Selasa, 12 Oktober 2021

,

Rekomendasi Drama Korea Dengan Episode Pendek

Ingin menikmati drama korea tapi tidak ingin yang belasan episode? Nah, Korea ternyata  juga memiliki drama spesial yang memiliki 1 sampai 2 episode saja (atau hanya <10  episode) atau hanya 1 jam tayang langsung selesai atau short drama/tv movie. Iya, seperti menonton film tapi rasa drama korea. Walau hanya 1 sampai 1,5 jam tayang tidak mengurangi inti dari ceritanya, memang tidak melulu berakhir manis ada juga yang berakhir sedih atau bahkan menggantung. Drama ini sangat cocok ditonton bagi kalian yang lagi bosan dengan episode yang panjang ataupun yang hanya punya waktu terbatas. 

Drama spesial KBS dapat ditonton di saluran YouTube KBS World TV dengan subtitle, bahasa Inggris dan ada juga Indonesia. Selain KBS banyak stasiun TV Korea yang menayangkan short drama, misalnya, JTBC, MBC, dan tvN Drama Stage. Sayangnya, saat ini tvN drama stage belum bisa diakses di media streaming manapun. Semoga segera ya soalnya dramanya bagus-bagus.

1. The Long Goodbye (2018)

Pemeran: Lim Ju Hwan & Jang Hee Jin
Episode: 1
Genre: Romasa
Tayang: KBS World TV
Tahun:  KBS Drama Special 2018. EP.6
Rating: ⭐8/10

Drama Spesial KBS ini dibintangi oleh Lim Ju Hwan dan Jang Hee Jin sebagai pemeran utama. The Long Good Bye tayang pada 19 Oktober 2018. Drama ini bercerita tentang seorang novelis, Bae Sang Hee yang diperankan oleh Lim Ju Hwan yang kesulitan menyelesaikan novel keduanya bertahun-tahun. Sang Hee memiliki pacar Jung Yi Na (Jang Hee Jin) yang bekerja sebagai editor untuk sebuah perusahaan penerbitan. Bae Sang Hee menderita karena pekerjaannya dan kehidupan cintanya. Bagaimana kemudian  Sang Hee berhasil menyelesaikan novel keduanya? Lim Ju Hwan dan Jang Hee Jin berhasil membangun chemistry yang baik di drama ini. 


2. If We Were a Season (2017)

Pemeran: Chae Soo Bin, Jang Dong Yoon, & Jin Young
Episode: 1
Genre: Romansa, Masa Muda, Persahabatan
Tayang: KBS World TV
Tahun: KBS Drama Special 2017. EP.1
Rating: ⭐8/10

Drama If We Were a Season ini mengangkat tema tentang persahabatan yang terjalin sejak masih bayi diantara sepasang murid SMA. Drama ini rilis 3 September 2017. Mereka tumbuh bersama dan juga tinggal bertetangga, Yoon Hae Rim (Chae Soo-Bin) dan Uhm Ki Seok (Jang Dong-Yoon) adalah teman dekat. Mereka tidak pernah mengatakannya, tetapi mereka sangat berharga bagi satu sama lain. Suatu hari, seorang siswa pindahan dari Seoul datang. Oh Dong Kyung (Jin Young) mengatakan apa yang dia rasakan, tidak seperti Hae Rim dan Ki Seok. Apakah Dong Keung cukup untuk mengguncang persahabatan mereka? Kesalahpahamanpun terus ada di antara keduanya. Siapakah yang dipilih Hae Rim?


3. Go Go Song (2019)

Pemeran: Yoon Eun Hye, Ji Il Joo
Episode: 2
Genre: Romansa
Tayang: CGNTV Indonesia
Tahun: 2019
Rating: ⭐8/10

Rindu dengan Yoon Eun Hye? Drama singkat ini bisa mengobati kerinduan kepadanya. Drama Go Go Song berkisah tentang Gong Seon Hwa (32 tahun) yang diperankan oleh Yoon Eun Hye, seorang pekerja kesejahteraan sosial yang akan menikah dengan Kang Won Hyung (30 tahun), seorang koki kuliner Korea, diperankan oleh Ji Il Joo. Drama ini mengisahkan kisah cinta pasang surut dan berbagai masalah sebelum menikah. Termasuk trauma masa kecil yang masih melekat hingga dewasa. Banyak pelajaran dari drama ini. Mereka juga berhasil membangun chemistry yang bagus di drama ini. Go Go Song bisa ditonton di Youtube CGNTV Indonesia.


4. Too Bright for Romance (2018)

Pemeran: Choi Gang-Hee & Go Jun
Episode: 1
Genre: Drama, Romansa, Kehidupan
Tayang: KBS World TV
Tahun: KBS Drama Special 2018. EP.4
Rating: ⭐7.5/10

Drama ini merupakan hasil adaptasi dari novel yang berjudul Neomoo Hannatui Yeonae karya Kim Keum Hee. Drama Too Bright for Romance dibintangi oleh Choi Gang Hee dan Go Joon sebagai pemeran utama. Drama ini tayang pada 5 Oktober 2018.

Yang-Hee (Choi Gang-Hee) adalah sutradara drama panggung. Dia lelah dari situasi sulit di sekitarnya. Suatu hari, tanpa sengaja dia bertemu bertemu Pil-Yong (Go Jun). Mereka belum pernah bertemu selama 19 tahun, ketika mereka kuliah di universitas yang sama. Kemudian, kehidupan Yang-Heepun berubah.



5. Review Notebook of My Embarrassing Days (2018)

Pemeran: Jeon So min, Park Sung hoon, dan Oh Dong min
Episode: 1
Genre: Romansa, Drama
Tayang: KBS World TV
Tahun: KBS Drama Special 2018. EP.1
Rating: ⭐8/10

Drama ini dibintangi oleh Jeon So Min dan Park Sung Hoon dan tayang pada 21 September 2018. Drama ini bercerita tentang Do Do Hye (Jeon So min) seorang guru matematika ditugaskan sebagai salah satu tim yang menyiapkan soal-soal untuk ujian matematika dan sering mengalami kejadian memalukan. Tanpa diduga, Choi Jinsang (Oh Dong min) yang merupakan mantan suami dari Do Dohye turut hadir sebagai salah satu penguji soal. Suatu hari ia mengikuti sebuah camp penulisan soal ujian untuk universitas. Polisi bernama Na Pilseung (Park Sung hoon) ditugaskan untuk menjaga keamanan soal-soal. Na Pilseung ternyata adalah teman Do Dohye semasa kuliah. Disana ia bertemu dengan dua laki-laki yang tidak ingin ia temui karna pernah memiliki kejadian memalukan. Antara cinta pertamanya dan mantan suaminya, dia melakukan perjalanan yang lucu dan manis untuk mencoba menemukan jawabannya sendiri.

img src: hancinema.net

6. Breakup Probation, A Week (2021)

Pemeran: Kwon YuRi dan Hyun Woo
Episode: 10 (30 menit/ep)
Genre: Romansa, Fantasi
Tayang: SBS/VIU
Tahun: 2021
Rating: ⭐8/10

Breakup Probation, A Week atau A Week Delay of Farewell adalah sebuah mini drama terbaru garapan SBS yang tayang secara ekslusif di Viu pada 6 Februari 2021. Drama ini diperankan oleh Kwon YuRi (SNSD) dan Hyun Woo.  

Drama ini mengisahkan kisah Park Ga Ram (Yuri SNSD) yang harus berpisah dengan pria yang dicintainya, Kim Seon Jae (Hyun Woo) dalam waktu seminggu demi menyelamatkan hidup kekasihnya. Sebelum pernikahan Park Ga Ram dan Kim Seon Jae, mereka mengalami kecelakaan mobil. Kecelakaan itu membuat Seon Jae jadi koma dan Park Ga Ram kemudan meninggal. Setelah kematiannya, Ga Ram menemukan dirinya di tempat yang tidak diketahui di mana dia menerima tawaran aneh dari seorang pria bernama X. Jika ingin menyelematkan sang pacar dia diberi waktu satu minggu. Ga Ram kembali ke minggu sebelumnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada Seon Jae, cinta abadinya. Baru setelah Seon Jae putus, Ga Ram menyadari kedalaman dan intensitas cinta tulusnya untuknya. Tapi sudah terlambat. Ga Ram perlu mencari alasan untuk putus dengannya. Akankah Ga Ram berhasil dan menyelamatkan Seon Jae? -mydramalist [1]



7. Traces of Love (2020)

Pemeran: Lee Sang Yeob dan Lee Yoo Young
Episode: 1
Genre: Romansa
Tayang: VIU
Tahun: KBS Drama Special 2020. EP.9
Rating: ⭐8.5/10

Drama Korea Traces of Love ini dibintangi oleh Lee Sang Yeob bersama Lee Yoo Young. Drama Korea Traces of Love mengisahkan seorang wanita yang menyadari bahwa dia bekerja di kantor yang sama dengan mantan kekasihnya. Drama ini merupakan sebuah karya yang menggambarkan cinta lama sisa perasaan dari sebuah hubungan yang telah berakhir. Jung Ji Sub (Lee Sang Yeob) bergabung dengan perusahaan Lee Joo Young (Lee Yoo Young), wakil perwakilan dari kantor arsitektur dan merupakan mantan kekasihnya dan telah putus tiga tahun lalu. Kemudian, mereka menelusuri jejak hubungan masa lalu. Sementara itu, Kepala Divisi Park (diperankan oleh Hong In) memiliki hubungan pribadi dengan Joo Young. -VIU [2]


8. My Happy Home (2016)

Pemeran: Son Yeo-Eun, Lee Sang-Yeob, Park Ha-Na
Episode: 1
Genre: Drama, Sci-Fi, Fantasy, Melodrama
Tayang: KBS World TV
Tahun:  KBS Drama Special 2016. EP.4
Rating: ⭐8/10

Ilmuwan jenius Yoon Sejeong (Son Yeo-Eun) tinggal bersama suami cyborgnya, Kang Sungmin (Lee Sang-Yeob). Dia menghapus ingatan Sungmin dan memasukkan ingatan serta informasi baru yang disesuaikan dengan pilihannya sehingga dia dapat menikmati pernikahan yang bahagia. Kemudian seseorang yang Sejeong dan Sungmin kenal sebelum dia menjadi cyborg mulai datang ke rumah mereka. Orang ini mencoba mengoreksi ingatan Sungmin yang terdistorsi sementara Sejeong mencoba menghentikannya. Sungmin, sementara itu, mulai berbohong seperti manusia. Apa yang terjadi sebelum Sungmin berubah menjadi cyborg? -mydramalist [3]


9.  You Drive Me Crazy (2018)

Pemeran: Lee Yoo-young, Kim Seon-ho, Kim Sung-joo, dan Kwon Do-woon
Episode: 4
Genre: Romansa
Tayang: MBC/Vidio/VIU
Tahun:  2018
Rating: ⭐7.8/10

Han Eun-sung (Lee Yoo-Young) merupakan seorang penerjemah bahasa Perancis, ia memiliki sifat yang cenderung cuek namun berani. Dia berteman dengan Kim Rae-Wan (Kim Sun-Ho) seorang seniman yang tengah naik daun, selain memiliki wajah tampan ia juga memiliki kepribadian supel, ia adalah salah satu tipe lelaki ideal untuk dijadikan pacar, tidak heran jika ia telah menjalin hubungan dengan banyak wanita di masa lalunya. Sementara Eun-sung hanya memiliki satu teman lelaki yaitu Rae Wan. Mereka sudah berteman selama 8 tahun, sejak mereka menjadi mahasiswa. Karna "sesuatu" terjadi, hubungan mereka menjadi berubah dan harus berjuang antara cinta dan persahabatan.


10.  SF8: Love Virtually (2020)

Pemeran: Lee Yoo-young, Kim Seon-ho, Kim Sung-joo, dan Kwon Do-woon
Episode: 1
Genre: Romansa, Fantasi
Tayang: MBC/VIU
Tahun:  2020
Rating: ⭐8/10

Drama SF8: Love Virtually diperankan oleh Cho Si Won sebagai Choi Min Joon. Pria yang rela melakukan operasi plastik demi bertemu dengan wanita impiannya. Uee sebagai Ji Won. Wanita cantik yang mencari tambatan hatinya melalui aplikasi dating virtual. SF8: Love Virtually adalah drama komedi romantis yang mengisahkan bahwa dalam waktu dekat, lebih dari setengah populasi dunia menggunakan aplikasi virtual ‘Love Virtually’. 

Love Virtually drama mengenai pasangan yang mencari cinta sejati di dunia di mana realitas virtual memadukan dunia nyata dan realitas virtual. Mereka mengubah muka mereka yang sebenarnya sudah cukup menarik. Apakah aplikasi ini masih menarik bagi mereka yang kurang percaya diri? Yang penting sebenarnya adalah menemukan seseorang yang berarti bagi orang itu, terlepas dari dunia nyata atau virtual. Drama ini tayang 19 September 2020. ~Viu [3]



11. Timing (2020)

Pemeran: Han Bo Reum dan Yoon Jong Hoon
Episode: 4 (15 menit/ep)
Genre: Romansa
Tayang: JTBC/ Rakuten Viki
Tahun: 2020
Rating: ⭐8.5/10

Timing” adalah drama romansa tahun 2020 yang ditulis oleh Kim Ji Suk dan Yoo In Young. Drama ini menceritakan tentang Hyo Min (Han Bo Reum) dan Bo Seok (Yoon Jong Hoon) bersahabat dan telah menjadi bagian permanen dari kehidupan satu sama lain selama lebih dari satu dekade. Menyelamatkan Hyo Min dari pengganggu di sekolah ketika mereka masih anak-anak, Bo Seok telah berada di sisinya sejak itu. Keduanya kadang-kadang berjuang dengan perasaan yang lebih kuat yang tampaknya secara tidak sengaja tertarik satu sama lain. Tidak pernah ingin merusak persahabatan yang begitu berharga, keduanya selalu berkonflik ketika harus berbagi perasaan mereka yang lebih dalam. 
 
Tapi semua itu berubah ketika Hyo Min kehilangan ingatannya setelah kecelakaan dan tampaknya Bo Seok adalah satu-satunya orang yang dapat mendorong ingatannya tentang hubungan masa lalu mereka untuk kembali normal. Bo Seok berjuang untuk menemukan cara untuk mengingatkannya betapa berartinya mereka satu sama lain selama dua belas tahun terakhir kehidupan mereka. Akankah kerja keras Bo Seok dalam mencoba memulihkan hubungan mereka akhirnya membuahkan hasil, atau akankah mereka berdua harus mengorbankan waktu lebih banyak? -viki[4]
 

13. Hi Dracula (2020)

Pemeran: Seo Hyun, Lee Ji Hyun, Go Na Hee, Lee Joo Bin
Episode: 2 (1 jam/ep)
Genre: Drama, Romansa, Kehidupan
Tayang: JTBC
Tahun: 2020
Rating: ⭐8.5/10

Drama Hi Dracula ditayangkan pada 17 dan 18 Februari 2020 di JTBC dan tayang sebanyak 2 episode. Hi, Dracula adalah kisah pertumbuhan orang-orang harus menghadapi hal-hal dalam hidup yang ingin mereka hindari. Ini adalah drama omnibus dari tiga cerita, tentang seorang putri bernama Anna yang menyerah pada ibunya, seorang ibu bernama Ji-yeong yang mengalahkan putrinya, seorang vokalis band indie bernama Seo-yeon, lahir kaya Ji-hyeong dan Yoo-ra, yang tidak dibesarkan dalam kondisi terbaik. Dalam drama ini  Seo Hyun memberanikan diri untuk mengambil peran yang tak biasa. [5]




14. A Person You May Know (2017)

Pemeran: Choi Soo-young, Lee Won-Geun, Sim Hee-Seop
Episode: 2 (1 jam/ep)
Genre: Melodrama, Romansa, Misteri
Tayang: JTBC
Tahun: 2020
Rating: ⭐7.8/10

Lee Ahn (Sooyoung)  dan Kim Jin Yeong (Sim Hee-Seop) telah menjalani hubungan putus-putus selama sembilan tahun sejak mereka bertemu di perguruan tinggi. Lalu ia mengetahui bahwa Jin Yeong  meninggal karena kecelakaan. Dia meninggalkan ponselnya dan diberikan ke Lee Ahn tapi ponselnya terkunci. Jika Lee Ahn memasukkan kata sandi yang salah untuk ke-10 kalinya, telepon akan disetel ulang dan semua ingatan Jin Yeong akan dihapus selamanya.

Sementara Lee Ahn masih berjuang untuk menerima kematian mantan pacarnya, seorang pria bernama Kim Jin Yeong bergabung dengan tempatnya bekerja. Nama dan kebiasaannya mengingatkan Lee Ahn tentang mantan pacarnya dan membawa kembali kenangan lama tentangnya. Ahn mulai memasukkan kata sandi, mengingat kenangan lama. Akankah dia bisa mencapai ingatan Jin Yeong dalam 10 kali percobaan memasukkan kata sandi?


15. The Tuna and the Dolphin (2018)

Pemeran: Park Gyu-Young, Yoon Park, dan Jung Gun-Joo
Episode: 1
Genre: Komedi, Romansa
Tayang: KBS World TV
Tahun: KBS Drama Special 2018. EP.3
Rating: ⭐8/10

Drama spesial episode 3 ini tayang pada 28 September 2018. Drama ini diperankan oleh aktris cantik Park Gyu Young dan dua kator tampan Yoon Park, dan Jung Gun-Joo. Drama ini mengisahkan tentang Kang Hyun-Ho (Park Gyu-Young) yang mudah jatuh cinta tapi tidak pernah punya pacar dalam hidupnya. Dia mulai belajar renang di pusat olahraga. Di sana, dia jatuh cinta pada Jo Woo-Jin (Jung Gun-Joo) si "Lumba-lumba" di kolam renang. Sementara itu, Han Yoo-Ra (Yoon Park) adalah instruktur renang Kang Hyun-Ho. Dia jatuh cinta kepada Hyun Ho. Akankah cinta Hyunho menjadi kenyataan kali ini? Drama ini sangat pas ditonton menemani hari-harimu saat lagi gak mau maraton drama korea yang masih panjang ~~.


16. Move To Heaven (2021)

Pemeran: Lee Je-Hoon, Tang Joon-Sang, Hong Seung-Hee, Ji Jin-Hee
Episode: 10 
Genre: Drama, Kehidupan
Tayang: Netflix
Tahun: 2021
Rating: ⭐10/10

Drama ini menjadi trending topic di berbagai sosial media sejak awal penanyangannya karena ceritanya yang menyentuh. Rilis di netflix pada 14 Mei 2021 yang lalu. Drama ini bercerita tentang Han Geu-Ru (Tang Joon-Sang) adalah seorang anak muda yang memiliki penyakit sindrom Asperger. Dia juga bekerja untuk bersama sang ayah Han Jeong-U (Ji Jin-hee) bernama “Move To Heaven.” Tugas mereka adalah merapikan barang-barang yang ditinggalkan orang yang sudah meninggal. Profisi ini sangat unik dan langka. Maka, tak heran menjadi tontonan yang menarik setiap episodenya. Suatu hari, ayah Han Geu-Ru sendiri meninggal. Gue-Ru ditinggalkan sendirian, tetapi pamannya Cho Sang-Gu (Lee Je-Hoon) tiba-tiba muncul di depannya. Pamannya baru keluar dari penjara. Sang-Gu adalah orang yang dingin. Dia adalah seorang seniman bela diri yang bertarung dalam pertandingan bawah tanah. Dia masuk penjara karena ada hal yang terjadi pada pertarungannya. Sang-Gu sekarang menjadi wali Geu-Ru. Mereka menjalankan “Move To Heaven” bersama-sama. Banyak kisah yang bisa dipetik pada setiap episodenya. Ternyata banyak sekali kisah menarik dalam jasa pengumpul barang-barang orang yang meninggal. Penasaran kelanjutan kisah mereka? Nonton segera di Netflix ya!


17. You Raise Me Up (2021)

Pemeran: Yoon Shi Yoon, Ahn Hee Yeon (Hani EXID), Park Ki Woong
Episode: 8 (45 menit/ep)
Genre: Komedi, Romansa, Psikologi
Tayang: Wavve/VIU (Segera)
Tahun: 2021
Rating: ⭐8/10

Do Yong-Sik (Yoon Si-Yoon) adalah pria berusia 31 tahun dengan beberapa masalah. Dia telah mempersiapkan diri untuk ujian pegawai negeri selama bertahun-tahun. Selama waktu ini, penampilan fisiknya telah memburuk karena juga masalah psikis yang dialami. Hidupnya makin kacau ketika ia bertemu teman-temannya yang memiliki pekerjaan bagus. Lalu, ia memutuskan untuk pergi ke klinik urologi untuk mengatasi impotensinya. Di sana, Do Yong-Sik bertemu cinta pertamanya Lee Ru-Da (Hani). Dia bekerja di klinik sebagai dokter ahli urologi.

Sementara itu, Lee Ru-Da adalah seorang dokter ahli dengan penampilan cantik dan berasal dari latar belakang keluarga kaya. Dia berkencan dengan Do Ji-Hyeok (Park Ki-Woong), yang bekerja sebagai seorang psikiater. Pacarnya menjalankan klinik konseling psikologi. Dia punya karakter yang sedikit sombong. Lee Ru-Da kemudian membual tentang cinta pertamanya Do Yong-Sik kepada pacarnya. Suatu hari, cinta pertamanya Do Yong-Sik muncul di depannya. Penampilannya benar-benar berbeda dari masa lalu mereka. [6] Drama ini memang banyak pro dan kontra karena tema yang tidak umum tapi menurut saya masih layak untuk ditonton karena membahas mengenai beberapa masalah psikis seseorang. Selain dari segi cerita, chemistry yang dibangun Hani dan Si-Yoon juga bisa buat baper.


18. The Witch's Diner (2021)

Pemeran: Song Ji-Hyo, Nam Ji-Hyun, Chae Jong-Hyeop
Episode: 8 (45 menit/ep)
Genre: Fantasi, Supernatural
Tayang: TVING/WeTV
Tahun: 2021
Rating: ⭐8.5/10

Drama ini berdasar atas novel "Manyeosikdangeuro Oseyo" oleh Goo Sang-Hee (diterbitkan 2 Maret 2016 oleh Dasan Books). Tayang di TVING dan WeTv 16 Juli-13 Agustus 2021. Jung Jin (Nam Ji Hyun) adalah wanita biasa berusia 28 tahun memiliki pekerjaan dan pacar. Suatu hari ia dicampakkan oleh pacarnya dan dia dipecat dari pekerjaannya. Jung Jin kemudian memutuskan untuk membuka restoran bersama ibunya, restoran itu bangkrut. Ibunya pergi ke pedesaan dan Jung Jin ditinggalkan sendirian di restoran. Saat itu, Jo Hee-Ra (Song Ji-Hyo) muncul di depannya. Jo Hee-Ra adalah seorang penyihir dan dia ingin menyewa restoran Jung Jin untuk membuka restorannya sendiri. Restoran Jo Hee-Ra akan membuat makanan yang mengabulkan keinginan  semua pelanggan. Sebagai imbalan untuk mengabulkan keinginan mereka, pelanggan akan memberikan Jo Hee-Ra sesuatu yang dia inginkan dari mereka. Jung Jin ragu dan tak yakin pada awalnya, tapi dia memiliki pengalaman yang luar biasa dari makan makanan Jo Hee-Ra. Jung Jin kemudian bekerja dengan Jo Hee-Ra dan restorannya menjadi populer. Apa yang terjadi setelah itu? Silakan nonton ya. Oh ya, Mbak Song Ji Hyo di sini cantik banget walau jadi penyihir. 💓



Sekian dulu ya rekomendasi drama korea episode pendek versi saya. Ditunggu rekomendasi bagian ke-2 nya ya. ^^

감사합니다 Gamsahabnida!

img src: mydramalist; hancinema

2 komentar:

  1. Aku suka banget SF8 dan Witch's Dinner Mba! Bahkan yang SF8 banyak juga yang aku sukain drama-dramanya soalnya beberapa itu lebih ke genre sci-fi kan dan itu seru banget! Sisanya yang ada di list ini belom aku tonton sih karena jarang-jarang juga tau drama pendek gini

    Kalo drama pendek aku paling suka yang Romance full of Love/Vivid Love sama Queen of the Ring! Coba tonton deh Mba kalo belom, siapa tau cocok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka keduanya ❤. Iya SF8 banyak yg bagus ya... Aku nonton baru 2 sih. Belum lanjut. segera. hehe

      Iya, aku sedang banyak menonton drakor yg pendek2..

      Siiap akan ku tonton segera. Thanks Mbak rekomendasinya 😍

      Hapus

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)