Selasa, 23 Oktober 2018

, ,

Traveling ke Thailand: Hai Bangkok & Main ke Madame Tussauds Bangkok [Part 1]

Hai. Kali ini saya akan bercerita tentang trip saya ke Thailand pekan lalu 12-15 Oktober 2018. Seperti yang kita tahu bahwa di Asia Tenggara, Thailand juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik buat di kunjungi. Banyak tempat-tempat yang bisa kita jelajahi di sana, mulai dari wisata budaya, sejarah, dan juga alam. Nah, pada ulasan akhir, saya akan memberikan persiapan apa saja sebelum terbang ke Negeri Gajah Putih, Thailand. Walaupun kami sendiri menggunakan travel tapi tak jauh berbeda dengan persiapan traveling tanpa guide

Sekitar satu bulan yang lalu kami memesan tiket pesawat dan penginapan di Thailand. Maskapai yang kami gunakan adalah Malindo Air untuk keberangkatan dan Thai Lion Air untuk kepulangan. Mengapa mengunakan maskapai tersebut? karena dibanding dengan maskapai low cost lainnya harganya tidak jauh berbeda jika menggunakan bagasi. Namun, jika kalian ingin mencari yang murah dengan bagasi kabin 7 kg bisa menggunakan Air Asia. Tapi, sepengetahuan saya berselancar di internet banyak promo-promo tiket pulang pergi yang harganya kurang dari 3 juta sekitar 2,5 atau 2 juta saat promo. Sebenarnya karena menggunakan jasa travel dan tour (Indonesian Traveler) maka tidak begitu khawatir selama di sana, berbeda dengan trip saya tahun lalu saat ke Malaysia dan Singapura. Trip kali ini Bersama dengan beberapa ibu pejabat, alias Bos 😁

DAY 1

1. Tiba di Kuala Lumpur dan Welcome to Bangkok

Berangkat dari Bandung sekitar jam 9 malam dan sampai di Bandara Soekarno Hatta terminal 2 sekitar jam 2 dini hari. Kondisi Jakarta yang macet maka kami mempercepat perjalanan walaupun biasanya saat malam Bandung ke Jakarta ditempuh sekitar 3 jam. Untuk waktu check-in di Bandara baru dibuka sekitar jam 3 pagi. Kami menunggu sekitar 1 jam, untung bekal lontong isi dan roti jadi perut aman sampai nanti di pesawat. Setelah check in jangan lupa untuk mendatangi imigrasi untuk memberikan cap keluar dari Indonesia dan jika anda beruntung akan ditanya tentang kepergian anda ke Thailand untuk apa. 😁

Penerbangan kami pukul 05.25 dan sampai Kuala Lumpur International Airport 1 jam 08.35 waktu Kuala Lumpur (GMT/UTC +8). Ternyata pada saat transit kami tidak perlu lagi mendatangi imigrasi di sana dan diperbolehkan untuk ke gate penerbangan ke Bangkok. Dari Kuala Lumpur jam 09.55 sampai di Bangkok sekitar jam 11.05. Tidak ada perbedaan waktu antara Indonesia dan Bangkok. Sebagai pengguna maskapai low cost maka kami tiba di Bandar Udara Internasional Don Mueang. Bandara ini merupakan bandara lama dan digantikan dengan Bandar Udara Internasional Suvarnabhumi yang konon lebih bagus dan nyaman. Letak Bandara Don Mueang dan Suvarnabhumi bertolak belakang yang satu di timur dan satu lagi di barat. Jaraknya sekitar 36 KM.

Don Muang International Airport; via www.donmueangairport.com

Suvarnabhumi International Airport; Via Skytrax

Sesampainya di Bangkok Thailand lalu ambil bagasi dan ke imigrasi untuk cap paspor bahwa anda sedang berada di Thailand selama beberapa hari. Beda dengan Malaysia, di imigrasi Bangkok saya menjumpai banyak wisatawan asing dari Eropa dan Amerika yang ingin berwisata di sini. Kalau di Indonesia itu seperti di Bali, kita akan menjumpai banyak bule. 😁 Cuaca Thailand hari itu berkisar 33ΒΊC.☀ Sampai di Bangkok sekitar jam 12 maka kami memutuskan untuk makan siang dan check-in hotel.

2. Maedah Restaurant

Di Bandara kami sudah dijemput oleh mobil Hiace yang sudah dipesan Kang Indra, selaku Travel Guide kami.  Perjalanan dari Bandara menuju Hotel sekitar 30-45 menit. Sebelum check-in di Hotel kami diajak untuk makan siang dekat hotel. Letaknya sekitar 100 meter saja dari Hotel. Nah, tahu kan rasanya perut sedang bergoyang dangdut? alias lapar hehe. Sebagai informasi bahwa tidak banyak restoran yang menyediakan makanan halal. Pilihan kami jatuh pada Maedah Restaurant. Selain karena dekat, tempatnya juga enak dan interiornya sangatlah khas, bernuansa Timur Tengah atau muslim, walaupun tempatnya berada di tengah-tengah Pasar Pratunam. Restoran ini tidak hanya menyediakan makanan khas Thailand tapi juga menyediakan makanan India, Arab, Eropa, dan Tiongkok. Bagaimana tentang makanannya? Akan saya bahas nanti ya, di edisi selanjutnya πŸ˜›

3. Baiyoke Suite Hotel

Selesai makan lanjut untuk check-in di Baiyoke Suite Hotel. Baiyoke Suite Hotel ini terletak di tengah kota, di 130 Ratchaprarop Rd, Khwaeng Thanon Phaya Thai, Khet Ratchathewi, Krung Thep Maha Nakhon 10400, Thailand atau di daerah Pasar Pratunam atau Pratunam Market. Dan ternyata setelah masuk ke kamar, luas banget. Saya coba seluncur ke websitenya, luas kamar ini sekitar 55 m². Bisa dibayangkan? Kamar ini terdiri dari ruang tamu dengan sofa dan ruang tidur. Hanya ada dua tipe, superior dan executive suite. Ini sih bisa sekamar 6 sampai 8 orang juga masih cukup. hahaha Tapi karena sudah dipesan sekamar berdua maka selamat menikmati hotel yang luas ini. Harga menginap di tempat ini sekitar 1,600 TBH atau Rp752.000,- per malam.  Untuk sekelas Bangkok, saya tidak merekomendasikan hotel ini jika sekamar berdua, kalau berempat akan masuk hitungan list lah ya! Tapi, hotel ini bisa diisi 3-4 orang kok. Di Bangkok banyak penginapan lain yang lebih murah namun bagus, sekitar Rp300.000-Rp400.000,- per malam. Berhubung kami bergrup dan sudah diurus oleh travel jadi saya ikut aja hee. Nah, setelah check-in kita akan lanjut ke tempat selanjutnya.

4. Central World Mall

Tujuan kami seharusnya adalah ke Wat Arun, Wat Pho, dan Grand Palace. Menurut Pak Supir bahwa ketiganya tutup sekitar jam 17.00. Perjalanan dari Hotel ke Grand Palace sekitar 20 menit atau 9 KM dan ini sudah menunjukkan pukul 15.30. Sebenarnya waktunya cukup sih tapi kami mengurungkan niat untuk mengunjungi tempat tersebut dan pindah menuju Central World Mall. Karena dua orang dari grup kami masih berada di hotel maka kami dialihkan ke sini supaya lebih dekat menuju Madame Tussauds.

Ada apa aja di sana? Ternyata CentralWorld adalah pusat perbelanjaan dan kompleks  pertokoan di Bangkok, Thailand dan terbesar kesebelas di dunia. Di sana menjual segala barang bermerek. Nah, lho. Namun, bagi yang memiliki budget segala "pas" tidak disarankan nih untuk belanja di sana, tahu-tahu uangnya habis. haha Kalau di Indonesia ya seperti Grand Indonesia & Pasicif Place di Jakarta. Mall yang terletak di Ratchadamri Road ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Di luar Mall ini sedang ada bazar makanan, minuman, dan souvernir. Nah, sebagai orang muslim, banyak makanan yang tak halal di sana. Banyak makanan yang mengandung babi. Sebagai muslim yang hanya bisa dimakan, yaitu mango sticky rice (50 TBH), durian (50 TBH), atau sekedar minum air kelapa (30 TBH) melepas dahaga. *1 baht: Rp470.

Di dalam CentralWorld Mall ini juga ada kedai yang menjual Thai Tea, namanya Cha Tra Mue. Ini seperti kedai kopi yang banyak hits di Indonesia. Setelah saya cari tahu ternyata ini salah satu Thai tea yang enak juga di Bangkok. Cha Tra Mue menyediakan berbagai macam rasa termasuk coklat cocoa yang juga enak! seperti ada thai tea nya. Cha Tra Mue juga menyediakan thai tea untuk kita seduh sendiri yang bisa diminum dengan air panas atau dingin. Harganya TBH 160 atau sekitar Rp75.000 per 500 gram. Enak sih katanya. hehe Saya belum coba karena saya beli dengan merek berbeda. πŸ˜€

5. Madame Tussauds

Perjalanan dari Central World Mall ke Madame Tussauds sekitar 10-15 menit saja. Madame Tussauds adalah sebuah museum lilin terkenal di London, Inggris dan memiliki beberapa cabang di kota-kota besar dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin Marie Tussaud.  Madame Tussauds kini telah buka diberbagai benua termasuk Asia. Di Asia ada di Singapura, China, Tokyo, Delhi, Beijing, Bangkok, dan negara lainnya. Museum lilin ini juga menjadi salah satu tempat favorit di Bangkok. Madame Tussauds ini ternyata terletak di dalam pusat perbelanjaan, Siam Discovery Center, Lantai 6. Untuk menuju ke sini Anda juga bisa Naik BTS ke Siam Station, jalan kaki ke Mall Siam Discovery.

siamdiscovery.co.th

Begitu masuk ke museum ini, kami disambut oleh patung Raja dan Ratu Thailand. Berjalan sedikit kami bertemu dengan Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno yang berdiri tegak dengan baju setelan putih nan menawan. Merdeka!! Tak lupa burung Garuda, Bhineka Tunggal Ika menemani di sampingnya. Keren juga ya, bisa berfoto sama Bung Karno. Bangga! hehe Mirip banget sih. Selanjutnya ada Mahatma Gandhi dan Mahatir Mohamad. Banyak  lagi tokoh-tokoh besar lainnya yang melengkapi koleksi Madame Tussauds ini. Mulai dari tokoh Pemimpin Asia dan Dunia, seperti Barack Obama, Narendra Modi, dsb. Ada musisi seperti Michael Jackson, Lady Gaga, Anggun dan One Direction. Lalu atlet bola seperti, David Beckham, Steven Gerrard, dsb, tokoh seni dan ilmu pengetahuan teknologi, tokoh sejarah, aktor dan aktris film dan televisi, seperti Brad Pitt, Leonardo Dicaprio, dsb. Selain itu, ada juga satu tempat bertuliskan IIFA. Apa itu IIFA? IIFA adalah acara penghargaan film India atau Bollywood Film dan  pada tahun 2018 ini digelar di Bangkok walau dulu berhembus kabar akan diselenggarakan di Bali namun akhirnya batal. Jadi, sebagai kenangannya mereka membuat beberapa patung  lilin Aktor Bollywood.

Sementara yang lain asyik berfoto dan berpose dengan tokoh-tokoh kesayangannya, saya juga tak kalah ketinggalan untuk berfoto bersama Aktor Bollywood. Kenapa mereka? Achaa!  ya karena kapan lagi bisa ketemu sama para Aktor Kabhi Kushi Kabhi Gham. Ada Om Shah Rukh Khan, Mas Hrithik Roshan, dan ada Opa Amitabh Bachchan. Ada satu lagi nih Bang Prabhas, bagi yang sudah melihat film Baahubali pasti kenal dan kece banget ya. Kalau saya lihat mereka di film-film sih ini mirip banget mukanya bahkan mungkin sampai tinggi badannya. 😍 Ya belum ketemu aslinya, minimal patung lilinya aja dulu. Ini juga udah bahagia kok. Bangeet….πŸ’—

Nah, kalau saya disuruh sebutkan satu per satu, banyak juga karena sepertinya hampir ada 100 tokoh di sana. Mari datang ke sini aja saat ke Bangkok! Dijamin seru. Di sini ada toko yang menjual berbagai cinderamata Madame Tussauds jika sekedar ingin mencari buah tangan.  Anda bisa lihat info selengkapnya dan juga bisa download peta di website-nya: madametussauds.com/Bangkok/en/.

Setelah puas menikmati patung lilin yang kece-kece itu, kemudian kami diajak untuk melihat film Ice Age 4D yang masih di area yang sama. Film ini diputar sekitar 10 menit. Nonton Ice Age dengan kacamata 4D nya ini seperti berpetualangan bersama Sid dan kawan-kawan terasa nyata dengan turunnya salju buatan dari atas kepala. Seru! hehe ⛄

Harga tiket masuk:
Tiket Online Saver:
Dewasa (11 tahun keatas):  794 baht;
Tiket Early Bird (Masuk sebelum jam 12 siang ):
Dewasa (11 tahun keatas):  645 baht;

Cek harga tiket bisa di sini: https://www.madametussauds.com/bangkok/en/tickets/ atau via traveloka juga suka dapat harga promo.

6. Food Republic Siam Center

Habis main terbitlah lapar. Nah, di Siam Discovery ini terdapat gedung food court atau food republic yang menjual aneka makanan dan minuman. Tapi, bagi yang muslim harus tetap pilih-pilih makanan ya! Carilah yang halal. Tempatnya luas dan nyaman. Menu yang menjadi favorit di Thailand ini salah satunya adalah Pad Thai, maka saya membeli Pad Thai Chicken. Jika sekilas dilihat memang seperti Kwetiau Goreng, karena emang adik kakak sih. Pad Thai ini dibandrol dengan harga 60 Baht atau sekitar Rp30.000. Rasanya menurut saya sih enak, cuma kurang manis aja sedikit. Kecap di sini tidak popular nih. Jadi mau tidak mau harus tetap dimakan apalagi saat lapar. πŸ˜‰

Sebelum tiba di Thailand ada beberapa tips dari saya ketika akan trip atau traveling dan atau tanpa guide:
  1. Cari Maskapai penerbangan yang sesuai dengan kantong Anda. Persiapkan tanggal kapan pergi dan akan pulang. Ini juga penting untuk Anda yang ingin mencari harga tiket promo. Selain via travel online, Anda juga bisa mengunjungi beberapa pameran travel fair yang bisa mendapatkan maskapai bintang 5 tapi harga promo.
  2. Persiapkan paspor dan pastikan paspor Anda masih berlaku maksimal 6 bulan pada saat penerbangan.
  3. Mempersiapkan Peta Wisata. Untuk mencapai daerah yang kita tuju, harus tahu kita menginap di mana dan akan kemana saja. Peta wisata tak lagi seperti dahulu sudah ada aplikasi peta digital yang memudahkan anda mencari lokasi.
  4. Mempersiapkan Peta Transportasi Umum. Di Thailand banyak transportasi umum menggunakan BTS Skytrain, Airport Rail Link, Tuktuk atau taksi. Cek jalur BTS: http://www.bangkok.com/bts/ dan http://www.bangkok.com/airport-rail-link.htm
  5. Mempersiapkan aplikasi transportasi online. Ini juga sangat penting saat anda berada di sana, jika butuh mendadak tak ada lagi transportasi umum, Anda bisa menggunakan aplikasi online saat di sana.
  6. Tempat penginapan dekat pusat kota atau transportasi umum. Ini juga menjadi hal yang penting. Untuk memudahkan Anda berjalan dan atau tanpa guide di sana.
  7. Mempersiapkan uang Baht dalam jumlah cukup. Karena tak banyak dijumpai Money Changer di setiap perjalanan hanya di tempat tertentu, seperti Mall, Stasiun, atau Hotel. Harganyapun akan berbeda dengan Anda menukar di Indonesia.
  8. Mendaftarkan Paket Data Internet. Memiliki paket data juga hal yang penting selain untuk berkomunikasi juga untuk kepentingan lainnya, seperti update status πŸ˜‰. Di Bangkok sinyal yang cukup stabil digunakan adalah Telkomsel karena sudah bekerja sama dengan Indonesia. Sebaiknya, mengaktifkan paket data dari Indonesia saja agar lebih aman. Dengan menekan *266# pada ponsel dan pilih Paket Asia Australia.
Nah, Tempat-tempat ini yang menjadi pilihan kami saat menikmati Bangkok di hari pertama. Bagaimana trip kami di hari ke-2 ya? Pasti lebih seru dan menarik. Mari berburu tiket promo. Ajak teman atau keluarga akan menambah kebahagian saat traveling lho! Selamat berlibur ya guys! πŸ˜ŽπŸ™†✈