Jumat, 03 Juli 2020

,

Jarang Dibicarakan, Rekomendasi Drama Korea Underrated Terbaik [Part 1]

Hai... udah lama saya tidak update blog ini. Kalau lihat dari judulnya sih pasti banyak yang bertanya? "Sudah pindah haluan?" haha belum kok masih sama dengan yang dulu. Masih suka film-film Bollywood atau India. Karena adanya wabah COVID-19 beberapa perfilman dunia sedang dalam masa krisis termasuk di India. Maka, belum banyak film baru yang rilis, hanya ada dibeberapa yang tayang di platform streaming online atau digital. 

Seperti yang kalian tahu bahwa selama berbulan-bulan Work From Home alias WFH pasti banyak yang sudah merasa jenuh dan biasanya hiburannya adalah menonton film atau drama-drama yang disukai. Begitupun saya, selama WFH saya jadi 'tertarik kembali' menonton drama-drama korea khususnya. Dengan jumlah episode yang cukup banyak, juga bisa mengisi waktu kebosanan saya karena harus #dirumahaja. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya bahwa saya sudah lama sekali tidak menonton drama korea, lebih dari 12 tahun. Itu bukan karena tidak suka tapi karena banyaknya aktivitas juga, jadi kalau udah nonton drama harus diterusin ya kan. hahha

Saya juga termasuk orang yang memilih dalam menentukan genre atau jenis film/drama apa yang akan ditonton. Seiring dengan bertambahnya usia maka jenis film yang ditonton akan berbeda. Lebih menyukai drama atau film yang memiliki sentuhan pesan moral, keluarga, persahabatan, pernikahan atau slice of life, jadi kalau nonton tidak hanya sekedar puas tapi ada pesan yang bisa kita terima. Beberapa drama yang saya tonton mungkin tidak se'hits' drama-drama korea lainnya. Selain memilih jenis apa yang saya tonton, saya juga terkadang liat para pemainnya. Biasanya pemain yang sudah berumur kualitas dramanya lebih baik dan pasti mengandung banyak pesan. 

Nah, berikut beberapa rekomendasi drama korea yang terbaik sejauh ini menurut saya. :)  Kalau ada yang mau menambahkan silakan pada kolom komentar ya. 


1. CHOCOLATE (2019-2020)

Pemeran: Ha Ji Won & Yoon Kye-Sang
Episode: 16 
Genre:  Drama, Romance
Network: JTBC, Netflix
Tahun: 2019-2020

Chocolate drama ini sangat menarik untuk ditonton karena banyak mengandung bawang alias sedih. Selain karena ceritanya juga karena Ha Ji Won yang sudah lama berakting di Korea Selatan dan Yoon Kye Sang yang juga cukup ciamik dalam berakting. 

Bercerita tentang kehidupan perjalanan hidup dan cinta pertama yang tak terduga antara Chef Moon Cha Young dan Dokter Bedah Saraf  Lee Kang. Mereka memiliki trauma dan juga masa lalu yang cukup mendalam. Bagaimana drama ini menceritakan setiap perjalanan orang mengobati masa lalunya dan berjuang dalam hidup. 


Kalau masih dikasih kesempatan untuk hidup lebih lama sama Tuhan sebaiknya jangan disia-siakan apalagi saat kita tahu bahwa umur kita tidak lama.

Drama ini memiliki alur yang cukup lambat. Walau drama ini tidak memilik rating yang cukup tinggi karena tayang di TV kabel tapi drama ini sangat bagus untuk ditonton. Banyak pesan kehidupan yang tersirat. Jangan Menyerah!  Beberapa kisah perjuangan orang-orang  di sanatorium juga akan membawa kita hanyut dalam kesedihan..

Ha Ji Won dan Yoon Kye Sang juga memiliki "shipper" yang banyak karena chemistry keduanya. Sayapun ngeShip :D Bagi yang senang dengan drama melodrama, drama ini tayang juga di Netflix. Original Soundtrack drama ini juga sangat enak didengarkan. Setelah menonton ini saya baru tahu kenapa judulnya Chocolate. 


2. What's Wrong, Poong-Sang (2019)

Judul lain: Liver or Die 
Pemeran: Yu Jun-Sang, Oh Ji-Ho, Jeon Hye-Bin, Lee Si-Young, Lee Chang Yeop, Shin Dong-Mi
Episode: 20
Genre:  Drama, Family
Network: KBS2
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2019

Drama keluarga di KBS memang selalu menghadirkan cerita yang menarik dan disukai oleh penonton Korea Selatan. Maka tak heran jika rating yang mereka hasilkan itu menjanjikan. What's wrong, Poong-Sang, menceritakan kisah kehidupan pria paruh baya Lee Poong Sang dan adik-adiknya yang bermasalah. Dia harus menghidupi adik-adiknya sejak kecil karena ditinggal oleh Ayah dan Ibunya. Dari ke-4 adiknya hanya ada satu adiknya yang memiliki kehidupan baik menjadi seorang dokter. Karena hal itu adik-adiknya merasa kalau Poong Sang pilih kasih. Ke-3 adiknya tidak memiliki pekerjaan yang layak dan masih tinggal bersama Poong-Sang. Keadaan ini juga menyulitkan ia untuk mengurus istri dan anak serta adik-adiknya. Pertengkaranpun sering terjadi di antara mereka. Walaupun sering bertengkar tapi kasih sayang mereka sangatlah terlihat.


Drama ini juga mampu menghadirkan kehangatan antara keluarga. Bagaimana seseorang kakak menjadi tulang punggung keluarga yang harus menafkahi istri, anak, dan ke-3 adiknya yang sudah dewasa dan pembuat onar. Drama ini cocok ditonton bersama keluarga karena memiliki rating 13+. Siapakan juga tisu untuk sesekali menghapus air mata.  ❤


3. My Wife’s Having an Affair this Week (2016)

Judul lain: Listen To Love (English title)
Pemeran: Lee Sun-Kyun, Song Ji-Hyo, Kim Hee-Won, Ye Ji-Won, Lee Sang-Yeob, BoA
Episode: 12
Genre:  Drama, Family
Network: JTBC
Tayang: Viki
Tahun: 2016

Dari judulnya pasti sudah tahu kalau drama ini tentang perselingkuhan. Drama ini remake dari drama Jepang, 2007. Drama ini berkisah tentang Do Hyun Woo jatuh cinta dengan Jung Soo Yeon pada pandangan pertama di perguruan tinggi dan mereka telah menikah selama 8 tahun. Kehidupan pernikahan mereka terasa biasa saja dan tidak ada masalah. Sang suami seorang Produser TV yang sukses, sedangkan istrinya wanita karir sekaligus mengurus anak dan suaminya.

Namun, suatu hari Hyun Woo menemukan pesan singkat bahwa istrinya akan bertemu dengan pria di hotel pada akhir pekan. Dia tidak memiliki teman untuk bercerita akhirnya ia menceritakan kisahnya di forum internet. Prasangka dia benar ketika memergokin istrinya bersama pria lain di hotel. 

Drama ini tidak hanya menceritakan satu kisah perselingkuhan. Tapi beberapa kisah lainnya; Pria yang suka berselingkuh, wanita yang sakit hati karena suaminya berselingkuh; dan pernikahan yang gagal.

Drama ini juga menceritakan bahwa selingkuh itu bukan karena mau tapi ada kesempatan. Bagaimana seharusnya pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Tidak pernah bertengkar bukan berarti tidak ada masalah. Terkadang perhatian kecil saja dibutuhkan oleh pasangan dan jangan menganggap bahwa pasangan kita sempurna. Hati tidak pernah ada yang tahu, apa yang sedang dirasakan. 


Maka, dari sini saya belajar bahwa kehidupan rumah tangga itu seperti mengayuh sepeda. Itu mengapa, butuh pasangan yang saling memahami dan melengkapi. Perlunya waktu dan komunikasi yang baik dalam menjalani pernikahan. Memutuskan untuk bercerai juga perlu pemikiran yang panjang dan tidaklah semudah itu. 

Apakah perselingkuhan itu bisa dimaafkan dan bisa dilupakan begitu saja? ~~ Silakan nonton ya bagaimana akhir cerita ini. Saya jadi ngefans sama Mbak Song Ji-Hyo semenjak nonton ini. 😍


4. When the Camellia Blooms (2019)

Pemeran: Kong Hyo-Jin, Kang Ha-Neul, Kim Ji-Suk, Oh Jung-Se, Yum Hye-Ra, Son Dam-Bi, Kim Kang-Hoon
Episode: 40
Genre:  Drama, Family
Network: KBS2
Tayang: Netflix, Viu
Tahun: 2019

Bagi penggemar Kdrama tentu tidak asing oleh Gong Hyo-Jin, ratu romcom. Dia selalu menampilkan akting yang menawan dan rating yang baik dalam setiap dramanya. Terbukti pada dramanya kali ini bersama Kang Ha-Neul. 

Drama ini bercerita tentang seorang ibu tunggal bernama Dong Baek di kota kecil di Korea Selatan. Dia menjalankan bar-restoran Camellia sambil merawat putranya Pil-Gu (Kim Kang-Hoon). Yong Shik seorang pemuda yang berprofesi Polisi, tidak mendapatkan restu Ibunya karena mencintai Dong Baek. Gaya bicara yang khas dan kepolosan Yong Shik membuat drama ini juga lebih seru. Bagaimana ini mencintai dan memenangkan hati Dong Baek. Kehadiran Ayah Pil-Gu tiba-tiba juga membuat kisah cinta ini menjadi pelik.


When the Camellia Blooms mengangkat isu sosial tentang bagaimana perjuangan seorang ibu tunggal yang harus berperan mencari nafkah dan mengasuh anak sekaligus. Drama ini juga menggambarkan stigma masyarakat memandang negatif pada seseorang yang berstatus sebagai ibu tunggal.

When the Camellia Blooms tidak hanya menampilkan sisi romansa tapi juga perpaduan unsur misteri yang mengungkap kasus pembunuhan di tempat tinggalnya. Beberapa pemeran pendukung juga menjadikan drama ini lebih menarik. Unsur komedi juga menjadi daya tarik menontonnya. Lalu, bagaimana menariknya tinggal di kota kecil yang sangat kekeluargaan walaupun mereka terkadang membuat Dong Baek tidak nyaman.


5. Because This Is My First Life  (2017)

Pemeran: Lee Min Ki, Jung So Min, Esom, Kim Ga-eun, Park Byung Eun, Kim Min Seok
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance, Comedy
Network: TvN
Tayang: Netflix
Tahun: 2015

Drama ini cukup jarang juga dibicarakan, apa karena para pemainnya ya? Padahal ceritanya bagus membuat kita senyum-senyum dengan kisah cinta yang menghangatkan hati. Dari karakter dingin menjadi hangat. hehe  Oh ya katanya ini kembalinya Lee Min Ki setelah hiatus selama tiga tahun. 


Because This Is My First Life menceritakan tentang Lee Min Ki (Nam Se-hee) dan dan Jung So Min (Yoon Ji-ho) yang memutuskan menikah kontrak dengan alasan saling ‘membutuhkan’ satu sama lain. Kayaknya banyak ya yang kawin kontrak karena alasan tertentu tapi malah akhirnya saling jatuh cinta. Sementara Lee Min Ki sendiri butuh penyewa apartemennya untuk mendapatkan dana untuk membayar utang dan Jung So Min butuh tempat tinggal yang murah. Awalnya Se-hee tidak tahu bahwa ternyata yang akn mengontrak di apartemennya adalah seorang wanita. 

Rasa cinta dan berbagai persoalan pun mulai muncul, termasuk masalah orang tua dan kehadiran mantan istri Se-hee. Ada banyak pelajaran selama menonton ini termasuk perihal kehidupan sosial dan pernikahan. Menariknya sosok Se-hee yang dingin itu ternyata, sosok yang idamkan juga lho, ia tidak bisa berjanji dapat membahagiakan Ji-ho kepada ibunya tapi dia tidak akan menghalangi semua impian Ji-ho. 

Selain kisah cinta Nam Se Hee dan Yoon Ji Ho, ada pasangan Ma Sang Goo – Woo Su Ji dan Shin Won Suk – Yang Horang yang juga memiliki cerita yang gak kalah seru dan juga gemas melebihi dari pasangan utama. Kisah persahabatan Ji Ho, Su Ji, dan Horang juga jadi buat kangen teman-teman. Oh ya kucingnya juga lucu banget! 💗 OST-nya juga enak-enak. 





7. Hi Bye Mama (2020)

Pemeran: Kim Tae-Hee, Lee Kyu-Hyung, Go Bo-Gyeol, Seo Woo-Jin
Episode: 16
Genre:  Drama, Family
Network: TvN
Tayang: Netflix
Tahun: 2020

Setelah lama tidak  bermain drama sejak 5 tahun lalu, Kim Tae-Hee istri dari Rain ini akhirnya muncul dengan drama yang menarik.  Cha Yu-Ri (Kim Tae-Hee) meninggal saat hamil 5 tahun lalu. Dia meninggalkan suaminya Jo Kang-Hwa dan anak mereka. Tapi ternyata ia tetap hadir dan menjadi arwah selama 5 tahun itu. Dia merasa bersalah terhadap keluarganya karena mendadak harus pergi. Lalu ia mendapatkan kesempatan berinkarnasi selama 49 hari. Jo Seo-woo sang anak ternyata selama ini selalu melihat arwah ibunya disekitarnya.


Sementara itu, Jo Kang-Hwa (Lee Kyu-Hyung) bekerja sebagai dokter ahli bedah. Memiliki trauma masuk ke ruang operasi karena tidak berhasil menyelamatkan istrinya. Dia kemudian menikah lagi dengan Oh Min-jung. Setelah 5 tahun, istrinya Cha Yu-Ri muncul kembali di depannya.

Drama ini layak ditonton bersama keluarga. Bagaimana kehangatan keluarga Cha Yu Ri dan persahabatan Cha Yu Ri bersama Go Hyun-jung. Dan, bagaimana perasaan Cha Yu Ri ketika Jo Seo-woo sendiri mengira bahwa Oh Min Jung adalah ibu kandungnya bukan dirinya. 



8. Oh My Baby (2020)

Pemeran: Jang Na-Ra, Go Joon, Park Byung-Eun, Jung Gun-Joo
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: TvN
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2020

Oh My Baby baru saja berakhir dengan rating yang di bawah rata-rata (2%) dibanding dengan drama Jang Na-Ra yang lain. Saya berpikir bahwa pasangan dalam drama juga bisa memengaruhi rating tv tersebut. Tapi, menurut saya ini drama bagus banget. :)

Jang Ha-Ri (Jang Na-Ra) adalah seorang wanita lajang dan berusia 39 tahun. Dia bekerja sebagai wakil manajer di perusahaan majalah parenting "The Baby." Dia memiliki penampilan yang cantik, tetapi dia belum berkencan dalam 10 tahun terakhir. Ini karena Jang Ha-Ri adalah pecandu kerja. Dia sudah menyerah menemukan cinta atau menikah, tetapi dia masih ingin punya bayi. Jang Ha-Ri segera terlibat dengan 3 pria; Han Yi-Sang (Go Joon); Yoon Jae-Young (Park Byung-Eun); Choi Kang Eu Ddeum (Jung Gun-Joo). [1]


Jang Ha-Ri harus menghadapi permasalahan antara memiliki bayi atau mencintai laki-laki yang juga mencintai dirinya. Sebelumnya, ia hanya berpikir memiliki bayi tanpa harus menikah karena penyakit yang dia derita. Kesempatannya hanya beberapa bulan. Kenyataan berubah ketika bertemu Yi Sang yang mencintainya dan ia cintai juga memiliki permasalahan yang sama dengannya karena subfertil. Tahu kan rasanya, bagaimana? Sayapun ikut terhanyut seolah-olah menjadi Jang Ha-Ri. Dilema dalam kehidupan. Drama ini juga mengahadapi permasalahan sosial karena ia berani memutuskan untuk memiliki bayi tanpa menikah atau menjadi surrogate mother. 

Tapi suatu hari ia pernah berkata jika harus memilih antara mencintai atau memiliki bayi dia akan memilih mencintai dan dicintai. Karena baginya dicintai juga merupakan keajaiban baginya setelah bertahun-tahun lajang. 💚 Go Joon pada drama ini menujukkan kharismanya sebagai pria cool tapi romantis.  


9. Once Again (2020)

Pemeran: Lee Min-Jung, Lee Sang-Yeob, Cheon Ho-Jin, Cha Hwa-Yeon, Oh Yoon-Ah, Oh Dae-Hwan, Lee Cho-Hee
Episode: 100
Genre:  Drama, Romance, Family
Network: KBS2 
Tayang: Netflix, Viu
Tahun: 2020

Song Young-Dal (Cheon Ho-Jin) dan Jang Ok-Boon (Cha Hwa-Yeon) telah menikah selama bertahun-tahun dan mereka memiliki 4 anak: Joon-Sun (Oh Dae-Hwan), Ga-Hee (Oh Yoon- Ah), Na-Hee (Lee Min-Jung) dan Da-Hee (Lee Cho-Hee).

Anak pertama Joon-Sun (Oh Dae-Hwan) dan anak kedua Ga-Hee (Oh Yoon-Ah) keduanya bercerai dan tinggal bersama orang tua mereka. Anak bungsu Da-Hee berjuang sebagai magang di sebuah perusahaan dan memutuskan untuk membatalkan pernikahan karena sang pacar memanfaatkannya dan berselingkuh. Anak ketiganya, Na-Hee adalah seorang dokter dan dia bekerja dengan suaminya Dokter Gyu-Jin (Lee Sang-Yeob) di rumah sakit yang sama. Tapi kehidupan pernikahan merekapun tidak berjalan baik. Na Hee harus kembali ke rumah orangtuanya pascabercerai dari Gyu Jin.
Drama ini sudah selesai tayang di Korea Selatan dan mendapatkan perolehan rating yang baik sejak tayang perdana. Once Again disukai penonton karena drama ini ringan dan bercerita tentang kehidupan yang ada disekitar kita. Saya awalnya ragu menonton ini tapi jatuh cinta sejak episode awal. Bagaimana ya perasaan orangtuanya ketika meilihat keempat anaknya bercerai dan tinggal bersama mereka setelah dewasa. Drama ini masih terus berlanjut dengan konflik keluarga dan romansa yang buat kita greget dan ikut senyum-senyum sendiri. Akankah keempat anaknya menemukan kembali cintanya? Saya ngefans sama Mbak Lee Min Jung, di drama ini cantik walau karakternya dingin.


10. Beautiful World (2019)

Pemeran: : Park Hee Soon, Choo Ja Hyun, Oh Man Suk, Cho Yeo Jung, Nam  Da Reum, Kim Hwan Hee, Lee Chung Ah
Episode: 16
Genre:  Drama, Life, School
Network: JTBC
Tayang: Netflix
Tahun: 2019

Drama Korea yang dari episode satu aja buat sakit hati dan ikut gemas. Cerita tentang perjuangan orangtua mengungkap misteri kecelakaan sang anak (Sun-Ho). Sekolah mengemukakan kalau Sun-Ho jatuh karena bunuh diri. Orangtua Sun-Ho meragukan bahwa anak mereka jatuh hingga akhirnya koma karena hal itu. Tak hanya di situ, drama ini juga mecertakan tentang bullying semasa sekolah.


Intinya, drama ini menggambarkan bagaimana peranan para keluarga memengaruhi kehidupan anak. Bagaimana sikap orangtua dalam menghadapi kasus seperti ini. Keluarga adalah yg paling mengerti kita dan tempat kita kembali. Jadi didiklah anak sebaik mungkin dengan ilmu, kehidupan, dan etika yang baik. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari nonton drama ini. ❤

Kalau nonton drama korea tentang keluarga itu, tidak menarik jika tak nangis ya hehe. Sedih, terharu, kecewa, marah, dan bahagia jadi satu paket. Keren banget ini 💯👍



11. The Wind Blows (2019)

Pemeran: Kam Woo-Sung, Kim Ha-Neul
Episode: 16
Genre:  Melodrama, Romance
Network: JTBC
Tayang: Netflix
Tahun: 2019

The Wind Blows ini bercerita tentang sepasang suami istri; Kwon Do Hoon (Kam Woo Sung) dan Lee Soo Jin (Kim Ha Neul) yang bertemu kembali setelah beberapa tahun berpisah. 

Pertengkaran sering terjadi pada rumah tangga mereka ketika Soo Jin menginginkan kehadiran anak di pernikahan mereka. Namun Do Hoon mengetahui dirinya menderita Alzheimer, ia memutuskan untuk menceraikan Soo Jin, padahal ia sangat mencintai istrinya. Do Hoon tahu ketika ia kelak memiliki anak maka ia khawatir tidak mengenali mereka.


Enam tahun setelah bercerai, Do Hoon dan Soo Jin bertemu kembali. Soo Jin memiliki anak dari Do Hoon. Soo-jin mengetahui alasan sebenarnya Do Hoon menceraikannya. Keduanya menyadari bahwa mereka masih saling mencintai, walau terkadang suaminya tidak mengenai istri dan anaknya. Drama ini bergenre melodrama, tentu menghadirkan alur cerita yang lambat tapi romantis sekaligus bittersweet


12. Chief of Staff 1 & 2 (2019)

Pemeran: : Lee Jung-Jae, Shin Min-A, Lee Elijah, Kim Dong-Joon, Jung Jin-Young, Kim Kap Soo, Jung Woong-In,  Kim Hong-Fa
Episode: 20/ 10 per episode
Genre:  Drama, Politik, Hukum
Network: JTBC
Tayang: Netflix
Tahun: 2019

Chief of Staff merupakan drama bergenre politik yang bercerita tentang pertaruhan yang dilakukan oleh para politikus di Korea Selatan.

Jang Tae-Jun (Lee Jung-Jae) adalah anggota kepolisian  karena Dia ingin mendapatkan lebih banyak kekuasaan dan memutuskan untuk bekerja di Majelis Nasional. Dia di parlemen sebagai Chief of Staff yang memiliki intuisi yang bagus, tegas, dan keinginan kuat untuk menang. Dia mampu menempatkan anggota parlemennya di posisi perwakilan partai, tetapi Jang Tae-Jun memiliki ambisi yang lebih tinggi.

img scr: soompi.com

Sementara itu Kang Seon-Yeong (Shin Min-A) adalah anggota parlemen tahun pertama yang terpilih melalui perwakilan partai dan merupakan juru bicara partainya. Dia bekerja sebagai pengacara dan pernah menjadi pembawa acara program TV terkini. Dia juga ambisius dan melakukan pekerjaannya dengan baik. Kang Seon-Yeong dan Jang Tae-Jun juga diam-diam berkencan. [2] Mereka punya ambisi yang sama di dunia politik untuk mengetahui permainan apa yang terjadi di gedung Majelis Nasional dan saling bekerja sama.

Jika senang dengan drama politik dan hukum, drama ini juga bisa menjadi alternatif.  Selain itu para pemain pendukung juga berhasil memerankan dengan sangat baik. Walaupun drama ini bergenre politik tapi romansa antara Shin Min Ah dan Lee Jung Jae juga menarik untuk ditonton. 


BACA JUGA: REKOMENDASI DRAMA KOREA PART 2

13. Whisper (2017)

Pemeran: Lee Bo-Young, Lee Sang-Yoon, Kwon Yool, Park Se-Young, Kim Kap-Soo, Kim Hong-Fa
Episode: 17
Genre:  Drama, Politik, Hukum
Network: SBS
Tayang: VIU
Tahun: 2017

Whisper ini menceritakan tentang perjuangan seorang detektif polisi bernama Shin Young Joo untuk membuktikan bahwa sang Ayah tidak bersalah karena dituduh membunuh seorang reporter. Selanjutnya kasusnya di ambil oleh hakim Lee Dong Joon yang terkenal jujur dan adil. Namun karena kekuasaan firma hukum di Korea, Lee Dong Jun tertekan karena CEO dari Taebaek Law Firm mengancamnya untuk menghukum Ayah Shin Young Joo walaupun dinyatakan tidak bersalah. Shin Young Joo akhirnya mencoba membalas dendam kepada Lee Dong Joon.


Drama ini juga menarik karena perjuangan detektif wanita melawan hakim dan kekuasaan Firma hukum. Lee Bo Young ternyata ciamik juga berperan sebagai detektif yang tegas. Seperti biasa Lee Sang Yoon tipe Ahjushi yang kalem gitu tapi perannya juga bagus sebagai Hakim yang terdzalimi juga oleh Mertuanya. Lee Dong Joon dipaksa menikah dengan anaknya, Choi Soo-Yeon padahal dia memiliki pacar Kang Jung-Il. Pemeran lain juga lebih banyak antagonis jadi terkadang kesal sendiri nontonnya. :p Intinya jangan bermain-main dengan hukum karena endingnya selalu lebih parah. 

Jika bosan dengan drama genre romantis, Whisper menarik juga untuk ditonton. Walaupun tentang drama hukum, tapi selalu ada kisah romansa yang membuat kita juga ikut terlena. Chemistry Lee Bo-Young dan Lee Sang-Yoon juga ternyata baguus. Whisper juga meraih rating yang baik sehingga termasuk drama yang sangat dinanti setiap episodenya.


14. Marriage Contract (2016)

Pemeran: Lee Seo-Jin,  Uee
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance
Network: MBC 
Tayang: VIU, Netflix
Tahun: 2016

Drama Marriage Contract bercerita tentang kisah Kang Hye-Soo tinggal bersama putrinya Eun-Sung setelah kematian suaminya. Dia terus-menerus diburu oleh rentenir karena hutang  suaminya. Hye-Soo mulai bekerja di restoran yang dikelola oleh Han Ji-Hoon. Kemudian Dia mengetahui bahwa dia memiliki tumor otak dan dia membutuhkan uang untuk putrinya setelah dia meninggal. 

Hye-Soo sengaja mendengar dari Ji-Hoon bahwa ia mencari donor hati untuk ibunya. Hubungan Ji Hoon dan Ibunya juga tidaklah baik. Untuk mewujudkannya secara hukum, Ji-Hoon berencana untuk menikahi si pendonor. Hye-Soo bersikeras kepada Ji-Hoon bahwa dia ingin menjadi donor. Ji-Hoon, tidak menyadari tumor otak Hye-Soo, Ji Hoon menerima tawarannya dan mereka menyiapkan kontrak pernikahan. 


Di drama korea biasanya kalau sudah seperti ini mereka saling jatuh cinta. Romansa itulah yang menjadi menarik dalam drama ini. Bagaimana perjuangan Hye Soo melawan penyakitnya dan Ji Hoon mencoba menyelamatkan Ibunya. Drama ini juga berhasil meraih rating yang baik sampai akhir episode. Chemistry antara Lee Seo Jin dan Uee yang terpaut usia 15 tahun pun terjalin dengan baik dan membuat penonton baper. 



15. Live Up to Your Name (2017)

Pemeran: Kim Nam-Gil, Kim A-Joong
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance, Medical, Fantasy
Network: TvN
Tayang: Netflix, VIU
Tahun: 2017

Drama yang menjadi comeback-nya Kim Nam Gil setelah 4 tahun vakum bermain drama bersama Son Ye Jin. Berlatar belakang dunia medis, Live Up To Your Name ini menceritakan kisah tentang dua dunia yang berbeda. Tabib Heo Im dikenal hebat dan murah hati. Ia adalah seorang dokter oriental, diakui sebagai yang terbaik dalam akupunktur dan pada Era kerajaan Joseon. Keberhasilannya akhirnya diabaikan karena statusnya sosialnya yang rendah.

Suatu hari, Heo Im melakukan perjalanan waktu dan mengetahui dirinya di Seoul, 400 tahun kemudian. Di sinilah Dia bertemu Choi Yeon-Kyung. Dia adalah dokter yang hanya percaya pada pengobatan modern ia sendiri benci pada kekuatan akupuntiur karena kakeknya yang berprofesi sebagai dokter ahli pengobatan alternatif  menolak untuk membawa putrinya yang sakit parah ke rumah sakit. 

Pada suatu hari akhirnya Heo Im hasrus kembali ke Era Jonson dan meninggalkan Yeon Kyung yang sudah jatuh cinta padanya. Huhuhu 


Ini kali pertama saya melihat akting Kim Nam Gil dan Kim A Joong dan saya merasa akting keduanya bagus alau dibalut dengan drama romantic-comedy. Ceritanya juga bagus menggabungkan sisi tradisional atau akupuntur dengan modern.  Ternyata banyak juga yang shipper mereka berdua yang dijuliki KimCouple atau GumCouple. :D


16. Goblin (2016)

Judul lain: Guardian: The Lonely and Great God/Goblin 
Pemeran: Gong Yoo, Kim Go-Eun
Episode: 16
Genre:  Drama, Romance, Medical, Fantasy
Network: TvN
Tayang: Netflix, VIU
Tahun: 2016

Pada zaman kuno, Kim Shin (Gong Yoo) adalah seorang jenderal yang tidak terkalahkan dalam perang, tetapi Raja muda (Kim Min-Jae) cemburu pada Kim Shin dan membunuhnya. Kim Shin menjadi Dokkaebi (Goblin), memiliki kehidupan abadi. Awalnya dia berpikir bahwa dia diberkati, tetapi dia menyadari bahwa dia dikutuk.

Kim Shin telah menunggu 900 tahun untuk pengantin wanita untuk mengakhiri hidupnya yang abadi. Suatu malam, ia menyelamatkan seorang wanita hamil yang sekarat (Park Hee-Von) yang ditakdirkan untuk mati. Sementara itu, Malaikat Pencabut Nyawa (Lee Dong-Wook) tidak dapat menemukan wanita hamil yang meninggal. Wanita itu melahirkan bayi perempuan bernama Ji Eun-Tak (kemudian diperankan oleh Kim Go-Eun). Sembilan tahun kemudian, Ji Eun-Tak tinggal bersama ibunya dan bisa melihat hantu. Suatu malam, ibunya tiba-tiba meninggal. Pada malam itu, dia bertemu dengan Malaikat Pencabut Nyawa. [3]

Chemistry yang nyata sangat terlihat dari keseluruhan aktor dan aktris utama dan juga para pendukung Goblin. Soundtrack juga membuat Goblin sukses tak hanya mata tapi juga telinga penonton yang terhibur. Drama ini menjadi drama sukses tahun 2016 di saluran TV kabel. 


17. My Mister (2018)

Pemeran: Lee Sun-Kyun, IU, Ko Du-Shim, Park Ho-San, Song Sae-Byeok
Episode: 16
Genre:  Drama
Network: TvN
Tayang: Netflix
Tahun: 2018

Park Dong Hoon (Lee Sun Kyung) adalah seorang insinyur 40 tahunan yang menikah dengan pengacara Kang Yoon Hee (Lee Ji Ah). Istrinya diam-diam berselingkuh dengan seorang eksekutif senior di perusahaan konstruksi tempat dia bekerja. Yoon-Hee ingin menceraikan Dong-Hun dan menikahi eksekutif, Joon-Young (Kim Young-Min). Dong-Hun juga memiliki dua saudara lelaki yang tinggal bersama ibunya. Kakak laki-laki tertua, Sang-Hoon (Park Ho-San), tidak memiliki pekerjaan dan dia terpisah dari istrinya. Gi-Hoon (Song Sae-Byeok) adalah saudara termuda dan dia ingin menjadi sutradara film.

Suatu hari, Dong Hoon menerima suap yang tidak terduga dan rekan kerjanya Lee Ji An (IU) melihatnya. Ji An adalah pekerja paruh waktu di perusahaan Dong Hoon. Ia memiliki hutang banyak diusianya yang masih 20 tahun-an. Ji An juga memiliki seorang nenek yang tidak bisa bergerak sendiri sehingga ia harus merawatnya seorang diri. Dong Hoon kemudian terjerat dalam perjuangan saudara-saudaranya untuk bangkit kembali dan persaingan internal perusahaan antara CEO perusahaan dan orang-orang yang menentangnya, sementara itu ia tidak mengetahui bahwa CEO Joon Young ingin menyingkirkannya dan Ji An adalah bekerja untuk CEO Joon Young. [4]


Pada episode awalnya drama ini memang berjalan lambat dan lumayan membosankan tapi setelah beberapa episode drama ini menjadi sangat menarik dan menantikan kelanjutannya. Banyak sekali pesan yang terkandung dalam drama ini, tak heran My Mister ini menjadi salah satu drama terbaik di tahun 2018. Karakter IU di sini juga berbeda dari drama-drama yang sudah ia bintangi. Drama ini tentang luka mereka yang sulit terobati dan bagaimana seseorang menemukan kebahagiaan dan rasa nyaman. Betapa beratnya hidup, semua orang punya hak yang sama untuk meraih kebahagian ;) 


Sekian dulu ya rekomendasi drama korea versi saya. Nanti akan saya lanjut pada bagian 2. hehe mudah-mudahan dalam waktu dekat. 😀 Maklum kamus drama korea saya masih  sedikit tapi saya suka drama-drama yang ada slice of life-nya. 

감사합니다 Gamsahabnida!


img src: mydramalist; hancinema

2 komentar:

  1. Dari seluruh drama yang di rekomendasiin favoritku ada di Goblin, Hospital Playlist dan Hi, Bye Mama! Semuanya bagus, genrenya beda-beda, mengaduk-aduk emosi banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaah Goblin ada Bang Gong Yoo ^^
      iya beda genre tapi keren yaa.....

      Hapus

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)