar SGD 4.9 dan hari kedua sekitar SGD 6,2. Total 11.1 SGD. Menurut saya ini masih termasuk murah, lagi-lagi bergantung pada kurs pada hari itu ya. Untuk antisipasi pastikan saldo rekening cukup dan sesuai dengan kebutuhan kalian selama di Singapura. 


Ada perbedaan sekitar SGD 1.52 antara kartu EZ Link/Simply Go dibanding dengan debit Jago. Ini lebih baik daripada membeli kartu sekitar SGD 10. Bisa banget untuk kalian coba saat berlibur ke Singapura.



Kartu Debit Bank Jenius

Jika ingin menggunakan kartu debit Bank Jenius di Singapura yang harus dilakukan adalah tukar mata uang rupiah ke Singapore Dollar (SGD) terlebih dahulu. Bank Jenius menawarkan 9 mata uang asing yang tersedia seperti: 
  • Dolar Amerika Serikat (USD)
  • Dolar Australia (AUD)
  • Dolar Hong Kong (HKD)
  • Dolar Singapura (SGD)
  • Euro (EUR)
  • Poundsterling Inggris (GBP)
  • Yen Jepang (JPY)
  • Yuan Tiongkok (CNY)
  • Baht Thailand (THB)
Penukarannya bisa dilakukan melalui aplikasi Jenius. Fitur pembelian mata uang asing adalah salah satu keunggulan bank Jenius dibandingkan Jago. Sebenarnya bisa tidak perlu menukar ke mata uang asing namun kurs tukarnya jauh lebih tinggi dibanding dengan saat ditukarkan. Jika sudah memiliki rekening SGD di akun Jenius, kalian bisa tinggal hubungkan m-card ke rekening SGD melalui aplikasi Jenius. Untuk selengkapnya kalian bisa cek di laman bank Jenius ya https://www.jenius.com/cards/foreign-currency. Seluruh mata uang asing bisa diaktifkan kapan pun atau 24 jam tanpa batasan jam operasional, termasuk hari libur nasional.

Sumber gambar: jenius.com

Dengan kartu debit Jenius dan Jago kalian juga bisa berbelanja apapun dan di manapun selagi ada logo Visa dan atau contactless.

Kartu Debit Bank BCA Contactless

Selain Jago dan Jenius, kartu debit BCA Mastercard dan Kredit BCA berlogo Mastercard/Visa juga bisa digunakan di MRT Singapura. Dilansir dari laman BCA, adapun ketentuan mengenai transaksi contactless pada kartu Debit dan kredit BCA berlogo Mastercard pada MRT Singapura sebagai berikut: [2]
  1. Nasabah akan dikenakan biaya tap pertama kali sebesar SGD 0.1 di mesin MRT Singapura dan biaya administratif sebesar SGD 0.6 per hari yang dibebankan kepada Nasabah selama menggunakan layanan MRT di Singapura.
  2. Nominal transaksi di MRT Singapura akan ditagihkan kepada Nasabah dalam satu tagihan yaitu akumulasi biaya dari beberapa trip.
  3. Saldo Nasabah akan terpotong sesuai total akumulasi biaya perjalanan dalam waktu 5 hari kerja sejak melakukan tap pertama kali atau setelah mencapai batas minimum tagihan sebesar SGD 15 (kondisi mana yang terpenuhi lebih dahulu).
  4. Untuk rincian transaksi perjalanan di MRT Singapura, Nasabah dapat mendownload aplikasi SimplyGo pada GooglePlay atau AppStore dan pastikan untuk tetap menjaga saldo di rekening sesuai dengan biaya perjalanan sampai dengan pendebetan berhasil agar kartu Debit tidak diblokir oleh MRT Singapura. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai layanan MRT Singapura, Nasabah bisa mengakses https://simplygo.com.sg/.
  5. Biaya dan mekanisme penagihan transaksi di transportasi umum mengikuti kebijakan masing-masing penyedia layanan transportasi.
Saya belum pernah mencoba menggunakan kartu debit BCA ini ya, walau saya bawa juga sebagai alternatif kartu. Mungkin jatuhnya akan lebih mahal ya karena dikenakan biaya harian SGD 0.6 atau sekitar tujuh ribuan per hari. Untuk aktivasi contactless bisa melalui BCA mobile atau myBCA dengan mengaktifkan fitur Transaksi Debit Contactless dan jangan lupa aktifkan transaksi Internasional supaya bisa dipakai di mesin EDC luar negeri. Ada yang pernah coba menggunakan Debit BCA? Boleh tulis pengalamannya di kolom komentar ya, teman-teman.


Sumber gambar: www.bca.co.id

Untuk penggunaan semua kartu debit Visa/Mastercard kalian harus pastikan saldo rekeningnya mencukupi ya karena kita tidak bisa cek berkala seperti penggunakan EZ-Link dan sejenisnya saat menggunakan transportasi umum. Laporannya kita akan dapatkan secara harian yang dapat diakses melalui m-card kalian. Untuk kartu debit/kartu kredit nirsentuh pastikan kartu kalian ada tanda contactless-nya yaDaripada banyak menukarkan uang, lebih baik cari yang praktis dan menguntungkan ya! Hehehe 

Sumber gambar: flatwater.bank


Semoga informasi ini bermanfaat ya teman-teman.

Happy traveling! Selamat menjelajah Singapura.


0 coment�rios:

Posting Komentar

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)