Senin, 07 Agustus 2023

,

Mau ke Universal Studio? Berikut Cara Menuju ke Universal Studio Singapore

Hai-hai! Lagi main ke Singapura rasanya tidak lengkap kalau tidak Universal Studio Singapura. Universal Studio ini adalah salah satu tempat wisata yang populer di Singapura dan satu-satunya di Asia Tenggara. Di sini, kamu bisa bermain berbagai wahana dan bertemu berbagai karakter dari film-film Universal Studio. Selain di Singapura, Universal Studio ini ada Florida, California, Jepang, dan Beijing. Selain menikmati wahana seru yang memacu adrenalin, kita bisa menikmati berbagai atraksi menarik, pertunjukan interaktif, dan bisa bertemu dengan karakter film dan animasi terkenal seperti Minions, Po and Master Tigress, Sesame Street, hingga Transformers. 

Bagi kalian yang lagi liburan ke Singapura dan ingin ke Universal Studio, saya akan kasih tips bagaimana cara ke Universal Studio Singapore (USS). Oh ya, sebelum menikmati berbagai wahana seru di USS jangan lupa untuk sarapan ya. hehe Sebelum ke USS saya menyempatkan untuk sarapan pagi di Hj. Maimunah di Jalan Pisang. Untuk ulasan restoran ini akan saya bahas nanti ya. 😁

Sebagai informasi, bahwa lokasi Universal Studios Singapore ini memang jauh dari pusat kota ya, berada di Pulau Sentosa atau Sentosa Island. Letaknya ada di ujung Singapura. Untuk menuju ke USS ini ada banyak alternatif ya, mulai dari naik MRT, bus, hingga cable carNamun, sebelum membahas bagaimana cara menuju USS saya akan memberikan informasi tentang tempat wisata populer di Singapura ini. 


Mengenal Universal Studio Singapore (USS)

Universal Studio Singapura ini dibuka sejak tahun 2010. Sebanyak 18 dari 24 wahana bertema film didesain khusus untuk taman bermain di Singapura. Ada 6 Zona di Universal Studios yang wajib dijelajahi yang masing-masing didesain secara unik. Mulai dari Zona Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, Lost World, dan Far Far Away. 

Saat pertama masuk ke USS kita langsung berada di zona Hollywood dan akan menemukan Hollywood Walk of Fame. Berbagai bentuk miniatur bangunan ala film Hollywood juga terlihat di sepanjang area. Ada Gru and The Minions dari Despicable Me, Alex Si Singa, dan teman-temannya dari Madagaskar, dan Po bersama Master Tigress dari Kung Fu Panda!

  


Setelah melewati Zona Hollywood kita akan sampai pada Zona New York. Ada wahana Sesame Street Spaghetti Space Chase yang wajib dicoba, kita akan meluncur dengan pesawat luar angkasa bersama karakter Sesame Street. Tenang, aman kok untuk anak-anak dan dewasa yang gak kuat jantungnya, alias penakut hehe. Di zona ini kita akan bertemu Elmo dan teman-temannya yang ada di luar wahana, jangan lupa buat foto bareng yaaa. Mau coba rasakan sensasi special effect film karya sutradara ternama asal Amerika Serikat, Steven Spielberg, ada di pertunjukan Lights, Camera, Action!. Di zona ini kita bisa melihat atraksi jalanan yang menarik untuk dinikmati dan ada juga atraksi dari Rhythm Truck 2.0 crew.

  
 
Selanjutnya masuk ke Zona Sci-Fi City. Tempat yang dipenuhi dengan robot luar angkasa dan teknologi dari masa depan ini punya wahana yang menantang adrenalin. Kalau punya kekuatan jatung bisa juga cobain Battlestar Galactica: HUMAN vs. CYLON roller coaster outdoor yang super cepat. Lalu ikuti  pertempuran menarik di wahana VR TRANSFORMERS The Ride: The Ultimate 3D Battle menggunakan pesawat luar angkasa. Seru lho! Di area ini kita bisa meet & greet dengan Optimus Prime, Bumblebee, dan Megatron.


Di Zona Ancient Egypt ada salah satu wahana yang paling populer yaitu Revenge of the Mummy! Naik indoor roller coaster melewati perangkap mumi di tengah kegelapan yang seru dan menegangkan banget. Tapi.. saya kapok banget naik ini.πŸ˜– Pertama kali datang ke USS langsung naik wahana ini. hahaa Gak nyangka ternyata jantung saya sudah tidak kuat. Selesai naik ini muka saya langsung pucat pasi dan sakit perut. Bagi yang suka wahana memacu adrenalin, wajib banget dicoba. 


image by: https://www.flickr.com/photos/adforce1/5038855734

Zona The Lost World; banyak aktivitas seru yang bisa dicoba. Zona ini bertemakan Jurassic Park. Ada  wahana Canopy Flyer yang bakal bawa kita berayun tinggi sambil lihat pemandangan panorama prasejarah yang sangat luas sambil terbang tinggi di atas kanopi di atas dunia Jurassic Park yang hilang. Melambung tinggi di udara seperti pterodactyl, berayun dan menukik dari satu sisi ke sisi lain. Terbang sebebas burung pemangsa di Canopy Flyer. Wahana Dino-Soarin buat si kecil terbang naik–turun dengan dinosaurus terbang. Mengusung tema film blockbuster, "Waterworld", atraksi spektakuler ini menampilkan gelombang pasang aksi yang menantang maut, serta keseruan dan gelegar dentuman api dan cipratan air yang sangat nyata. [1]

Zona terakhir yaitu Zona Far Far Away! Banyak pilihan atraksi dan wahana menarik di Zona ini. Zona menghadirkan karakter dari film Shrek. Ada Shrek, Princess Fiona, Puss In Boots, Fairy Godmother, Prince Charming, dan Pinocchio. Di sini kita juga bisa nonton pertunjukan interaktif yang seru di Donkey dan menonton Shrek 4-D Adventure. Pertunjukkan Shrek 4-D Adventure ini menggunakan OrgeVision sehingga kita benar-benar akan merasakan setiap aksi mereka dari tempat duduk, setiap lompatan, benturan, pantulan, hempasan angin, dan cipratan air yang menghadirkan aksi yang benar-benar nyata seolah-olah ada di sana. [2Lalu ada wahana Magic Potion Spin, yaitu Kincir ria mini ini untuk anak-anak. Jangan lupa juga mencoba berpetualang Puss dan Kitty, roller coaster gantung di wahana Puss In Boots’ Giant Journey. [3]

Oh ya, enaknya dari setiap zona ini kita tidak akan merasa kelaparan. Kenapa? karena setiap zona memiliki tempat makan/jajanan sesuai khasnya masing-masing.😁 Tapi tetap harus pilih-pilih untuk yang Muslim. Selain itu, tersedia pula souvenir shop di setiap zona. 

   
 

Harga Tiket dan Jam Operasional Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore buka setiap hari Senin sampai Minggu jam 11.00-18.00 waktu Singapura. Nah, USS ini jam operasionalnya tentatif atau bervariasi ya. Jadi sebelum ke sana cek dulu jadwalnya di website resminya. Jangan sampai kalian ke sana pas lagi libur atau bahkan tutup lebih cepat.

Harga tiket masuk Universal Studio Singapore ini sekitar Rp800.000-an. Harganya bervariasi tergantung paket dan fasilitas yang kita pilih ya. Tiket USS ini dapat dibeli di berbagai aplikasi travel online ya. Lebih praktis, jadi, sampai di sana hanya tinggal mununjukkan e-ticket saja.

Untuk bisa menikmati wahana di sini tanpa perlu antre panjang kalian bisa membeli tiket ekpres. Tiket ekspres ini dibagi menjadi dua jenis. Pertama, One Reach; tiket ini untuk menikmati salah satu wahana permainan yang Anda pilih. Kedua, Unlimited Access; tiket ini dapat dipakai berulang-ulang, bahkan pada wahana yang sama. Bagi yang males antre wajib sih beli ini karena sungguh antreannya bisa panjang banget 😒

Apakah Ada Makanan Halal di USS?

Dilansir dari havehalalwilltravel.com ada dua restoran halal yang sekarang buka di dalam Universal Studio Singapore. Ada Goldilocks; menunya mulai ayam goreng, kentang goreng, sampai es krim. Lokasinya berada di zona Far Far Away. Ada juga restoran Mel's Drive yang menjual aneka burger, kentang goreng, salad, hingga milkshake. Kedua restoran ini telah mengantongi sertifikat halal. [3]

Image by: https://id.foursquare.com/v/goldilocks-fried-chicken/4d16f3771356a093e3e0d882

Ada juga Oasis Spice Cafe yang berada di zona Ancient Egypt. Dari nama dan zonanya, kita sudah bisa menebak kalau restoran ini memang mengusung tema Mesir dan menyajikan berbagai macam masakan khas Timur Tengah, India, dan juga Turki.

Cara ke Universal Studio Singapore

Ada berbagai macam jenis transportasi ya untuk menuju USS ini. Berikut di antaranya.

  • Naik MRT
Kita bisa naik dari stasiun MRT mana saja lalu mengambil jalur North-East Line atau Circle Line dan turun di HarbourFront Station. Lanjutkan perjalanan naik Sentosa Express dari VivoCity Mall, Level 3. Jalan menuju Lobby L sampai terlihat tulisan Food Republic. Untuk nauntuk membeli tiket Sentosa Express dengan harga mulai dari SGD 3. Selanjutnya kita naik Sentosa Express dan turun di Waterfront Station. Tinggal mengikuti petunjuk jalan sampai di pintu masuk Universal Studios Singapore. Kita juga bisa membeli tiket di tiket.com mulai harga Rp45.000 tanpa perlu mengantre dan lebih efisien.
  • Naik Bus
Selain naik MRT, ada juga cara ke Universal Studios Singapore naik bus. Ada dua opsi untuk menggunakan bus. Pertama, bisa naik bus nomor 10, 30, 57, 61, 65, 80, 97, 100, 123M, 131, 143, 145, 166 atau 855 dan turun di VivoCity. Naik bus RWS8 dari halte bus 14141 di VivoCity atau halte bus 14121 di Merrill Lynch, HarbourFront. Turun di titik penurunan Resorts World Sentosa. Kedua, naik bus 123, 188R atau NR6 dan turun di halte bus Resorts World Sentosa 14519. Seberangi jalan dan berjalan menuju eskalator. Naik eskalator ke Level 1. Tetap di kiri dan jalan sampai melihat Universal Studios Globe.
  •  Cable Car
Kalau ingin menikmati pemandangan indah seperti pelabuhan HarbourFront lengkap dengan kapal pesiar yang sedang melintas, bisa cobain ke Universal Studios Singapore naik cable car. Biaya naik kereta gantung ini sekitar SGD 30 ya. Caranya:
  1. Berjalan menuju Exit B di dalam stasiun kereta HarbourFront.
  2. Ikuti papan penunjuk arah menuju Singapore Cable Car Station di HarbourFront Tower ll
  3. Naiklah kereta gantung (cable car) dan turun di Imbiah Station
  4. Lanjutkan perjalanan naik Sentosa Express dan turun di 1 stasiun berikutnya atau Resorts World Station
  5. Berjalan kaki sampai melihat papan Twelve Cupcakes dan belok kanan menuju Universal Studios Globe.
          • BlueSG
          Untuk naik BlueSG bisa naik dari Di Sentosa Gateway, ambil jalur kiri dan berkendara menuruni lereng menuju Resorts World Sentosa. Serong ke kanan dan masuk ke terowongan untuk "Mobil/Taksi". Ikuti petunjuk arah pada tanda di atas kepala menuju P West. Cari tempat berbagai mobil listrik BlueSG yang terletak di sebelah kiri halte taksi. Temukan Direktori Peta terdekat dan ikuti petunjuk arah ke Universal Studios Singapore di lantai 1. [4]
          •  Kereta/Sentosa Express
          Ambil jalur North-East atau Circle line ke stasiun HarbourFront. Ambil Exit E ke VivoCity dan lanjutkan ke lantai 3 untuk naik Sentosa Express. Turun halte perhentian pertama kemudian ke Resorts World Station. Jalan lurus sampai melihat Twelve Cupcakes di sebelah kanan. Belok kanan dan menuju ke Universal Studios Globe. Kalau mau yang lebih cepat, bisa naik kereta monorail Sentosa Express langsung dari Vivo City. Harga tiketnya SGD 4. Jadwal kereta dari jam 7 pagi dan terakhir jam 12 malam.
          • Berjalan kaki
          Berjalan ke level 1 VivoCity dan cari petunjuk arah ke Boardwalk. Setelah mencapai pintu masuk pulau Sentosa, jalan menuju Malaysia Food Street. Tetap di kiri dan jalan sampai melihat Universal Studios Globe.

          Apakah di USS menyediakan Tempat Salat atau Musala?

          Alhamdulillah walau tidak terlalu besar, Universal Studio Singapore ini menyediakan tempat salat ya. Lokasinya berada di sebuah gedung yang berada di sebelah wahana Battlestar Galactica, Zona Sci-Fi City. Tempat salat untuk laki-laki dan perempuan terpisah ya dan dilengkapi dengan tempat wudu. Karena tidak disediakan alat salat, jadi jangan lupa membawa perlengkapan salat sendiri ya!

          Jangan lupa unduh peta Universal Studio Singapore untuk melihat wahana dan lokasi lebih detailnya. Unduh di sini ya.



          Ada beberapa tips dari saya sebelum kalian datang 
          Universal Studio Singapore:
          1. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena USS sangat luas. Upayakan membawa barang secukupnya. 
          2. Jika akan menikmati wahana air, jangan lupa membawa baju ganti yang nyaman ya seperti kaos/t-shirt, celana pendek/panjang kain, dan jangan lupa bawa pakaian dalam cadangan. Cuaca di USS cukup terik dan berkeringkat, ini juga bisa jadi alternatif jika dirasa perlu mengganti baju.
          3. Bawa air minum dan botol minum. Harga minuman di sana cukup mahal ya teman-teman, bisa seharga 40 ribuan. Membawa minum sendiri akan jauh lebih hemat daripada harus membelinya setiap kali haus. πŸ˜€
          4. Gunakan tas ransel.  Tas ransel sangat membantu membawa barang bawaan kita seperti, baju ganti, dompet, hp, tempat minum, dll. Selain itu, lebih nyaman pula dibanding memakai handle bag/sling bag.
          5. Jangan lupa bawa sunblock. Cuaca di sana panas dan membantu melindungi kulit kita dari sengatan matahari. 
          6. Bawa juga topi dan kacamata hitam untuk menghindari silau serta biar lebih kece aja kalau difoto.
          7. Jika tidak kuat mengantre, bisa juga membeli tiket Universal Express. Tiket khusus ini bisa digunakan untuk melewati antrean masuk dan naik wahana. Membantu banget sih ini, selain menghidari antrean yang panjang dan bisa lebih mengefektifkan waktu juga.
          8. Jika ingin berfoto di Globe USS jangan pas tengah hari ya karena terik banget. Kalian bisa foto dari pagi atau pas menjelang tutup. hehe
          Akhirnya saya bisa berfoto di depan globe USS. 😍❤


          Selain USS, di Sentosa Island kita bisa menikmati berbagai tempat menarik, seperti S.E.A. Aquarium VIP Experience, Van Gogh-The Immersive Experience, atau Adventure Cove Waterpark. S.E.A. Aquarium VIP Experience adalah salah satu akuarium terbesar di dunia, rumah bagi lebih dari 100.000 hewan laut yang mewakili 1.000 spesies di lebih dari 40 habitat yang beragam. Harga tiket masuk ke S.E.A. Aquarium VIP Experience sekitar Rp490.000. Kalian bisa juga beli tiket combo SEA ini dengan USS atau penawaran tempat lainnya. Silakan cek promo di berbagai layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel online, seperti traveloka, tiket.com, dan sejenisnya ya. Ada apa aja di SEA tersebut bisa cek di website-nya ya: https://www.rwsentosa.com/en/special-experience/seaa-vip-experience.
            
          Semoga informasi ini bermanfaat ya.^^ Selamat menikmati liburan di Universal Studio Singapore. Dan.. Selamat memacu adrenalin. πŸ’™πŸ˜

          Sampai jumpa di cerita selanjutnya ya! πŸ˜ŽπŸ‘‹


          VLOG PART 2!


          0 coment�rios:

          Posting Komentar

          thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)