Menikmati Makanan India di Spice Affair Bandung

By Deph - Desember 14, 2021

Belum pernah mencoba makanan khas negara Bollywood alias India? Kalian perlu datang ke restoran Spice Affair Bandung Indian Fusion Cuisine. Restoran ini terletak di Jalan Sukajadi No 186, Pasteur, Sukajadi, Bandung. Restoran ini dibuka pada tahun 2018. Saat ini masih jarang ditemukan restoran yang mengusung konsep ala India di Bandung.


Akhirnya saya bisa kembali menikmati makanan India nih. Saat memasuki restoran ini, kita akan disambut oleh patung Ganesha dan beberapa ornamen atau lukisan yang sangat mencirikan India. Kita juga akan dimanjakan dengan kemegahan restoran atau arsitektur yang identik dengan India. Pernah lihat sinetron India dengan rumah megahnya? Iya, mirip-mirip itu lah. 😁


Dilansir dari era.id pemilik restoran Spice Affair, Yogi Daryanani, mengatakan bahwa ornamen restoran ini mengusung filosofi Rangoli. Konsep tersebut memiliki makna 'Keagungan' dan 'Keberuntungan'. Dia berharap pelanggan restoran ini merasa sebagai seorang Raja. Konsep tersebut sejalan dengan pelayanan mereka yang ingin memanjakan pengunjung dengan aneka kuliner khas India dengan tempat yang nyaman.

Jangan heran ya saat masuk hingga sepanjang makan kita akan ditemani dengan lagu-lagu India. Sekali-kali mendengarkan musik Bollywood-lah ya. Kalau saya sih sudah sering ya, hampir setiap hari. Tanpa sadar saya malah ikut terhanyut dan sesekali berdendang. 😁



Ada menu apa saja di restoran ini? Bisa cek langsung di instagramnya Spice Affair ya (https://www.instagram.com/spiceaffair.bdg). Menunya sangat banyak dan beragam, mulai dari bermacam-macam kari, roti, biryani, hingga hidangan penutup yang tak kalah menggugah selera. 

Saya ke sini tidak sendirian, kali ini saya ditemani teman-teman yang baru pertama kali makan makanan India. Jadi, saya memastikan untuk memesan makanan yang masih pas dengan selera mereka. Makanan  dari India itu memang terkenal kental dengan rempah-rempahnya. Salah satu makanan yang terkenalnya adalah kare/kari. Bagi yang sudah pernah makan makanan Aceh tidak akan terasa begitu asing dengan kari India. 

Saat membuka menu, rasanya ingin sekali memesan semua. Oh ya, saya bisa membantu teman-teman untuk memilih makanan tanpa bantuan pelayannya lho! haha Menerangkan ini makanan apa dan sebagainya.  

Pesan apa saja selama makan di sini? 

ROTI CANE KARI (ROTI CANAI CURRY)

Tak lengkap kalau tidak mencicipi roti canai khas India kan. Roti canai atau roti chenai, juga dikenal sebagai roti cane dan roti prata, adalah hidangan roti pipih yang berasal India dan dapat dijumpai di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.⁠

Roti canai di restoran ini terdiri atas tiga rasa, ada yang plain, chicken (ayam), dan mutton (domba). Di India sendiri lebih banyak yang makan domba daripada daging sapi, karena di sana tidak boleh makan sapi ya. Sapi merupakan simbol suci dan mulia bagi agama Hindu di India. 


Saya memesan rasa plain karena biar tidak terlalu kaget jika dimakan dengan kuah kari. Rasanya enak. Kuah karinya tidak terlalu "kuat" untuk dimakan oleh orang Indonesia. Bumbu rempahnya tetap terasa hanya saja lebih menyesuaikan lidah orang Indonesia ya. Mungkin yang rasa mutton akan jauh lebih kuat daripada plain. Satu porsi ini bisa dimakan 1-3 orang ya. Jika kalian vegetarian, roti canai juga cocok dipadukan dengan kari non-vegetarian dan vegetarian. Harga  roti canai plain Rp70.000,-.

ROTI NAAN (NAAN)

Roti naan memang tampak mirip dengan roti canai. Tapi dalam pembuatannya, tepung gandum tidak dicampur minyak, melainkan diganti dengan ragi dan yoghurt. Maka bentuk naan lebih mengembang dibanding canai yang secar tekstur lebih tipis. Naan dipanggang secara tradisional di Tandoor (oven India). Kami memilih rasa butter untuk naan-nya.  Biasanya orang India makan naan itu sebagai pengganti nasi. Bisa dicocol dengan ayam tandoori, domba atau dengan kuah kari. Naan ini juga enak, rasanya pas. Mungkin lain kali saya perlu mencoba rasa lain. Naan juga⁠ tersedia rasa yang lain, seperti Garlic, Onion, Methi, Pudina, dan Kashmiri,atau Cheese untuk toppingnya.😍 ⁠Satu porsi ini bisa dimakan 1-2 orang. Sendirian juga bisa. Tapi enak berdua daripada sendirian sih .^^ Harga roti naan ini Rp35.000,-.

Cheese Naan. Foto: https://www.instagram.com/spiceaffair.bdg

AYAM TANDOORI (TANDOORI CHICKEN)

Ayam Tandoori adalah hidangan populer di India. Nama 'Tandoori' berasal dari oven tanah liat yang disebut 'Tandoor.' Ayam Tandoori adalah ayam yang direndam dalam campuran yogurt, jus lemon, dan rempah-rempah. Proses marinasi adalah membuat bumbu meresap ke dalam daging ayam. Panggang di Tandoor untuk mendapatkan tekstur yang lembut, kenyal, dan hidangan yang beraroma. [1]


⁠Hidangan utama yang saya pilih adalah ayam tandoori. Makanan ini merupakan salah satu makanan favorit dari India. Ayamnya lembut dan rasa rempah-rempah di ayamnya juga enak. Pas sekali kalau dimakan dengan nasi biryani atau naan. Saya sudah beberapa kali mencoba ayam tandoori dan rasanya berbeda-beda. Ayam tandoori di sini masih jadi favorit saya. Satu porsi ini bisa untuk 1-3 orang. Harga ayam tandoori ini adalah Rp110.000,-.

Foto: https://www.instagram.com/spiceaffair.bdg

NASI BIRYANI (DUM HANDI BIRYANI)

Hidangan yang terakhir kami pesan adalah nasi biryani. Menu nasi biryani di Spice Affair ini juga bermacam-macam. Ada yang dihidangkan di piring ada yang di dalam claypot. Rasanya juga bervarian mulai dari yang plain, veg, egg, chicken, mutton, dan prawns. Kami memilih yang Dum Handi Biryani Chicken. Saat nasi ini dihidangkan di meja, masih dalam keadaan panas keluar dari oven dan tertutup roti di atasnya. Nasi biryani itu berbeda dengan nasi yang ada di Indonesia. Selain dari jenis berasnya yang berbeda, lalu teksturnya, menurut saya, nasi biryani lebih cepat kenyang. Itu mengapa satu porsi ini bisa untuk 1-3 orang. Nasi biryani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempahnya sangat terasa. Harga nasi biryani juga berbeda-beda, untuk Dum Handi Biryani Chicken ini adalah Rp135.000,-.


MANGGO LASSI

Setelah makan yang enak-enak kali ini saya memutuskan untuk memesan minuman yang segar, Manggo Lassi. Mango Lassi, minuman yang populer di India dan Pakistan karena memiliki rasa manis dan segar. Lassi itu sejenis minuman yoghurt yang terdiri dari buah segar yang berpadu dengan rempah-rempah. Rasanya sayang ya kalau sudah sampai sini minumnya es teh manis. hahaa. Saat disajikan, warna dan teksturnya sekilas mirip dengan jus mangga. Awalnya saya mengira rasanya kurang cocok, tapi setelah diminum rasanya enak dan tidak bikin enek. Rekomen banget buat kalian yang ingin minuman segar. Selain manggo lassi tersedia rasa lainnya, seperti rose, plain, dan strawberry. Harga manggo lasi sekitar Rp40.000,-.


INDIAN CHAI (TEH INDIA)

Nah bagi yang suka nonton film-film India dan sering melihat mereka minum teh, kok beda sih tehnya? Iya, India punya teh yang sangat khas biasa disebut, chai. Teh ini juga wajib dicoba. Sekilas memang mirip dengan teh tarik ya. Tapi berbeda lho, baik dari segi warna, kepekatan, dan tentu rasanya. Teh India ini memiliki rasa rempah-rempah yang lebih dominan dibanding teh tarik. Teh, susu, dan sedikit campuran rempah-rempah yang cocok juga diminum bersama hidangan utama makanan India.  Selain India chai ada juga Masala chai, teh yang dibuat dengan cara merebus teh hitam dalam susu dan air dengan campuran bumbu dan rempah-rempah aromatik seperti kayu manis, cengkeh, jahe, dll. Minuman ini juga populer dan cukup digemari di Indonesia karena rasanya yang masih sesuai dengan selera orang Indonesia. Harga India chai sekitar Rp30.000,-.


ROTI NAAN NUTELLA (NAAN BREAD WIH NUTELLA)

Menu terakhir yang saya pesan adalah roti naan nutella. Menu ini adalah kombinasi roti naan dengan Nutella. Ternyata rasanya enak juga hehe. Rasanya seperti makan dengan roti tawar biasa, hanya saja naan lebih kenyal dan cukup mengenyangkan kalau dimakan sendiri. Selain rasa Nutella, ada juga Biscoff, atau Ovomaltine. ⁠ Cocok nih dengan kalian yang ingin ngemil tapi bikin kenyang. Harga Roti naan nutella sekitar Rp40.000,-.


Selain makanan yang tampilkan di sini masih banyak menu yang lainnya, baik makanan khas India Utara atau Selatan. Tersedia juga jajanan pinggir jalan di India, seperti Pani Poori Shoot, Dahi Poori, dan Pav Bhaji. Ada juga Masala Dosa, Pizza, Idli Sambar, Tikka, Samosa, Butter Chicken, Mutton Rogan Joshi, dan banyak lagi. Minumannya juga beragam, selain Lassi, Chai, ada juga Mojito, ataupun kopi. Kalau ingin tahu seperti apa bentuk makanannya, cek mbah google aja ya 😁 Bagi kalian yang vegetarian, restoran ini juga menyediakan menu vegetarian juga. 

Selain makanan India, Spice Affair menyediakan menu makanan Indonesia juga ya. Jadi, bagi yang tidak suka dengan makanan India tak perlu khawatir. 

Overall, saya suka sama makanan dan pelayanannya. Restorannya juga nyaman buat kita seperti berada di India. Kayaknya harus ke sini lagi, karena banyak yang belum dicoba hehe.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk ajak teman-teman dan keluarga makan di sini ya! 😉




Spice Affair Bandung
Jam Buka: 11.30-21.00 WIB (Setiap hari)
Lokasi: Jl. Sukajadi No.186 Bandung
Telepon: +62-22-64401234
Instagram: spiceaffair.bdg

Rating: 🌟 4/5


    

Bagaimana makan sambil mendengarkan lagu-lagu India? Saya kasih salah satu videonya ya. Awas video ini bisa membuat mata anda susah kedip 😍 ⬇️⬇️



Namaste. Shukriya!

  • Share:

You Might Also Like

0 coment�rios

thanks ya sudah mengunjungi blog saya ;)

Adv

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia